Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENDAHULUAN Tintin H.  Pengertian Teknologi Informasi (TI) TI adalah istilah terhadap berbagai macam hal dan kemampuan yang digunakan dalam pembentukan,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENDAHULUAN Tintin H.  Pengertian Teknologi Informasi (TI) TI adalah istilah terhadap berbagai macam hal dan kemampuan yang digunakan dalam pembentukan,"— Transcript presentasi:

1 PENDAHULUAN Tintin H

2

3

4  Pengertian Teknologi Informasi (TI) TI adalah istilah terhadap berbagai macam hal dan kemampuan yang digunakan dalam pembentukan, penyimpanan, dan penyebaran informasi.

5  Perlunya Teknologi Informasi, karena:  Kompleksitas tugas manajemen  Pengaruh globalisasi  Perlunya response time cepat  Tekanan persaingan bisnis  Sistem Informasi Pengertian : sistem yang menggunakan Teknologi komputer untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis dan menyebarkan informasi.

6  Sistem Informasi  Data : fakta mentah.  Informasi : data yang telah diorganisir sehingga memberi arti.  Pengetahuan :informasi yang diproses sehingga memberikan pembelajaran, pemahaman untuk dapat diaplikasikan.  System Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS) Sistem Informasi yang menggunakan komputer dan teknologi komunikasi untuk melakukan tugas-tugas yang diinginkan.

7  Infrastruktur Informasi  Perangkat Keras (Hardware)  Perangkat Lunak (Software)  Jaringan dan Komunikasi  Basis Data (Database)  Arsitektur Informasi  Perencanaan terhadap kebutuhan informasi  Information Management Personnel

8  Kemampuan Sistem Informasi  Proses transaksi cepat dan akurat  Kapasitas penyimpanan besar dan akses cepat  Komunikasi cepat, dll.  Tujuan Teknologi Informasi  Memecahkan masalah, membuka kreativitas, efektivitas dan efisiensi.  Prinsip Teknologi Informasi  High-Tech-High-Touch

9  Fungsi Teknologi Informasi  Menangkap (Capture), Mengolah (Processing), Menghasilkan (Generating), Menyimpan (Storage), Mencari Kembali (Retrieval), Melakukan Transmisi (Transmission).  Keuntungan Teknologi Informasi  Speed, Consistency, Precision, Reliability  Teknologi Informasi dalam Berbagai Bidang  Akuntansi, Finance, Marketing, Produksi atau Manajemen Produksi, Manajemen Sumber Daya Manusia

10  Kata atau istilah komunikasi (dari bahasa Inggris “communication”),secara etimologis atau menurut asal katanya adalah dari bahasa Latin communicatus, dan perkataan ini bersumber pada kata communis Dalam kata communis ini memiliki makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi milik bersama’ yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna

11 Komunikasi secara terminologis merujuk pada adanya proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Jadi dalam pengertian ini yang terlibat dalam komunikasi adalah manusia. Karena itu merujuk pada pengertian Ruben dan Steward(1998:16) mengenai komunikasi manusia yaitu:

12  Human communication is the process through which individuals –in relationships, group, organizations and societies—respond to and create messages to adapt to the environment and one another. Bahwa komunikasi manusia adalah proses yang melibatkan individu- individu dalam suatu hubungan, kelompok, organisasi dan masyarakat yang merespon dan menciptakan pesan untuk beradaptasi dengan lingkungan satu sama lain.

13  Untuk memahami pengertian komunikasi tersebut sehingga dapat dilancarkan secara efektif dalam Effendy(1994:10) bahwa para peminat komunikasi sering kali mengutip paradigma yang dikemukakan oleh Harold Lasswell dalam karyanya, The Structure and Function of Communication in Society. Lasswell mengatakan bahwa cara yang baik untuk menjelaskan komunikasi ialah dengan menjawab pertanyaan sebagai berikut: Who Says What In Which Channel To Whom With What Effect?

14 Paradigma Lasswell di atas menunjukkan bahwa komunikasi meliputi lima unsur sebagai jawaban dari pertanyaan yang diajukan itu,yaitu:  Komunikator (siapa yang mengatakan?)  Pesan (mengatakan apa?)  Media (melalui saluran/ channel/media apa?)  Komunikan (kepada siapa?)  Efek (dengan dampak/efek apa?). Jadi berdasarkan paradigma Lasswell tersebut, secara sederhana proses komunikasi adalah pihak komunikator membentuk (encode) pesan dan menyampaikannya melalui suatu saluran tertentu kepada pihak penerima yang menimbulkan efek tertentu.

15

16  DEFINISI TEKNOLOGI  DEFINISI INFORMASI  DEFINISI KOMUNIKASI  DEFINISI KOMPUTER DATA  INFORMASI

17 KOMPUTER BERASAL DARI KATA : JADI BERDASARKAN ASAL KATANYA KOMPUTER BISA DISEBUT MESIN HITUNG

18 Current knowledge and understanding of computers and their uses Computers are everywhere

19  Electronic device operating under the control of instructions stored in its own memory data Accepts data Collection of unprocessed items information Processes data into information Conveys meaning and is useful to people Produces and stores results

20 What is the information processing cycle?  Input  Process  Output  Storage  Communication

21 DEFINISI KOMPUTER “ALAT ELEKTRONIK YANG DAPAT MENERIMA INPUT DATA DAN MENGOLAHNYA MENJADI SUATU INFORMASI YANG DIINGINKAN,DENGAN MENGGUNAKAN SUATU PROGRAM YANG TERSIMPAN DI MEMORINYA, SERTA DAPAT MENYIMPAN PROGRAM DAN HASIL PENGOLAHANNYA, DIMANA BEKERJA SECARA OTOMATIS”

22 Komputer pada zaman dahulu sudah ditemukan sebagai alat perhitungan dan alat pengolah data, walaupun tidak secanggih sekarang, tetapi cikal bakal hadirnya komputer dimulai dari alat hitung sederhana.  Alat perhitungan dapat digolongkan dari zaman dahulu sampai sekarang menjadi 4 bagian : 1. Peratan Manual  Peralatan pengolahan data yang sangat sederhana yang menggunakan media tangan manusia

23 2. Peralatan mekanik  Peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan manusia Contoh “ABACUS” yang ditemukan 5000 tahun yang lalu di Asia Kecil dan ini adalah awal mula mesin Komputasi 3. Perlatan Mekanik elektronik  Peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oleh motor mekanik 4. Peralatan Elektronik  Peralatan yng bekerja secara elektronik

24 MEKANIK  1623 : Mesin penghitung pertama (Wilhem Schikard, Jerman)  1642 : Pascal’s Machine Aritmethique (Mesin penghitung otomatis pertama)  1666 : Mesin Pengali yang pertama (Sir Samuel Morland)  1673 : Leibnitz’s Calculating Machine (Gottfried Wilhem von Leibnitz, Jerman)  1777 : Logic Demonstrator (Mesin Logika pertama, Charles Mahon)  1804 : Jacuquard’s Loom (Mesin penenun otomatis dengan kartu plong, Joseph Marie Jacquard,Perancis)  1820 : Mesin Penghitung Komersial Pertama (Charles Thomas de Colmar,Inggris)

25  1850 : Mesin Penghitung dengan keyboard (D.D. Parmalee,USA)  1854 : Aljabar Boolean (George S. Boole,Inggris)  1868 : The Adder (mesin penambah ukuran saku,Web,USA)  1869 : Mesin Logika Boolean (William Jevons)  1879 : Mesin Pencatat Kas yang pertama (James Ritty, USA)  1884 : Mesin Penghitung dengan alat cetak pertama (William S. Burroughs,USA)  1893 : Steiger’s Millionare (Mesin penghitung saintifik pertama, Otto Steiger,Jerman)  1911 : Monroe Calculator (Jay Monroe & Frank S. Baldwin,USA)

26  1890 : mesin tabulasi kartu plong mekanik- elektronik yang pertama (digunakan untuk membantu sensus penduduk,Dr. Hernan Hollerith, USA, Cikal Bakal IBM)  1920 : mesin penghitung otomatis pertama (mesin pengambil keputusan,Leonardo Torres y Quevedo, Spanyol)  1931 : Komputer Analog Pertama (untuk memecahkan permasalahan differensial,disebut dengan Differensial Analyzer,Dr. Vannevar Bush,MIT)  1938 : Mesin hitung mekanik-elektronik pertama (untuk perhitungan teknik,disebut dengan Complex Calculator,George R. Stibitz, Bell Laboratories)

27  1942 : Komputer digital elektronik pertama (Atanasoff-Berry Computer, John V. Atanasoff & Clifford Berry,IOWA State College)  1944 : Hardvard Mark I ASCC (melakukan operasi aritmatika dan logika secara otomatis,dibuat IBM, Prof. Howard Aiken,Harvard University)  Komputer Generasi Pertama ( )  Komputer Generasi Kedua ( )  Komputer Generasi Ketiga ( )  Komputer Generasi Keempat (Mulai 1970)

28  Menggunakan tabung hampa udara (vacuum tube)  Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin.  Berukuran fisik sangat besar  Menggunakan konsep stored-program dengan memori utamanya adalah magnetic core storage.  Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk.  Cepat panas, sehingga memerlukan pendingin.  Prosesnya kurang cepat.  Membutuhkan daya listrik yang besar.  Orientasi utama untuk aplikasi bisnis  CONTOH : UNIVAC 1 ( UNIVERSAL AUTOMATIC COMPUTER), SEAD, G 15, SWAC, UNIAC 1

29  Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tabung hampa udara di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.  Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya.

30  Menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner.  Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor untuk sirkuitnya, dikembangkan di Bell Laboratories oleh John Bardeen, William Shockley dan Walter Brattain pada tahun  Beberapa bahasa pemrograman tingkat tinggi mulai bermunculan, seperti Common Business-Oriented Language (COBOL), Formula Translator (FORTRAN), Algorithmic Language (ALGOL).  Kapasitas memori utama sudah cukup besar (magnetic core storage) sampai puluhan ribu karakter.  Simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk atau disk pack.

31  Mampu memproses secara real-time (karena simpanan luar yang bersifat direct access) dan time-sharing.  Ukuran fisik lebih kecil dibanding pendahulunya.  Proses operasi sudah cepat, sampai jutaan operasi/detik.  Daya listrik lebih sedikit.  Tidak hanya berorientasi pada aplikasi bisnis, tetapi sudah pada aplikasi teknik.  CONTOH : IBM 1401, IBM 7090, ILLIAC-II

32  Transistor menghasilkan panas yang cukup besar, berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer.  Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instruments, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC, integrated circuit) di tahun  IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.  Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor.  Penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak (multiprogramming) dan dapat memproses sejumlah data dari sumber-sumber berbeda pada waktu bersamaan (multiprocessing)

33  Lebih cepat dan lebih tepat. Kecepatannya hampir kali dari komputer generasi pertama, dengan ukuran microseconds bahkan nanoseconds.  Kapasitas memori lebih besar, sampai ratusan ribu karakter.  Simpanan luar yang bersifat random access.  Listrik yang lebih hemat.  Alat-alat input output menggunakan visual display terminal (menampilkan gambar dan grafik), dapat menerima dan mengeluarkan suara, penggunaan alat pembaca tinta magnetik.

34  Harga yang semakin murah.  Mampu melakukan komunikasi data dari satu komputer dengan komputer lain, lewat komunikasi telepon  Contoh: IBM 390

35  Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik.  Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.  Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.  Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer.  Contoh: BMC, IBM, APPLE

36  CIRI-CIRINYA  MENGGUNAKAN VLSI (VERY LARGE SCALE INTERGRATION)  DIKEMBANGKANNYA JOSEPH JUNCTION TEKNOLOGI YANG MEMUNGKINKAN BISA MENGGANTIKAN CHIP YANG DAPAT MEMPROSES TRILIYUNAN OPERASI PERDETIK YANG  DIPELOPORI OLEH JEPANG YANG DIKEMBANGKAN OLEH ICOT (INSTITUT FOR NEW COMPUTER TECHNOLOGY) CONTOH : IBM ASCI WHITE ( KECEPATANNYA LEBIH DARI 1,3 TRILYUN )


Download ppt "PENDAHULUAN Tintin H.  Pengertian Teknologi Informasi (TI) TI adalah istilah terhadap berbagai macam hal dan kemampuan yang digunakan dalam pembentukan,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google