Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. 2 PROSES PENGEMBANGAN SISTEM SATU SET AKTIVITAS, METODE, PRAKTEK TERBAIK, SIAP DIKIRIMKAN, DAN PERALATAN TEROTOMASI YANG DIGUNAKAN STAHOLDER UNTUK.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. 2 PROSES PENGEMBANGAN SISTEM SATU SET AKTIVITAS, METODE, PRAKTEK TERBAIK, SIAP DIKIRIMKAN, DAN PERALATAN TEROTOMASI YANG DIGUNAKAN STAHOLDER UNTUK."— Transcript presentasi:

1 1

2 2 PROSES PENGEMBANGAN SISTEM SATU SET AKTIVITAS, METODE, PRAKTEK TERBAIK, SIAP DIKIRIMKAN, DAN PERALATAN TEROTOMASI YANG DIGUNAKAN STAHOLDER UNTUK MENGEMBANGKAN DAN MEMELIHARA SISTEM INFORMASI DAN PERANGKAT LUNAK

3 Analisis dan Perancangan Sistem3 CAPABILITY MATURITY MODEL KERANGKA TERSTANDARISASI UNTUK MENILAI TINGKAT KEMATANGAN (MATURITY) PENGEMBANGAN SISTEM - SISTEM ORGANISASI SEBUAH PERUSAHAAN DAN PROSES-PROSES MANAJEMEN DAN PRODUK- PRODUK. TERDIRI DARI 5 TINGKAT: 1.PERMULAAN (DISEBUT ANARKI ATAU KEKACAUAN (CHAOS). 2.DAPAT DIULANG (KEGAGALAN ATAU KEBERHASILAN YANG AKAN DIULANG) SI5D 3. TERDEFINISIKAN (PROSES PENGEMBANGAN SISTEM STANDAR (METODOLOGI) )

4 Analisis dan Perancangan Sistem4 4. TERKELOLA (TUJUAN-TUJUAN DAPAT DIUKUR UNTUK KUALITAS DAN PRODUKTIVITAS DIBENTUK. 5. TEROPTIMALISASI (PROSES PENGEMBANGAN SISTEM TERSTANDARISASI SECARA BERKESINAMBUNGAN. Daya Saing

5 5 PROSES PENGEMBANGAN SISTEM BERASAL DARI SIKLUS HIDUP SISTEM (SYSTEM LIFE CYCLE). SIKLUS HIDUP SISTEM: PEMFAKTORAN UMUR HIDUP SEBUAH SISTEM INFORMASI KE DALAM DUA TAHAP: 1. PENGEMBANGAN SISTEM 2. OPERASI DAN PERAWATAN SISTEM. KITA MEMBANGUN SISTEM, MENGUNAKANNYA DAN MERAWATNYA. KEMUDIAN KEMBALI KE PENGEMBANGAN.

6 6 ALASAN PENGEMBANGAN SISTEM: 1. ADANYA PERMASALAHAN PADA SISTEM YANG LAMA. 2. BERKEMBANGNYA ORGANISASI PERUSAHAAN 3. PERSAINGAN ANTAR PERUSAHAAN 4. UNTUK MERAIH KESEMPATAN 5. DAMPAK PERATURAN PEMERINTAH

7 7 PENYEBAB KURANG BERHASILNYA PENGEMBANGAN SISTEM: 1.SISTEM YANG DIKEMBANGKAN TIDAK MENDUKUNG STRATEGI DAN SASARAN BISNIS. 2. PERENCANAAN SISTEM BURUK DAN MANAJEMEN PROYEK KURANG MEMADAI. 3. KEGAGALAN UNTUK MENETAPKAN ATAU MEMAHAMI KEBUTUHAN PEMAKAI DAN MELIBATKAN PEMAKAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM

8 8 4. KELALAIAN DALAM MEMPERKIRAKAN BIAYA DAN MANFAAT. 5. TIMBULNYA KERUSAKAN DAN KESALAHAN RANCANGAN. 6. PEMEROLEHAN KOMPUTER DAN PERANGKAT LUNAK YANG SEORANG PUN TIDAK MENGETAHUI CARA MENGUNAKANNYA. SI51

9 9 PRINSIP - PRINSIP MENDASAR PENGEMBANGAN SISTEM: 1.LIBATKAN PARA PENGGUNA SISTEM PARA ANALIS, PROGRAMMER DAN SPESIALIS TEKNOLOGI INFORMASI LAINNYA SERING MENGACU PADA “SISTEM SAYA”. SIKAP INI MENCIPTAKAN KONFLIK “KAMI LAWAN MEREKA”. SALAH KOMUNIKASI DAN SALAH PAHAM BERLANJUT MENJADI MASALAH DALAM PENGEMBANGAN SISTEM

10 10 2. GUNAKAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH 1.MEMPELAJARI DAN MEMAHAMI MASALAH. 2.MENDEFINISIKAN PERSYARATAN YANG HARUS DIPENUHI OLEH SEMUA SOLUSI. 3.MENGIDENTIFIKASI SOLUSI-SOLUSI CALON YANG MEMENUHI PERSYARATAN DAN MEMILIH SOLUSI TERBAIK. 4.MENDESAIN DAN ATAU MENGIMPLEMENTASIKAN SOLUSI TERPILIH 5.MENGAMATI DAN MENGEVALUASI DAMPAK SOLUSI, DAN MEMPERBAIKI SOLUSI TERSEBUT.

11 11 3. BENTUKLAH FASE DAN AKTIVITAS FASE-FASE METODOLOGI FAST FASE-FASE UMUM YG EKUIVALEN 1. DEFINISI LINGKUPPERMULAAN PROYEK 2. ANALISIS MASALAHPERMULAAN PROYEK DAN ANALISIS SISTEM 3. ANALISIS PERSYARATANANALISIS SISTEM (LANJUTAN) 4. DESAIN LOGISANALISIS SISTEM (LANJUTAN) 5. ANALISIS KEPUTUSANFASE TRANSISI ANALISIS KE DESAIN SISTEM 6. DESAIN FISIK DAN INTEGRASIDESAIN SISTEM 7. KONSTRUKSI DAN PENGUJIANDESAIN SISTEM (LANJUTAN) DAN IMPLEMENTASI SISTEM 8. INSTALASI DAN PENGIRIMANIMPLEMENTASI SISTEM (LANJUTAN)

12 Analisis dan Perancangan Sistem12 FAST PhasesClassic Phases (from Chapter 1) Project Initiation System Analysis System Design System Implementation Scope DefinitionX Problem AnalysisXX Requirements AnalysisX Logical DesignX Decision Analysis(a system analysis transition phase) Physical Design and IntegrationX Construction and TestingXX Installation and DeliveryX

13 13 4. DOKUMENTASIKAN SEPANJANG PENGEMBANGAN

14 14 5. BENTUKLAH STANDAR - TEKNOLOGI DATABASE DATABASE APAKAH YANG AKAN DIGUNAKAN ? MISALNYA ORACLE, IBM DB2, SQL SERVER, MS. ACCESS. SISTEM OPERASI (UNIX, LINUX, WINDOWS XP, DLL) - TEKNOLOGI PERANGKAT LUNAK MISALNYA JAVA, VISUAL STUDIO.NET DENGAN VB, C++, SYEBASE POWERBUILDER, ORACLE FORM DARI ORACLE.

15 15 -TEKNOLOGI ANTARMUKA DENGAN KOMPONEN-KOMPONEN MS WINDOWS ATAU KOMPONEN-KOMPONEN WEB. SECARA DEKAT ARSITEKTURAL INI BERHUBUNGAN DENGAN DRIVER-DRIVER TEKNOLOGI DALAM MODEL SISTEM INFORMASI. TANPA ADA ARSITEKTUR TI, TIAP SISTEM INFORMASI DAN APLIKASI MUNGKIN AKAN DIBANGUN DENGAN TEKNOLOGI-TEKNOLOGI YG BERBEDA SECARA RADIKAL.

16 16 6.KELOLA PROSES DAN PROYEK PROCESS MANAGEMENT : AKTIVITAS TERUS MENERUS YANG MENDOKUMENTASIKAN, MENGAJARKAN, MENGAWASI PENGGUNAAN DAN MEMPERBAIKI METODOLOGI(“PROSES”). PROJECT MANAGEMENT: PROSES PELINGKUPAN, PERENCANAAN, PENYEDIAAN STAF, PENGORGANISASIAN, PENGARAHAN, DAN PENGONTROLAN SEBUAH PROYEK UNTUK MENGEMBANGKAN SEBUAH SISTEM INFORMASI DENGAN BIAYA MINIMAL, DALAM KERANGKA WAKTU YANG DITENTUKAN, DAN DENGAN KUALITAS YG DAPAT DITERIMA.

17 17 7. MEMBENARKAN SISTEM INFORMASI SEBAGAI INVESTASI MODAL COST EFFECTIVENESS : HASIL YANG DIPEROLEH DENGAN MENYEIMBANGKAN BIAYA SEUMUR HIDUP PENGEMBANGAN, PERAWATAN, DAN PENGOPERASIAN SEBUAH SISTEM INFORMASI DAN KEUNTUNGAN- KEUNTUNGAN YANG DIPEROLEH DARI SISTEM ITU. COST EFFECTIVENESS DIUKUR DENGAN ANALISIS COST BENEFIT.

18 18 8. JANGAN TAKUT UNTUK MEMBATALKAN ATAU MEREVISI LINGKUP JANGAN TAKUT UNTUK MEMBATALKAN SEBUAH PROYEK ATAU MEREVISI LINGKUP, TANPA MENGHIRAUKAN BERAPA BANYAK UANG YANG TELAH DIKELUARKAN SEJAUH INI- POTONG KERUGIAN ANDA. PADA AKHIRNYA DIGUNAKAN PENDEKATAN CREEPING COMMITMENT KE PENGEMBANGAN SISTEM.

19 19 CREEPING COMMITMENT: STRATEGI TEMPAT KEPRAKTISAN DAN RESIKO DIEVALUASI ULANG SECARA BERKESINAMBUNGAN MELALUI SEBUAH PROYEK. ANGGARAN DAN TENGGAT WAKTU PROYEK DISESUAIKAN. MANAJEMEN RESIKO: PROSES MENGIDENTIFIKASI, MENGEVALUASI, DAN MENGONTROL APA YANG MUNGKIN GAGAL DALAM PROYEK SEBELUM MENJADI ANCAMAN BAGI PENYELESAIAN PROYEK ATAU IMPLEMENTASI SISTEM YANG BERHASIL. MANJ. RESIKO DIKENDALIKAN OLEH ANALISIS ATAU PENILAIAN RESIKO.

20 20 9. BAGILAH DAN TAKHLUKKAN DALAM PENGEMBANGAN SISTEM, KITA MEMBAGI SEBUAH SISTEM MENJADI SUBSISTEM-SUBSISTEM DAN KOMPONEN SUPAYA LEBIH MUDAH MENAKHLUKAN MASALAH DAN MEMBANGUN SISTEM YANG LEBIH BESAR. MASALAH

21 DESAINLAH SISTEM UNTUK PERTUMBUHAN DAN PERUBAHAN SI5B BISNIS-BISNIS BERUBAH SEPANJANG WAKTU. KEBUTUHAN-KEBUTUHAN MEREKA BERUBAH. PRIORITAS-PRIORITAS MEREKA BERUBAH. JADI, SISTEM-SISTEM INFORMASI YANG MENDUKUNG SEBUAH BISNIS BERUBAH SEPANJANG WAKTU. SISTEM-SISTEM HARUS DIDESAIN UNTUK MENGAKOMODASI PERSYARATAN - PERSYARATAN PERTUMBUHAN DAN PERUBAHAN

22 22 KERANGKA YANG BERGUNA UNTUK MENGKLASIFIKASIKAN MASALAH: PIECES P = PERFORMANCE (PRODUKSI, WAKTU RESPON) I = INFORMATION / INFORMASI (DATA) E = ECONOMICS (MENGENDALIKAN BIAYA ATAU MENINGKATKAN KEUNTUNGAN) C = CONTROL (KEAMANAN) E = EFFICIENCY (EFISIENSI ORANG, MESIN) S = SERVICE (LAYANAN KEP PELANGGAN)

23 Analisis dan Perancangan Sistem23 PERALATAN DAN TEKNOLOGI TEROTOMATISASI PERUSAHAAN TERKADANG LAMBAN DALAM MENERAPKAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MEMECAHKAN MASALAH BISNIS PENGGUNA-PENGGUNA KAMI. SAAT INI PERALATAN TEROTOMATISASI TELAH DIKEMBANGKAN, DIPASARKAN, DAN DIINSTALL UNTUK MEMBANTU PARA PENGEMBANG SISTEM

24 24 BEBERAPA KEUNTUNGAN PENERAPAN TI: 1.PRODUKTIVITAS DIPERBAIKI 2.KUALITAS DIPERBAIKI 3.DOKUMENTASI YANG LEBIH BAIK 4.METODOLOGI - METODOLOGI YANG BENAR-BENAR BEKERJA.


Download ppt "1. 2 PROSES PENGEMBANGAN SISTEM SATU SET AKTIVITAS, METODE, PRAKTEK TERBAIK, SIAP DIKIRIMKAN, DAN PERALATAN TEROTOMASI YANG DIGUNAKAN STAHOLDER UNTUK."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google