Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HASTANTO YUWONO, 5301405009 Pembuatan Monitor Trainer Sebagai Media Pembelajaran Troubleshooting Monitor Pada Siswa SMK.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HASTANTO YUWONO, 5301405009 Pembuatan Monitor Trainer Sebagai Media Pembelajaran Troubleshooting Monitor Pada Siswa SMK."— Transcript presentasi:

1 HASTANTO YUWONO, Pembuatan Monitor Trainer Sebagai Media Pembelajaran Troubleshooting Monitor Pada Siswa SMK

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : HASTANTO YUWONO - NIM : PRODI : Pendidikan Teknik Elektro - JURUSAN : Teknik Elektro - FAKULTAS : Teknik - hastantoyuwono pada domain gmail.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Samiyono, M.T - PEMBIMBING 2 : Drs. Agus Purwanto - TGL UJIAN :

3 Judul Pembuatan Monitor Trainer Sebagai Media Pembelajaran Troubleshooting Monitor Pada Siswa SMK

4 Abstrak Unsur penting yang berperan dalam proses belajar mengajar adalah metode mengajar dan media pembelajaran. Metode mengajar berkaitan dengan cara seorang guru dalam menyampaikan materi, sedangkan media pembelajaran berfungsi untuk mempermudah penyampaian materi. Kedua hal tersebut saling berkaitan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah pembuatan monitor trainer untuk mendukung pembelajaran troubleshooting monitor pada siswa SMK. Data dikumpulkan dengan metode angket. Alat peraga ini telah diujicobakan pada responden siswa SMK, guru SMK, dan pakar media. Pengujian dilakukan di SMK Palapa Semarang dan Jurusan Teknik Elektro Unnes. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil analisis membuktikan bahwa tanggapan siswa terhadap monitor trainer menunjukkan hasil yang baik (78,52%) dan responden guru menyatakan sangat baik (86,89%). Responden pakar media pada kualitas tampilan secara umum baik (73,00%) dan pada kualitas teknis juga baik (71,00%). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa monitor trainer layak untuk pembelajaran troubleshooting monitor di SMK. Akan tetapi perlu ada pengembangan dan perbaikan lebih lanjut agar monitor trainer lebih baik dan sesuai dengan kompetensi dasar troubleshooting monitor.

5 Kata Kunci Media Pembelajaran, Monitor Trainer, Troubleshooting Monitor

6 Referensi Arikunto, Suharsini Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi V.Jakarta : PT Rineka Cipta Depdikbud Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka Harta, Idris dan Djumadi Modul PLPG : Pendalaman Materi Metode Pembelajaran. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta Hartini, Sri dan Surtikanti Modul PLPG : Pendalaman Materi Media Pembelajaran dan Evaluasi. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta Yunianto, Wahyu Ika dan Teguh Wahyono Kupas Tuntas PC Monitor Plus Maintenance and Troubleshooting. Yogyakarta : Gava Media Silabus Program Keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 7 Semarang (diunduh tanggal 3 September 2010) (diunduh tanggal 13 Maret 2010) troubleshooting.html (diunduh tanggal 13 Maret 2010) (diunduh tanggal 3 September 2010) (diunduh tanggal 13 Maret 2010) flybackpada- monitor-crt/ (diunduh tanggal 13 Maret 2010)

7 Terima Kasih


Download ppt "HASTANTO YUWONO, 5301405009 Pembuatan Monitor Trainer Sebagai Media Pembelajaran Troubleshooting Monitor Pada Siswa SMK."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google