Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. 2 1. Tugas dan Tanggung jawab Manusia merupakan faktor penentu ke- berhasilan untuk mempunyai organisasi yang efisiensi dan efektif. Oleh karena itu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. 2 1. Tugas dan Tanggung jawab Manusia merupakan faktor penentu ke- berhasilan untuk mempunyai organisasi yang efisiensi dan efektif. Oleh karena itu."— Transcript presentasi:

1 1

2 2 1. Tugas dan Tanggung jawab Manusia merupakan faktor penentu ke- berhasilan untuk mempunyai organisasi yang efisiensi dan efektif. Oleh karena itu peranan manusia pada organisasi sangat penting, memiliki tugas dan tanggung jawab, yaitu:

3 3 1. Fungsi pekerjaan dan organisasi Merencanakan struktur organisasi yang efektif untuk pedoman operasi. 2. Spesifikasi pekerjaan Menetapkan tugas-tugas yang harus dilakuakn dan tanggung jawab apa yang dipunyai. 3. Kondisi pekerjaan. Menyediakan lingkungan yang baik.

4 4 4. Penerimaan pegawai. Menemukan orang-orang yang tepat 5. Motives Mendorong mereka untuk tetap beker ja diorganisasi untuk bekerja lebih baik dan lebih maju. 6. Penghentian tenaga kerja. Jika pekerjaannya atau tugasnya gagal.

5 5 2. Struktur organisasi Tujuan: Untuk menetapkan pedoman kerja bagi departemen sistem informasi.

6 6 Prinsip-prinsip umum Tanggung jawab untuk melakukan pengorganisasian. Tujuan untuk memudahkan koordinasi dan penyatuan usaha. Harus ada garis atau kewenangan yang jelas dari manajer kesetiap stafnya. Pembatasan tanggung jawab harus ditetapkan dengan jelas. Struktur organisasi harus ditinjau secara berkala sebagai kepastian masih relevan

7 7 3. Cara pengorganisasian 1.Aktivitas. Tugas & tanggung jawab harus dialokasi kan kepada individu-individu yang beroperasi 2.Fungsi Fungsi logis untuk beberapa sistem adalah: a.Penerimaan data b. Penyiapan data c. Pemasukan data d. Arsip data e. Pemrosesan komputer f. Perpustakaan media g. Verifikasi h. Distribusi output i. Arsip output j.Kontrol k.Dukungan teknis l.Pengadaa

8 8 3. Tingkatan tanggung jawab. Staf departemen sistem informasi dikelompok kan dalam tiga tingkatan, yaitu: a. Manajerial Bertanggung jawab atas semua fungsi dalam operasi didepartemen sistem informasi. b. supervisor Bertanggung jawab atas beberapa fungsi, namun tidak semua supervisor harus memiliki keteram pilan teknis, minimal sma dengan pekerja dibawahnya. c. Oprasional. Tidak sepenuhnya bertanggung jawab atas fungsi, misalnya operator komputer.

9 9 4. Penetapan tugas dan staf Staf harus memiliki kemampuan, keterampilan, pengetahuan atau menguasai cara mengerjakan pekerjaannya

10 10 5. struktur Organisasi. Manajer Supervisor Library Supervisor Input data Superv. Op Komputer Superv. Verifikasi Arsip Input Arsip Laporan Penyiapan data Data entry typest Operator Komputer Pustaka media Verifikatur Superv. Teknik Teknisi

11 11 Fungsi yang dijalankan Library : Pengarsipan data Input data : Pemasukan data ke komputer Operasional komputer : Menjalankan proses pada komputer. Verifikasi : Melakukan cek silang antara hasil cetakan komputer dengan input data Teknik : Memberikan dukungan teknis atas aktivitas sistem informasi.

12 12 3. Spesifikasi pekerjaan. Adalah daftar tugas dan tanggung jawab yang terkait dalam pekerjaan tertentu. Diperlukan untuk: Menentukan struktur organisasi Mengontrol aktivitas para staf Menetapkn aktivtas bagi setiap orang.

13 13 Spesifikasi pekerjaan. Judul pekerjaan: Nama pekerjaan yang singkat untuk tujuan referensi Deskripsi : Uraian singkat mengenai judul pekerjaan Tanggung jawab kepada: menunjukkan rangkaian perintah dan kebutuhan akan laporan Tanggung jawab atas : menunjukkan rangkaian perintah dan kebutuhan akan laporan Tugas biasa : Aktivitas yang akan dikerjakan secara teratur Tugas lebih jauh : Aktivitas yang akan dikerjakan secara tidak reguler dan kondisi tidak biasanya Kontak/Hubungan : orang yang akan dihubungi Keterampilan khusus : keterampilan atau pengetahuan yang harus dimiliki

14 14 Kondisi kerja dibagi 4 katagori: 1. Kebutuhan akan hal-hal yang legal 2. Kondisi fisik 3. Kondisi ketenaga kerjaan yang akan sama dengan kondisi diperuahaan secara keseluruhan. 4. Prosedur administrai.

15 15 ADA PERTANYAAN ?


Download ppt "1. 2 1. Tugas dan Tanggung jawab Manusia merupakan faktor penentu ke- berhasilan untuk mempunyai organisasi yang efisiensi dan efektif. Oleh karena itu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google