Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RIVAI, 6101405020 PERSEPSI SISWA SMP NEGERI 7 SEMARANG TERHADAP PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN TAHUN 2009.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RIVAI, 6101405020 PERSEPSI SISWA SMP NEGERI 7 SEMARANG TERHADAP PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN TAHUN 2009."— Transcript presentasi:

1 RIVAI, PERSEPSI SISWA SMP NEGERI 7 SEMARANG TERHADAP PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN TAHUN 2009

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : RIVAI - NIM : PRODI : Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi - JURUSAN : Jasmani Kes. & Rekreasi - FAKULTAS : Ilmu Keolahragaan - rivai_dz pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Drs. H. Sulaiman, M.Pd. - PEMBIMBING 2 : Drs. Bambang Priyono, M.Pd. - TGL UJIAN :

3 Judul PERSEPSI SISWA SMP NEGERI 7 SEMARANG TERHADAP PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN TAHUN 2009

4 Abstrak Kalau diperhatikan secara sekilas, setiap permasalahan pendidikan jasmani selalu merupakan permasalahan yang unik. Tetapi yang terpenting adalah, bahwa pandangan dan pendapat tentang pendidikan jasmani selalu ditemukan di dalam sistem pendidikan pada umumnya. Permasalahan yang sering saya dengar adalah kurangnya motivasi dan minat belajar siswa terhadap pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sehingga siswa cenderung malas untuk mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa SMP Negeri 7 Semarang terhadap pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Penelitian ini diharapkan bermanfaat 1) peneliti dapat mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap pelajaran penjasorkes sehingga dapat menciptaka proses pembelajaran yang kondusif, aman, dan menyenangkan bagi siswa, 2) memberikan informasi kepada sekolah sehingga dapat dijadikan masukan dan pertimbangan bagi sekolah dalam mengambil kebijakan-kebijakan terhadap pelaksanaan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, 3) memberikan masukan bagi guru dalam kaitannya dengan pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, penanggulangan masalah dalam pembelajaran serta penciptaan iklim pembelajaran yang lainnya, 4) menjadi salah satu pendorong bagi siswa untuk lebih tekun dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Semarang sebanyak 240 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Sampel Random atau Sampel Acak, Sampel Campur sebanyak 72 siswa. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah persepsi siswa SMP Negeri 7 Semarang terhadap pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Penelitian deskriptif merupakan penelitian non hipotesis sehingga dalam langkah penelitian tidak perlu merumuskan hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ketahui bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri 7 Semarang tergolong baik dengan persentase 74%. Dikatakan baik karena dalam proses pembelajarannya guru sudah memberikan inovasi pembelajaran dengan variasi dan modivikasi metode pembelajaran sehingga anak menjadi lebih tertarik untuk mengikuti pelajaran penjasorkes. Oleh karena itu saran yang dapat disampaikan peneliti adalah memperdalam dan meningkatkan semangat belajar penjasorkes karena dengan mengikuti pembelajaran dengan penuh semangat dan serius tidak hanya mendapatkan hasil belajar yang baik tetapi juga akan mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar

5 Kata Kunci Persepsi, Penjasorkes

6 Referensi Abdul Kadir Ateng Pengantar Asas-Asas dan Landasan Pendidikan Jasman Olahraga dan Rekreasi. Jakarta: Depdikbud. Abu Ahmadi Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta. Achmad Slamet, dkk Jurnal Pendidikan Ekonomi. Dinamika Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Semarang: Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Adang Suherman Dasar-Dasar Penjaskes. Jakarta: Depdikbud. Bimo Walgito Psikologi Sosial. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta Bjorklund, D.V (2006) Children’s Thinking: Defelopmental Function and Individual Diverences. Wadsworth. Chris Pearson (2008) Pendidikan Jasmani Olahraga atau Bermain bermain-ya/ Dimyati Mahmud Psikologoi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud. Harsuki Perkembangan Olahraga Terkini. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Jalaluddin Rakhmad Psikologo Komunukasi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Margono Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. M. Ichsan Pendidikan Kesehatan dan Olahraga. Jakarta: Depdikbud. Muhammad Ali Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa Muhibbin Syah Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Mungin, dkk Panduan Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Unnes. Nasution Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara. Santoso Griwijoyo dan Lilis Komariyah. (2007) Pendidikan Jasmani dan Olahraga di Lembaga Pendidikan (bag 1) lembaga-pendidikan-bag-1/ Santoso Griwijoyo dan Lilis Komariyah. (2007) Pendidikan Jasmani dan Olahraga di Lembaga Pendidikan (bag 2) Sardiman Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada Self-Evaluation.com - 21k Sugiyono Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Suharsimi Arikunto Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Undang-Undang Republik Indonesia No. 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Yudistira Yusuf Adhisasmita Hakikat, Filsafat dan Peranan Pendidikan Jasmani dalam Masyarakat. Jakarta: Depdikbud

7 Terima Kasih


Download ppt "RIVAI, 6101405020 PERSEPSI SISWA SMP NEGERI 7 SEMARANG TERHADAP PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN TAHUN 2009."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google