Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Manajemen Audit FO – 162 (2 SKS). PENGERTIAN AUDIT MANAJEMEN (MANAGEMENT AUDIT) BEBERAPA ISTILAH DARI PARA AHLI 1.Operational Audit 2.Management Audit.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Manajemen Audit FO – 162 (2 SKS). PENGERTIAN AUDIT MANAJEMEN (MANAGEMENT AUDIT) BEBERAPA ISTILAH DARI PARA AHLI 1.Operational Audit 2.Management Audit."— Transcript presentasi:

1 Manajemen Audit FO – 162 (2 SKS)

2 PENGERTIAN AUDIT MANAJEMEN (MANAGEMENT AUDIT) BEBERAPA ISTILAH DARI PARA AHLI 1.Operational Audit 2.Management Audit 3.Performance Audit 4.Value for money Audit (audit untuk menilai penggunaan uang)

3 PERKEMBAGAN ISTILAH AUDIT MANAJEMEN 1977: Rittenberg & Schwieger dalam buku Auditin Concepts for Changing Environment Management istilah Operation Audit (Audit Operasional) 1979 : Leo Herbert PhD CPA, dalam “Auditing the Performance of Management” menegaskan istilah audit operasional menjadi “Management Audit”. Leo Herbert kemudian berwacana, Operasional Audit dipecah menjadi Mgm Audit & Program Audit yg keduanya digabungkan menjadi “Performance Audit” (Audit Kinerja)

4 PERKEMBAGAN ISTILAH AUDIT MANAJEMEN 1987: Parker L.D menyatakan istilah –istilah tersebut mempunyai persamaan 1990 : Thierauf : Management Audit

5 Audit Operasional Audit yang sistematis baik terhadap kegiatan. Program maupun fungsi suatu organisasi dengan tujuan untuk memulai dan melaporkan apakah sumber daya dan dana digunakan secara lebih ekonomis dan efisien, dan apakah tujuan kegiatan, program dan fungsi yang telah direncanakan dapat dicapai dengan tidak bertentangan dengan peraturan per-undang- undangan yang berlaku.

6 Audit Manajemen (Management Audit) 1.Penilaian terhadap keberhasilan manajemen dalam mencapai tujuan organisasi, fungsi manajemen & kecukupan (kehandalan) keputusan manajemen pada kegiatan yang diarahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan (Thieraauf 1990) 2.Merupakan suatu jenis audit kinerja untuk menggantikan atau menilai apakah manajemen telah menjalankan operasional organisasi-nya dengan ekonomis & efisien (Leo Herbert-1979)

7 Defenisi Audit Manajemen ( Hans Kartikahandi /1989): Sebagai evaluasi secara independen & berorientasi ke masa depan atas berbagai kegiatan operasional suatu organisasi guna membantu manajemen dalam meningkatkan efektifitas pencapaian hasil/tujuan yang ditetapkan & meningkatkan kehematan (economy) & efisiensi dalam penggunaan sumber daya (resources) oleh entitas-entitas ekonomi dilingkungan organisasi Fungsi Audit Manajemen: – Membantu meyakinkan terdapatnya akuntabilitas – Mengidentifikasikan cara-cara memperbaiki kegiatan / operasi

8 Audit Kinerja (Performance Audit) Audit yang meliputi penentuan sasaran (audit objective) oleh auditor independen mengenai ekonomis, efisiensi & efektifitas dari kinerja manajemen, perolehan bukti sehubungan dengan tujuan audit tersebut, penganalisaan bukti untuk mendapatkan suatu simpulan mengenai apakah manajemen sudah menjalankan kegiatan atau programnya dengan ekonomis efisien serta melaporkan hasil audit tersebut kepada pihak yang berkepentingan.

9 AUDIT ATAS NILAI PENGGUNAAN UANG (Value for Money Audit) Digunakan di Inggris Audit yang diarahkan untuk menilai efisiensi, kehematan ekonomis dan efektifitas penggunaan sumber dana oleh suatu unit kerja/program

10 HAKEKAT AUDIT MANAJEMEN AUDITOR Akuntabilitas Kinerja/Kegiatan Kriteria BUKTI ? 3 E & Taat Aturan Tindak Lanjut Perbaikan Laporan Ke Manajemen dgn Rekomendasi


Download ppt "Manajemen Audit FO – 162 (2 SKS). PENGERTIAN AUDIT MANAJEMEN (MANAGEMENT AUDIT) BEBERAPA ISTILAH DARI PARA AHLI 1.Operational Audit 2.Management Audit."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google