Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 8 Beberapa Pilihan Teknologi Komunikasi sebagai New Media Matakuliah: O0232 Tahun: Tahun 2009.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 8 Beberapa Pilihan Teknologi Komunikasi sebagai New Media Matakuliah: O0232 Tahun: Tahun 2009."— Transcript presentasi:

1

2 Pertemuan 8 Beberapa Pilihan Teknologi Komunikasi sebagai New Media Matakuliah: O0232 Tahun: Tahun 2009

3 Materi : Perkembangan Elektronika untuk kebutuhan komunikasi. Salah satu New Media Komputer dan Komunikasi

4 PERKEMBANGAN ELEKTRONIKA UNTUK KEBUTUHAN KOMUNIKASI Sejumlah penemuan di bidang komunikasi dan kemajuan teknologi komunikasi, dimana beberapa penemuan (invention) ada yang sangat baru dan ada sebagian yang modifikasi. Teknologi komunikasi yang baru di temukan seperti komputer elektronik dan transistor, dan diantara yang di modifikasi telah memiliki perubahan dan memiliki efek revolusioner dari segi biaya, ukuran dan berat dan berbagai kecanggihan yang kian meningkat. Beberapa hal yang menjadi landasan perkembangan kemajuan elektronika, dimana elektronika,komputer dan lain-lain di dalam kaitannya dengan dunia pasca-industri adalah bidang yang memiliki perkembangan dominan dan penting dalam abad XX

5 Masa ini sering disebut sebagai Era nuklir, sedangkan pada masayang lalu sering disebut sebagai abad mesin uap, baja,tenaga listrik,atau otomobil, sehingga pada abad XX sering dikenali sebagai abad elektronik, komputer, otomatisasi, cybernasi,dan pengolahan data (Kahn et.al,1967). Pada abad ini sejumlah kedinamisan dan berbagai perubahan akan sangat cepat terjadi. Mikro elektronika dan integrated circuit (IC) adalah merupakan salah satu terobosan yang bersifat sinergis dan saling berkaitan dan memberi pertanda berbagai perkembangan akhir abad XX. Elektronika dan Komunikasi dari dahulu telah memiliki hubungan timbal balik, sebagai contoh : hubungan telegrafi tanpa kabel dan penyiaran (broadcasting) dimana kebutuhan akan komunikasi jarak jauh menggunakan elektronik.

6 Teknologi elektronik telah memasuki perkembangan yang sangat pesat dan kemajuan pada akhir abad saat ini sama impresifnya dengan apa yang tampak pada dua dekade yang lalu. Perkembangan dan perubahan dalam elektronika dapat dilihat sebagai berikut : 1. Vacuum tube (kurang lebih) tahun Transistor praktis yang pertama pada tahun Penggunaan transistor dan invensi IC tahun Pengembangan IC pada tahun sekitar Invensi generasi ke IV (large scale integration/LSI) tahun 1967

7 Saat awal perkembangan elektronika, tabung elektronika (vacuum tube) digunakan pada pesawat radio kuno, dan ragam dari vacuum tube sangat variatif, penemu pertamanya adalah John Ambrose Fleming (1904), dan yang menemukan amplifying tube, the triode adalah Lee De Forest (1906) Selanjutnya sepanjang 30 tahunan perkembangan penggunaan sirkuit elektronik meningkat dengan berbagai tawaran, sebagai contoh : pemancar dan penerima siaran, serta instrumen elektronik yang lain. Vacuum tube mengalami perkembangan dimana dari segi ukuran semakin kecil dan tenaga listrik yang diperlukan semakin kecil, serta semakin canggih, juga dapat dipadukan dengan resistor dan kapasitor menjadi sirkuit yang lebih kompleks Dalam kenyataannya vacuum tube masih dirasa sulit dipergunakan terutama untuk sarana komunikasi tentara seperti walkie talkie.

8 Sehingga vacuum tube akhirnya terpaksa tidak langgeng dipergunakan, hal ini disebabkan antara lain : 1. Saat dibutuhkan untuk pemrosesan sinyal berfrekuensi sangat tinggi (Very high frequency signal) 2. Mulai ditemukannya komputer 3. Amplifying yang solid state yang terkenal sebagai transistor mulai diperkenalkan. ENIAC adalah sebuah mesin komputer perdana yang besar dan masih menggunakan buah vacuum tube dengan berat 30 ton dan menggunakan tenaga listrik yang sangat besar sekitar 140 kilowatt. Pada akhirnya dibutuhkan pemikiran untuk memperkecil vacuum tube.

9 Pada akhirnya Large Scale Integration (LSI) adalah sebuah pengembangan teknologi integrated circuit (IC) yang menyangkut penyambungan (wiring) sirkuit lengkap pada sebuah chip silicon, dibandingkan hanya sekedar mengikat komponen-komponen tersebut menjadi satu. LSI memiliki keunggulan dimana ia tidak sekedar dipakai untuk merakit komputer, namun juga merupakan sebuah produk dari komputer dimana komputer dapat dipakai untuk menciptakan dan membuat antar sambungan (interconnect) dan memproduksi sirkuit). Hasil dari modifikasi tersebut anggaran biaya sirkuit yang sebelumnya sangat mahal menjadi turun dari sekitar 100 kali dan disertai dengan peningkatan kecanggihan dalam faktor 100 sampai dengan 1000 dari yang telah dicapai dalam satu dekade di masa lalu, dan kali reduksinya dalam dua

10 (2) dekade terakhir dalam volume yang diperlukan untuk sebuah paket elektronik yang sangat kompleks (Kahn et.al1967). Pada masa ini teknologi sangat memungkinkan dibuatnya 100 sampai dengan 500 IC pada sebuah wafer silicon dengan diameter satu inci dan ketebalan kurang dari seperseratus inci (sebuah komputer lengkap dengan subsistem komunikasi yang memiliki kandungan lebih dari 1000 sirkuit dimana masing- masing dengan 400 transistor pada chip silicon dimana ia memiliki ukuran kurang lebih sebesar uang uang logam 50 rupiah, dan memiliki ketebalan kurang dari seperdelapan inci.

11 Transistor Pada bidang solid state technology perkembangannya adalah bagaikan sebuah dasar bagi revolusi dalam teknologi komunikasi, khususnya pada saat di temukannya transistor, dimana transistor menggunakan bahan semi-conductor Transistor perdana pada tahun 1947 oleh bell telephone laboratories.Pada masa sebelumnya semi konduktor telah dipakai sebagai detektor frekuensi radio dan rectifier pada telepon, namun pada tahun 1947 akhirnya dimodifikasi sebuah amplifier transistor. Penggunaan transistor akhirnya menjadikan radio, komputer, dan berbagai macam elektronik dapat dimodifikasi dengan bentuk yang ramping dan lebih murah serta portable. Transistor memiliki perbedaan dengan vacuum dimana lebih hemat listrik dan ketika dihidupkan tidak perlu pemanasan.

12 Printed Circuit Printed circuit adalah sebuah pelengkap sambungan yang sangat penting karena dapat memudahkan dan menyederhanakan dalam bermacam-macam sambungan rumit. Pertama kalinya printed circuit digandakan besar-besaran pada saat setelah Perang Dunia Ke II. Integrated Circuit Pada tahun 1960 an perkembangan teknologi akhirnya memungkinkan circuit untuk dapat dimasukan ke dalam kepingan silikon yang mana hanya memiliki besaran sebesar mata uang logam.Tahap selanjutnya teknikIC dikembangkan sampai mencapai yang dikenal Large Scale Integration (LSI)dimana ia mampu memuat ratusan transistor pada sebuah silicon sebesar kancing.Tahap lanjut adalah Very Large Scale Integration (VLSI),dimana memiliki kemampuan lebih dari LSI.

13 SALAH SATU NEW MEDIA : KOMPUTER DAN KOMUNIKASI. Komputer sebagai salah satu sarana komunikasi dari perkembangan teknologi komunikasi dimana saat ini menjadi pilihan utama yang populer dikarenakan kecanggihan dan kepraktisannya, sehingga ada baiknya untuk diketahui bagaimana proses perkembangannya. Ketika komputer masuk sebagai sarana komunikasi dimana komputer telah mampu membantu manusia dalam membuat jaringan komunikasi lebih canggih dan efektif. Kemampuan komputer selain membantu dalam penyimpanan data, pengolahan data, dan penelusuran informasi, komputer saat ini bahkan telah berkembang dengan berragam fitur kemudahan untuk kepentingan manusia.

14 LATIHAN PERTANYAAN : 1.Jelaskan kembali mengapa amplifier yang menggunakan vacuum tube tidak dipakai lagi setelah ditemukannya semi conductor dan amplifier transistor ? 2.Perkembangan pada akhir abad XX dengan era apa? Jelaskan mengapa disebut demikian? 3.Ceritakan tentang komputer pertama? Diantaranya penemunya siapa dan nama komputer tersebut apa?


Download ppt "Pertemuan 8 Beberapa Pilihan Teknologi Komunikasi sebagai New Media Matakuliah: O0232 Tahun: Tahun 2009."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google