Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENDAHULUAN Pembuatan perangkat lunak yang efisien untuk mikroprosesor membutuhkan pengenalan yang menyeluruh mengenai mode pengalamatan yang digunakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENDAHULUAN Pembuatan perangkat lunak yang efisien untuk mikroprosesor membutuhkan pengenalan yang menyeluruh mengenai mode pengalamatan yang digunakan."— Transcript presentasi:

1 PENDAHULUAN Pembuatan perangkat lunak yang efisien untuk mikroprosesor membutuhkan pengenalan yang menyeluruh mengenai mode pengalamatan yang digunakan oleh tiap instruksi. Pada bab I, instruksi MOV (move data) digunakan untuk menjelaskan mode pengalamatan data. Instruksi MOV mentransfer data byte atau word antar register, atau antara register dengan memori pada 8086 sampai 80286, dari data byte, word, atau doubleword pada ke atas. Pada penjelasan mode pengalamatan program memori, instruksi CALL dan JUMP memperlihatkan cara memodifikasi aliran program. Mode pengalamatan data di antaranya adalah register, intermediate, langsung (direct), tak langsung (indirect), basis-plus-indeks, register relatif, dan basis relatif-plus-indeks yang terdapat pada mikroprosesor 8086 sampai Mikroprosesor ke atas juga memunyai mode pengalamatan data indeks- terskala (scaled-index). Mode pengalamatan program memori meliputi program relatif, langsung, dan tak langsung. Operasi memori stack juga akan dljelaskan sehingga dengan demikian instruksi PUSH dan POP juga dapat di mengerti. NEXT

2 NEXT TUJUAN BAB Usai memelajari bab ini, Anda akan mampu untuk : Menjelaskan operasi setiap mode pengalamatan data. Menggunakan mode pengalamatan data untuk membuat pernyataan bahasa assembly. Menjelaskan operasi setiap mode pengalamatan program memori. Menggunakan mode pengalamatan program memori untuk membentuk pernyataan bahasa assembly dan mesin. Memiliki mode pengalamatan yang tepat untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Menjelaskan perbedaan antara pengalamatan memori data dengan menggunakan operasi mode riil dan mode terproteksi. Menjelaskan urutan kejadian yang menempatkan data dalam stack atau memindahkan data dari stack. Menjelaskan bagaimana sruktur data ditempatkan dalam memori dan digunakan dengan perangkat lunak.

3 NEXT

4 NEXT Pengalamatan Register GAMBAR 3-3 Efek eksekusi iristruksi MDV BX,CX tepat sebelum register berubah. Perlu diketahui bahwa hanya 16-bit paling kanan dari regiser ESX yang berubah.

5 NEXT Pengalamatan immediate GAMBAR 3-4 Operasi instruksi MOV EAX,3456H. lnstruksi ini menyalin data immediate (13456H) ke dalam FAX

6 NEXT Pengalamatan Data Langsung GAMBAR 3-5 Operasi dari instruksi MOVAL,[1234] ketikaDS = 1000H.

7 NEXT Pengalamatan register tak langsung GAMBAR 3-6 Operasi instraks MOVAX[BX] ketika BX = 1000H dan DS = 0100H. Perlu dikatahui bahwa instruksi ni ditunjukkan setdah isi mernoni ditransfer ke AX.

8 NEXT Soal 1. Gambarkan mode pengalamatan data dari Mikroprosesor 8086 sampai Mikroprosesor Pentium-4! 2. Jelaskan dengan menggunakan gambar pengalamatan register, pengalamatan immediate, pengalamatan data langsung dan pengalamatan register tak langsung!

9 TUTUP Terima Kasih


Download ppt "PENDAHULUAN Pembuatan perangkat lunak yang efisien untuk mikroprosesor membutuhkan pengenalan yang menyeluruh mengenai mode pengalamatan yang digunakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google