Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BY MOH. ARIS AS’ARI, S.Pd REFRIGERATION AND AIR CONDITIONING TECHNICAL SKILL PROGRAM SMK NEGERI 1 CIREBON Visit us on : http//ptu.smkn1-cirebon.sch.id.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BY MOH. ARIS AS’ARI, S.Pd REFRIGERATION AND AIR CONDITIONING TECHNICAL SKILL PROGRAM SMK NEGERI 1 CIREBON Visit us on : http//ptu.smkn1-cirebon.sch.id."— Transcript presentasi:

1 BY MOH. ARIS AS’ARI, S.Pd REFRIGERATION AND AIR CONDITIONING TECHNICAL SKILL PROGRAM SMK NEGERI 1 CIREBON Visit us on : http//ptu.smkn1-cirebon.sch.id

2 Working with Copper Tube 1. Measuring and Cutting 2. Reaming 3. Swaging and Flaring 4. Bending 5. Fitting Applying FluxSolder fittingBraze fitting

3  PENGUKURAN DAN PEMOTONGAN PIPA Mengukur pipa dengan akurat berguna untuk mengurangi kesalahan terlalu pendek atau terlalu panjang terhadap pipa yang akan kita potong. Pemotongan pipa bisa dilakukan melalui berbagai alat, seperti menggunakan disk-type tube cutter atau gergaji besi.

4 CUTTER TUBE / TUBING CUTTER

5  REAMING DAN CLEANING PIPA Reaming adalah proses perluasan pada pipa untuk menghilangkan ketajaman sisi-sisi pipa setelah dipotong dan membuang serpihan tembaga yang masih menempel pada bagian dalam pipa untuk menghindari terbawa masuk ke dalam sistem. Proses reaming tidak boleh terlalu kasar karena bisa membuat bentuk dan diameter dalam pipa berubah. Proses reaming bisa menggunakan (a) reamer, (b) cutting pocket ataupun (c) deburring tools.

6  REAMING PIPA  CLEANING PIPA a. Reamerb. Cutting pocketc. Deburring tools a. Sand clothb. Abrasive padc. Fitting brush

7  FLARING PIPA  Flaring adalah proses pengembangan pipa dengan sudut tertentu yang akan disambung atau diinstalasi dengan pipa lain.  Sudut pengembangan pipa yang paling sering dipakai adalah 45 O.  Komponen untuk menyambung pipa pada flare joint adalah flare nut, yang terdiri atas male dan female nut.

8 FLARING PIPA Flare 45 O Female Flare Male Flare

9  SWAGING PIPA Swaging digunakan untuk membesarkan ujung pipa, agar dua buah pipa yang sama diameternya dapat disambung dengan solder timah atau las perak. Panjang sambungan untuk tiap pipa berbeda, pada umumnya diambil sepanjang diameter dari pipa yang akan disambung. Swagging tool ada 2 macam : 1. Model dipukul (Punch type) 2. Model diputar (Screw type)

10 FLARE AND SWAGING TOOLS

11  BENDING PIPA Bending adalah proses pembengkokkan pipa dengan sudut tertentu. Alat pembengkok pipa diantaranya adalah bending tools, lever-type hand bender atau pegas pembengkok. a. Pegas pembengkokb. Lever-type hand bender

12 BENDING PIPE PROCESS


Download ppt "BY MOH. ARIS AS’ARI, S.Pd REFRIGERATION AND AIR CONDITIONING TECHNICAL SKILL PROGRAM SMK NEGERI 1 CIREBON Visit us on : http//ptu.smkn1-cirebon.sch.id."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google