Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 2 Struktur Dasar Komputer Dan Peralatan Input.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 2 Struktur Dasar Komputer Dan Peralatan Input."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 2 Struktur Dasar Komputer Dan Peralatan Input

2 Sub Topik Definisi Komputer Klasifikasi Komputer Konsep Dasar Komputer Peralatan Input

3 Istilah KOMPUTER diambil dari bahasa latin “Computare” yang berarti menghitung (to compute atau to reckon) Menurut buku Computer Today (Donald H. Sanders) Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori(stored program) Definisi Komputer

4 Pertemuan 1 Definisi Komputer Menurut buku “Computers” Fourth Edition (Larry Long dan Nancy Long) Komputer adalah sebuah alat elektronik yang dapat menterjemahkan (interpret) dan mengeksekusi perintah-perintah yang terprogram sebagai input, output, perhitungan dan operasi logika. Komputer secara teknikal sangat komplek tetapi secara konsep cukup sederhana. Menurut buku Computer Control And Audit A Total System Approach(G. Burch Jr, Fellix R Stater) Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.

5 Pertemuan 1 Klasifikasi Komputer Komputer Berdasarkan Golongan A.General Purpose Computer B. Special-purpose Computer

6 Super computer Mainframe computer Minicomputer Workstation Microcomputer/Personal Computer Notebook, Laptop Personal Digital Asistant Cellular Phone Tablet PC Komputer Berdasarkan Kapasitas Klasifikasi Komputer

7 Supercomputer Contoh: IBM Asci White, Cray,etc) Mengolah data dlm jumlah sangat banyak, mis. Simulasi 12,500 BIPS

8 Mainframe Contoh: IBM z900 Banyak orang mengakses data yang sama secara bersamaan 2,500 MIPS ( 2,5 BIPS) (MIPS adalah singkatan dari “million of instuctions per second” atau jutaan instruksi per detik)

9 Teknik Informatika UTM9 Mainframe mainframe terminal

10 Minicomputer Komputer ini lebih lambat, lebih sedikit kemampuan penyimpanan datanya dan lebih murah dibandingkan Mainframe IBM AS/400

11 Personal Computer IBM PC, 1981 PC-Tower Casing IBM PC, 1997

12 Laptop (NoteBook) Mudah dibawa bepergian Menggunakan baterai sbg. Pengganti listrik IBM ThinkPad

13 Palmtop / PDA Disebut juga Palmtop Pen-based computer Tablet pc

14 Cellular Phone

15 Pertemuan 2 Konsep Dasar Komputer A.Input Device B.CPU C.Output Device D.Storage / Penyimpanan

16 Pertemuan 2 Peralatan Input Peralatan Input bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk memasukkan data ke-dalam komputer.

17 Pertemuan 2 Macam – macam Input Device Punched cards (Kartu Berlubang) Punched cards (Kartu Berlubang) Punched Paper Tape Punched Paper Tape Keyboard Keyboard Mouse Mouse Trackball Trackball Light Pen Light Pen Scanner Scanner Magnetic Strips Magnetic Strips Kamera Digital Kamera Digital Touch Screen Touch Screen Peralatan Input

18 Pertemuan 2 Digunakan pada komputer generasi satu dan dua Terdapat 2 jenis kartu 80 kolom dan 96 kolom A.Punched cards (Kartu Berlubang) Sebelum data dimasukkan ke komputer terlebih dulu akan diterima oleh sebuah mesin utk melubangi kartu. Contoh mesin pelubang kartu 80 kolom dari IBM Serial X-SB AT Peralatan Input

19 Pertemuan 2 A.Punched cards (Kartu Berlubang) Setelah diperiksa kemudian kartu akan di sortir dengan mesin sortir (IBM Card Sorting Machine Serial #082R0366L8) Hasil kerja dari operator pelubang akan diperiksa dulu dengan mesin card verifier Peralatan Input

20 Pertemuan 2 A.Punched cards (Kartu Berlubang) Apabila pada kartu berlubang kemudian diberi sinar yg akan membentuk suatu pola shg dapat dibaca oleh CPU. Kartu yg sudah berlubang dan tersortir kemudian dipindah ke mesin pembaca kartu. Berdasar lubang-lubang yang ada, maka digit demi digit setiap karakter data akan diterima oleh CPU guna keperluan proses. Peralatan Input

21 Pertemuan 2 B. Punched Paper Tape Untuk memasukkan data kedalam CPU, maka data-data yang sudah terekam dalam bentuk kode didalam punched tape, juga harus dibaca terlebih dahulu oleh punched reader. Gambar disamping menunjukkan mesin pelubang yang tengah bekerja (Brother KH684) Punched paper tape juga sangat populer pada komputer generasi awal. Data yang ada akan direkam kedalam tape melalui lubang yang mengelilinginya. Peralatan Input

22 Pertemuan 2 C. Keyboard Tombol-tombol utama yang dimiliki, memiliki susunan yang tidak berbeda dengan susunan tombol mesin ketik biasa. Keyboard komputer, secara phisik mempunyai bentuk seperti halnya keyboard pada mesin ketik manual/elektronik. Dengan digunakannya micro processor, maka data yang ada bisa langsung dikirim ke-CPU melalui keyboard Peralatan Input

23 Pertemuan 2 C. Keyboard Pada saat yang sama, keyboard microprocessor juga meneruskan informasi yang ada ke-Interupt Contoller. Dari interupt controller inilah informasi yang ada kemudian bisa diterima oleh CPU. Keyboard : 84Key, 101Key, 102Key,.., 118Key Peralatan Input

24 Pertemuan 2 E. Mouse Mouse bisa diartikan dengan tikus, dimana dengan adanya mouse, maka kursor (titik kecil yang berkedip pada layar, yang menandakan suatu posisi pada layar monitor) yang ada dilayar monitor bisa digerak-gerakkan. Peralatan Input

25 Pertemuan 2 E. Mouse Pemakaian mouse dipopulerkan oleh Apple Macintosh. Pada mouse terdapat tombol yang bisa ditekan, juga bola yang akan bergerak mengikuti arah gerakan mouse. Gerakan pada bola yang kemudian dikonversikan dengan koordinat x-y ini, menyebabkan adanya denyut listrik yang terkirim kepusat komputer Peralatan Input

26 Track Ball Berbentuk seperti mouse yang terbalik. Untuk menggerakkannya hanya memutar bola yang berada diatas. Tidak perlu menggerakkannya secara terus menerus seperti mouse. Secara umum cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan mouse. Pertemuan 2 Peralatan Input

27 Pertemuan 2 D. Light Pen Light pen juga merupakan salah satu input device dari sistem komputer yang banyak digunakan untuk keperluan menggambar teknis ataupun grafis. Light pen banyak digunakan karena untuk keperluan menggambar, keyboard dianggap tidak memadai dan hasilnya menjadi kurang teliti. Dengan menyentuhkan ujung light pen pada monitor, maka komputer bisa mengetahui posisi titik mana yang tersentuh oleh light pen. Peralatan Input

28 Pertemuan 2 D. Light Pen Light pen ada yang dilengkapi dengan papan gambar, dimana pada papan ini permukaannya terbagi menjadi ratusan area. Para arsitek, banyak yang meletakkan kertas berisi gambar diatas papan gambar, dan kemudian dengan light pen yang ada, mereka mengikuti gambar yang tersedia. Skema gambar juga muncul melalui monitor. Light pen dengan papan gambar ini biasanya disebut sebagai Grapics Tablet Peralatan Input

29 Pertemuan 2 F. Scanner Scanner merupakan salah satu input device yang secara prinsip mempunyai cara kerja seperti halnya foto-copy. Hanya bedanya, hasil pembacaan scanner bisa disimpan didalam memory komputer, sedang pada fotocopy, hasil pembacaannya akan dicetak diatas selembar kertas. Peralatan Input

30 Pertemuan 2 F. Scanner Jenis lain dari scanner adalah Optical Mark Reader (OMR) yang biasanya digunakan untuk membaca dokumen. OMR banyak digunakan untuk memriksa hasil ujian ataupun pada saat penerimaan mahasiswa baru. OMR akan membaca mark (tanda) yang diberikan pada lembar kertas. Tanda ini biasanya dibuat dengan menggunakan pensil 2B. Dengan menentukan posisi baris dan kolom pada kertas yang bersangkutan, dan kemudian dikonversikan pada tabel yang dimiliki, maka OMR bisa mengetahui jawaban yang diberikan salah atau benar Peralatan Input

31 Pertemuan 2 G. Magnetic Strips Magnetic strip merupakan suatu bentuk plastik pendek yang dilapisi dengan sistem magnit dan biasanya dilekatkan pada kartu kredit, ataupun kartu berharga lainnya. Pada magnetic strips biasanya tertulis data pribadi pemegang kartu, yang berisi nomor rekening, nomor pribadi serta kode access- nya. Peralatan Input

32 Pertemuan 2 G. Magnetic Strips Electronic Draft Capture (EDC) digunakan kasir dipelbagai tempat pembelanjaan. Dengan menggosokkan kartu kredit kealat ini, maka data yang tersimpan didalam magnetic strips akan terbaca dan diteruskan melalui jaringan telpon kepusat komputer dari bank pemilik kartu. Peralatan Input

33 Pertemuan 2 H. Kamera Digital Kamera digital tidak menggunakan negatif-film, tetapi menggunakan layar LCD yang digunakan untuk mengatur gambar hasil bidikan dan internal memory untuk menyimpan gambar dalam bentuk image. Proses transfer image dari kamera ke-komputer dapat dilaksanakan dengan menggunakan software bawaan ataupun software yang secara umum dapat kita dapatkan, misalnya adobe Photoshop ataupun Adobe Photo Deluxe. Peralatan Input

34 Pertemuan 2 H. Kamera Digital Hewlett-Packard telah menerapkan teknologi Smart Media Card dengan printer foto  pengguna kamera dapat langsung melihat karyanya pada kertas cetakan tanpa campur tangan PC. Canon dengan produk printer warna sakunya yang dapat berhubungan langsung dengan kamera digital. Peralatan Input

35 Touch Screen Touch Screen atau Layar Sentuh bekerja dengan menggunakan menu. Kebanyakan touch screen menggunakan sensor pada atau dekat layar komputer yang dapat mendeteksi sentuhan. Ada juga monitor biasa yang dapat digunakan sebagai touch screen dengan mendeteksi tekanan pada layar monitor. Pertemuan 2 Peralatan Input


Download ppt "Pertemuan 2 Struktur Dasar Komputer Dan Peralatan Input."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google