Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BIMBINGAN KARIR. Nama: Aisyah Putri Astari NIM: 1301412085 Rombel: 2 Prodi: Bimbingan dan Konseling Nama: Aisyah Putri Astari NIM: 1301412085 Rombel:

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BIMBINGAN KARIR. Nama: Aisyah Putri Astari NIM: 1301412085 Rombel: 2 Prodi: Bimbingan dan Konseling Nama: Aisyah Putri Astari NIM: 1301412085 Rombel:"— Transcript presentasi:

1 BIMBINGAN KARIR

2 Nama: Aisyah Putri Astari NIM: Rombel: 2 Prodi: Bimbingan dan Konseling Nama: Aisyah Putri Astari NIM: Rombel: 2 Prodi: Bimbingan dan Konseling

3 DEFINISI ISTILAH DALAM BK KARIR ISTILAH DALAM BK KARIR SEJARAH PERKEMBANGAN SEJARAH PERKEMBANGAN KONSELING KARIR PERKEMBANGAN KONSELING KARIR KECENDERUNGAN PENYULUHAN KARIR KECENDERUNGAN PENYULUHAN KARIR Career guidance adalah aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh pembimbing dalam berbagai tindakan dengan tujuan untuk merangsang dan memudahkan perkembangan karier individu selama waktu kerjanya. DEFINISI

4 ISTILAH DALAM BK KARIR ISTILAH DALAM BK KARIR SEJARAH PERKEMBANGAN SEJARAH PERKEMBANGAN KONSELING KARIR PERKEMBANGAN KONSELING KARIR KECENDERUNGAN PENYULUHAN KARIR KECENDERUNGAN PENYULUHAN KARIR ISTILAH DALAM BK KARIR ISTILAH DALAM BK KARIR 1.Vocational Guidance suatu proses memberi bantuan kepada individu untuk memilih suatu jabatan (pekerjaan), mempersiapkan, memangku, dan mengembangkan diri dalam pekerjaan tersebut (Blum and Balinsky, 1973). 2. Vocational Counseling, suatu proses memberi bantuan kepada individu untuk mendapatkan, menerima mengerti dan menggunakan fakta-fakta yang relevan tentang dirinya terhadap fakta-fakta yang bersangkutan dengan dunia kerja.

5 DEFINISI ISTILAH DALAM BK KARIR ISTILAH DALAM BK KARIR SEJARAH PERKEMBANGAN SEJARAH PERKEMBANGAN KONSELING KARIR PERKEMBANGAN KONSELING KARIR KECENDERUNGAN PENYULUHAN KARIR KECENDERUNGAN PENYULUHAN KARIR ISTILAH DALAM BK KARIR ISTILAH DALAM BK KARIR 3. Vocational psychology menggunakan fakta-fakta, generalisasi dan prinsip-prinsip psikologi dakam dunia jabatan. Jadi vocational psychology merupana penggunaan dan perluasan fakta psikologis atau prinsip psikologis terhadap masalah yang berkenaan dengan pencocokan manusia dengan jabatan. 4. Vocational selection pemilihan (seleksi) terhadap orang-orang yang akan memasuki pekerjaan.

6 DEFINISI ISTILAH DALAM BK KARIR ISTILAH DALAM BK KARIR SEJARAH PERKEMBANGAN SEJARAH PERKEMBANGAN KONSELING KARIR PERKEMBANGAN KONSELING KARIR KECENDERUNGAN PENYULUHAN KARIR KECENDERUNGAN PENYULUHAN KARIR ISTILAH DALAM BK KARIR ISTILAH DALAM BK KARIR 5. Career development salah satu aspek dari pada keseluruhan perkembangan seseorang yang menekankan pada mempelajari, mempersiapkan, memasuki, dan mengembangkan diri dalam kerja yang ditekuninya. 6. Career education pengalaman-pengalaman pendidikan yang direncanakan perkembangan karier individu dan persiapan untuk dunia kerja.

7 DEFINISI ISTILAH DALAM BK KARIR ISTILAH DALAM BK KARIR SEJARAH PERKEMBANGAN SEJARAH PERKEMBANGAN KONSELING KARIR PERKEMBANGAN KONSELING KARIR KECENDERUNGAN PENYULUHAN KARIR KECENDERUNGAN PENYULUHAN KARIR ISTILAH DALAM BK KARIR ISTILAH DALAM BK KARIR 7. Occupational information data yang berkenaan dengan latihan dan program pendidikan yang berhubungan, pola-pola karier, arah dan kesempatan kerja 8 Vocational education adalah pendidikan yang mempersiapkan suatu karier dalam suatu lapangan pekerjaan atau bidang tehnis.

8 DEFINISI ISTILAH DALAM BK KARIR ISTILAH DALAM BK KARIR SEJARAH PERKEMBANGAN SEJARAH PERKEMBANGAN KONSELING KARIR PERKEMBANGAN KONSELING KARIR KECENDERUNGAN PENYULUHAN KARIR KECENDERUNGAN PENYULUHAN KARIR SEJARAH PERKEMBANGAN SEJARAH PERKEMBANGAN  Tahun 1898 : Jessie B. Davis dengan mendirikan Educational Career Conna Control dikota Detroit.  Tahun 1907 : Eli Weaver, menerbitkan buku yang berjudul : Choosing a Career pada tahun  Tahun 1908 : Frank Parsons, mendirikan the Boston Vocational Bereau, untuk membantu para pemuda memilih pekerjaan dan melatih guru-guru sebagai konseler pekerjaan.

9 DEFINISI ISTILAH DALAM BK KARIR ISTILAH DALAM BK KARIR SEJARAH PERKEMBANGAN SEJARAH PERKEMBANGAN KONSELING KARIR PERKEMBANGAN KONSELING KARIR KECENDERUNGAN PENYULUHAN KARIR KECENDERUNGAN PENYULUHAN KARIR SEJARAH PERKEMBANGAN SEJARAH PERKEMBANGAN  Tahun 1909 : Parsons menerbitkan buku Choosing a Vocational pada Parsons menjelaskan bahwa dalam memilih pekerjaan itu harus diperhatikan 3 faktor terpenting, yaitu : 1.Pengertian yang jelas tentang dirinya sendiri seperti bakat kemampuan, minat, ambisi, keuntungan, hambatan yang dimiliki. 2.Pengetahuan tentang persyaratan jabatan dan kondisi untuk keberhasilan, keuntungan dan kerugian kompensasi, kesempatan dan prospek dan suatu jabatan. 3.Penalaran yang benar terhadap hubungan dari kedua kelompok fakta tersebut diatas.

10 DEFINISI ISTILAH DALAM BK KARIR ISTILAH DALAM BK KARIR SEJARAH PERKEMBANGAN SEJARAH PERKEMBANGAN KONSELING KARIR PERKEMBANGAN KONSELING KARIR KECENDERUNGAN PENYULUHAN KARIR KECENDERUNGAN PENYULUHAN KARIR SEJARAH PERKEMBANGAN SEJARAH PERKEMBANGAN  Tahun , bimbingan diterima disekolah-sekolah, tidak hanya masalah jabatan saja tetapi juga masalah pendidikan dari sosial.  Pada akhir 1930 masalah bimbingan jabatan menjadi sangat penting lantaran timbulnya masalah pengangguran, penempatan, perubahan teknologi, mobilitas dan perkembangan jabatan.  Tahun 1910 – 1940, gerakan pengukuran inteligensi dan bakat khusus

11 DEFINISI ISTILAH DALAM BK KARIR ISTILAH DALAM BK KARIR SEJARAH PERKEMBANGAN SEJARAH PERKEMBANGAN KONSELING KARIR PERKEMBANGAN KONSELING KARIR KECENDERUNGAN PENYULUHAN KARIR KECENDERUNGAN PENYULUHAN KARIR SEJARAH PERKEMBANGAN SEJARAH PERKEMBANGAN KONSELING KARIR PERKEMBANGAN KONSELING KARIR Konseling karir diarahkan untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki individu, atau menemukan individu yang sesuai dengan pekerjaan tertentu. Konseling karir bukanlah sekedar menilai kemampuan individu, lalu menempatkannya dalam lapangan kerja tertentu, namun mencakup wawasan yang erat kaitannya dengan berbagai disiplin ilmu.

12 DEFINISI ISTILAH DALAM BK KARIR ISTILAH DALAM BK KARIR SEJARAH PERKEMBANGAN SEJARAH PERKEMBANGAN KONSELING KARIR PERKEMBANGAN KONSELING KARIR KECENDERUNGAN PENYULUHAN KARIR KECENDERUNGAN PENYULUHAN KARIR SEJARAH PERKEMBANGAN SEJARAH PERKEMBANGAN KONSELING KARIR PERKEMBANGAN KONSELING KARIR  Tahun 1910 – 1940, berkembang pengukuran inteligensi dan bakat khusus  Tahun 1950 – 1960, persyaratan untuk memperoleh lapangan kerja meningkat, keampuhan cara-cara mengukur inteligensi dan bakat khusus diragukan dan dibutuhkan konseling karir untuk pengarahan dalam memilih lapangan kerja atau pun memilih tenaga kerja yang sesuai dengan persyaratan kerja.  Tahun 1850 – 1890 upaya konseling karir belum ditata sesuai dengan kondisi nyata, sekalipun ilmu sosial, ekonomi, ideologi atau pun ilmu pengetahuan lainnya telah merintis perlunya konseling karir.

13 DEFINISI ISTILAH DALAM BK KARIR ISTILAH DALAM BK KARIR SEJARAH PERKEMBANGAN SEJARAH PERKEMBANGAN KONSELING KARIR PERKEMBANGAN KONSELING KARIR KECENDERUNGAN PENYULUHAN KARIR KECENDERUNGAN PENYULUHAN KARIR KECENDERUNGAN PENYULUHAN KARIR KECENDERUNGAN PENYULUHAN KARIR 1.Pendekatan Parsons yang mewarnai teori dan pelaksanaan penyuluhan karir yang disebut model Trait and Factor. 2. Kecenderungan lain dipelopori oleh pandangan Client Centered dan Psychodynamic yang menekankan pandangan bahwa masalah pilihan dan penyesuaian karir merupakan masalah kepribadian. Pemilihan karir sangat erat kaitannya dengan konsep diri dan kebutuhan. 3.Kecenderungan lain memandang bahwa pilihan karir merupaka proses perkembangan yang tak pernah berakhir.

14


Download ppt "BIMBINGAN KARIR. Nama: Aisyah Putri Astari NIM: 1301412085 Rombel: 2 Prodi: Bimbingan dan Konseling Nama: Aisyah Putri Astari NIM: 1301412085 Rombel:"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google