Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TEKNOLOGI INFORMASI Disusun oleh :. PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TEKNOLOGI INFORMASI Disusun oleh :. PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI."— Transcript presentasi:

1 TEKNOLOGI INFORMASI Disusun oleh :

2 PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

3 KATA PENGANTAR Dunia IT saat ini santer dibicarakan dimana-mana. Mengingat kemajuan teknologi perkembangan jauh lebih cepat. Terbukti, untuk mengetahui bagaimana budaya bangsa Aborigin cukup hanya dengan sekali klik. Dunia bisa dilihat langsung di home office masing-masing individu yang mendalami Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Informasi. Demikian derasnya arus perkembangan IT membuat siapapun kewalahan bila ingin mengadopsinya sekaligus dalam satu waktu. Pengantar Teknologi Informasi adalah sebuah matakuliah yang diberikan kepada seluruh mahasiswa STMIK PPKIA, tidak terkecuali Mahasiswa jurusan Diploma Satu. Melalui Wadah ini penulis berusaha memberikan karya murni hasil analisa setelah membaca beberapa buah referensi yang penulis kaitkan antar satu sama lain agar menjadi sebuah bahan acuan dalam mendalami matakuliah yang satu ini, PTI. Semoga wadah bisa menjadi media yang dapat memberi kontribusi dalam tahap pencerahan dalam memahami dunia IT. Dunia IT tanpa basic pengetahuan yang mendalam bagaikan sebilah pedang tajam bermata dua. Bila tidak hati-hati mengunakannya kelak akan membahayakan diri sendiri dan orang lain yang selayaknya mendapatkan manfaat dari ilmu yang diterapkan.

4 DAFTAR ISI KATA PENAGNTAR ………………………………………………………………………………… DAFTAR ISI …………………………………………………………………………………………. BAB I PENDAHULUAN ……………………………………………………………………………. BAB II PERMASALAHAN …………………………………………………………………………. BAB III PEMBAHASAN ……………………………………………………………………………. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN …………………………………………………………….. DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………………………………...

5 BAB I PENDAHULUAN Perkembangan internet menyebabkan terbentuknya sebuah dunia baru yang lazim disebut dunia maya. Di dunia maya ini setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun yang dapat menghalanginya. Sehingga globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital. Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor yang paling terkena dampak dari perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi serta paling cepat tumbuh. Melalui e-commerce, untuk pertama kalinya seluruh manusia di muka bumi memiliki kesempatan dan peluang yang sama agar dapat bersaing dan berhasil berbisnis di dunia maya.

6 BAB II PERMASALAHAN Pengenalan teknologi informasi Teknologi Informasi (TI) komputer internet

7 BAB III PEMBAHASAN Pengenalan Teknologi Informasi TI adalah bidang pengelolaan teknologi dan mencakup berbagai bidang yang termasuk tetapi tidak terbatas pada hal-hal seperti proses, perangkat lunak komputer, sistem informasi, perangkat keras komputer, bahasa program, dan data konstruksi. Singkatnya, apa yang membuat data, informasi atau pengetahuan yang dirasakan dalam format visual apapun, melalui setiap mekanisme distribusi multimedia, dianggap bagian dari TI. TI menyediakan bisnis dengan empat set layanan inti untuk membantu menjalankan strategi bisnis: proses bisnis otomatisasi, memberikan informasi, menghubungkan dengan pelanggan, dan alat-alat produktivitas.perangkat lunak komputersistem informasiperangkat keras komputerbahasa program

8 Pengenalan Teknologi Informasi TI melakukan berbagai fungsi (TI Disiplin/Kompetensi) dari meng-instal Aplikasi untuk merancang jaringan komputer danDatabase informasi. Beberapa tugas yang TI lakukan mungkin termasuk manajemen data, jaringan, rekayasa perangkat keras komputer, database dan desain perangkat lunak, serta manajemen dan administrasi sistem secara keseluruhan. Teknologi informasi mulai menyebar lebih jauh dari konvensional komputer pribadi dan teknologi jaringan, dan lebih ke dalam integrasi teknologi lain seperti penggunaan ponsel, televisi, mobil, dan banyak lagi, yang meningkatkan permintaan untuk pekerjaan.Aplikasijaringan komputerDatabaseperangkat keras komputerkomputer pribadi

9 Pengenalan Teknologi Informasi Di masa lalu, para (Dewan Akreditasi untuk Engineering dan Teknologi) dan Asosiasi untuk mesin komputasi telah bekerjasama untuk membentuk akreditasi dan standar kurikulum [4] untuk program degrees di Teknologi Informasi sebagai bidang studi dibandingkan [5] dengan Ilmu Komputer and Sistem Informasi. SIGITE (Special Interest Group for IT Education) [6] adalah kelompok kerja ACM untuk mendefinisikan standar ini. Pendapatan layanan TI di seluruh dunia sebesar $ di tahun [7]Asosiasi untuk mesin komputasi [4] [5]Ilmu KomputerSistem Informasi [6] [7]

10 TEKNOLOGI INFORMASI Pengertian informasi, Teknologi Informasi dan hubungannya dengan layanan informasi. Informasi adalah benda abstrak yang dapat dipergunakan untuk mencapai tujuan positif dan atau sebaliknya. Informasi dapat mempercepat atau memperlambat pengambilan keputusan. Dengan demikian informasi memiliki kekuatan, baik yang membangun maupun yang merusak. Dalam prakteknya, informasi dapat disajikan dalam berbagai bentuk baik lisan (oral), tercetak (printed), audio, maupun audio-visual gerak yang masing-masing memiliki ciri khas, kelebihan dan kekurangan, sebagaimana tabel di bawah ini:

11 TEKNOLOGI INFORMASI Sifat Informasi Tercetak-Audio-AudioVisual Tercetak Audio Audio-Visual - dapat dibaca, dimana dan kapan saja - dapat dibaca berulang-ulang - daya rangsang rendah - pengolahan bisa mekanis, bisa elektris - biaya relatif rendah. - Daya jangkau terbatas - Dapat didengar bila siaran - Dapat didengar kembali bila diputar kembali. - Daya rangsang rendah. - Elektris. - Relatif murah. - Daya jangkau besar. - Dapat didengar dan dilihat bila siaran. - Dapat didengar dan dilihat kembali bila diputar kembali. - Daya rangsang sangat tinggi. - Sangat mahal. - Daya jangkau besar, kecuali bioskop.

12 TEKNOLOGI INFORMASI Menurut Shannon dan Weaver, informasi sebagai objek materi ilmu komunikasi mempunyai makna: Patterned matter-energy that affects the probabilities of alternatives available to an individual making decision (hal atau energi yang terpolakan yang mempengaruhi dan memungkinkan seseorang membuat keputusan dari beberapa kemungkinan yang ada) (Shannon dan Weaver, 1949). Informasi bermanfaat untuk mencapai tujuan ideal maupun material. Di akhir abad ke-20 informasi mampu menempatkan diri sebagai komoditas yang sangat potensial untuk mendatangkan materi. Informasi dapat dikembangbiakkan, diolah, dan diperdagangkan untuk tujuan material; atau disajikan untuk mempengaruhi sikap mental individu seperti iklan (material) dan publikasi/propaganda atau layanan sosial (ideal). Kenyataan ini sebagaimana disinggung oleh Tanudikusumah (1984) yang menyatakan: "Kelak manusia akan "berternak" informasi, dan dari "berternak" informasi ini manusia akan memperdagangkannya dan memperoleh keuntungan darinya (Tanudikusumah, 1984).

13 TEKNOLOGI INFORMASI Everett M. Rogers (1986) dalam Communication Technology menyatakan bahwa teknologi biasanya memiliki dua aspek, yaitu perangkat keras (objek materi dan sifatnya), dan aspek perangkat lunak (dasar informasi untuk menggerakkan perangkat keras itu). Sedangkan batasan mengenai teknologi informasi itu, Rogers menyatakan: "Teknologi informasi adalah perangkat keras bersifat organisatoris, dan meneruskan nilai-nilai sosial dengan siapa individu atau khalayak mengumpulkan, memproses, dan saling mempertukarkan informasi dengan individu atau khalayak lain (Rogers, 1986).

14 TEKNOLOGI INFORMASI Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan secara sederhana bahwa teknologi informasi merupakan seperangkat fasilitas yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang dalam prakteknya diarahkan untuk mendukung dan meningkatkan kualitas informasi yang sangat dibutuhkan oleh setiap lapisan masyarakat secara cepat dan berkualitas. Berkat teknologi informasi inilah, informasi yang ada di setiap tempat pada detik yang sama dapat dipantau di tempat lain meskipun tempat itu berada di belahan bumi yang lain, atau bahkan di ruang angkasa sekalipun. Dewasa ini semakin dirasakan pentingnya pemanfaatan teknologi informasi sebagai sarana untuk layanan informasi bagi masyarakat guna mendukung penyelenggaraan program-program pemerintah. Pemerintah bagaimanapun tidak dapat mengkesampingkan keberadaan teknologi informasi karena teknilogi informasi merupakan sarana yang paling efektif untuk menyampaikan atau mensosialisasikan kebijakan-kebijakan pemerintah dalam berbagai bidang.

15 TEKNOLOGI INFORMASI Teknologi informasi yang difungsikan untuk layanan informasi kepada masyarakat memungkinkan terjadinya pertukaran informasi dalam waktu seketika tanpa dapat dibatasi oleh ruang dan waktu. Hal ini tentu akan sangat mendukung suatu disiplin ilmu atau suatu jenis pekerjaan yang memerlukan kecepatan akses informasi seperti jurnalistik atau ekonomi. Jurnalistik merupakan jenis kerja yang mengutamakan aktualitas/kecepatan; sedangkan pada bidang ekonomi/bisnis percepatan informasi akan membawa pengaruh terhadap perolehan profit atau sebaliknya. Sudah terbukti secara nyata bahwa bidang pembangunan, perekonomian, bisnis, dan bidang lainnya tidak akan mengalami kemajuan tanpa diimbangi dengan pencapaian kemajuan di bidang teknologi informasi. John Naisbitt dan Patricia Aburdene (1984) telah memprediksikan akan terbentuknya ekonomi global. Prediksi ini saat ini telah menjadi kenyataan, misalnya saja pada saat ini seseorang yang tengah berada di tengah hutan belantara di pedalaman Kalimantan dapat saja melakukan transaksi dengan rekan bisnisnya yang ada di New York melalui komunikasi dengan telepon satelitnya.

16 TEKNOLOGI INFORMASI Oleh karena itu pemanfaatan teknologi informasi untuk layanan informasi kepada masyarakat merupakan suatu keniscayaan. Sebab layanan informasi di masa sekarang ini tidak akan membuahkan hasil yang maksimal jika tidak didukung oleh teknologi informasi. Inilah kaitan erat antara teknologi informasi dengan layanan informasi bagi masyarakat.

17 TEKNOLOGI INFORMASI Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi, bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain tetapi itu tidak bertahan secara lama karena Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suarajuga terbatas.sejarahbahasa suara

18 TEKNOLOGI INFORMASI Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.gambarzaman purba

19 TEKNOLOGI INFORMASI Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.alfabetangka arabik1943

20 TEKNOLOGI INFORMASI Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, televisi, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.radiotelevisikomputer

21 TEKNOLOGI INFORMASI TI adalah bidang pengelolaan teknologi dan mencakup berbagai bidang yang termasuk tetapi tidak terbatas pada hal-hal seperti proses, perangkat lunak komputer, sistem informasi, perangkat keras komputer, bahasa program, dan data konstruksi. Singkatnya, apa yang membuat data, informasi atau pengetahuan yang dirasakan dalam format visual apapun, melalui setiap mekanisme distribusi multimedia, dianggap bagian dari TI. TI menyediakan bisnis dengan empat set layanan inti untuk membantu menjalankan strategi bisnis: proses bisnis otomatisasi, memberikan informasi, menghubungkan dengan pelanggan, dan alat-alat produktivitas.perangkat lunak komputersistem informasiperangkat keras komputerbahasa program

22 TEKNOLOGI INFORMASI TI melakukan berbagai fungsi (TI Disiplin/Kompetensi) dari meng-instal Aplikasi untuk merancang jaringan komputer danDatabase informasi. Beberapa tugas yang TI lakukan mungkin termasuk manajemen data, jaringan, rekayasa perangkat keras komputer, database dan desain perangkat lunak, serta manajemen dan administrasi sistem secara keseluruhan. Teknologi informasi mulai menyebar lebih jauh dari konvensional komputer pribadi dan teknologi jaringan, dan lebih ke dalam integrasi teknologi lain seperti penggunaan ponsel, televisi, mobil, dan banyak lagi, yang meningkatkan permintaan untuk pekerjaan.Aplikasijaringan komputerDatabaseperangkat keras komputerkomputer pribadi

23 TEKNOLOGI INFORMASI Di masa lalu, para (Dewan Akreditasi untuk Engineering dan Teknologi) dan Asosiasi untuk mesin komputasi telah bekerjasama untuk membentuk akreditasi dan standar kurikulum [4] untuk program degrees di Teknologi Informasi sebagai bidang studi dibandingkan [5] dengan Ilmu Komputer and Sistem Informasi. SIGITE (Special Interest Group for IT Education) [6] adalah kelompok kerja ACM untuk mendefinisikan standar ini. Pendapatan layanan TI di seluruh dunia sebesar $ di tahun 2009.Asosiasi untuk mesin komputasi [4] [5]Ilmu KomputerSistem Informasi [6]

24 KOMPUTER

25 KOMPUTER DEFINISI KOMPUTER “ALAT ELEKTRONIK YANG DAPAT MENERIMA INPUT DATA DAN MENGOLAHNYA MENJADI SUATU INFORMASI YANG DIINGINKAN,DENGAN MENGGUNAKAN SUATU PROGRAM YANG TERSIMPAN DI MEMORINYA, SERTA DAPAT MENYIMPAN PROGRAM DAN HASIL PENGOLAHANNYA, DIMANA BEKERJA SECARA OTOMATIS”

26 KOMPUTER Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.dataproseduraritmatikamatematika

27 KOMPUTER Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputerelektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.kalkulator mekanikabakuselektronikinformasisisteminformasi

28 KOMPUTER Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.Amerika SerikatInggris

29 KOMPUTER jenis Sekalipun demikian, definisi di atas mencakup banyak alat khusus yang hanya bisa memperhitungkan satu atau beberapa fungsi. Ketika mempertimbangkan komputer modern, sifat mereka yang paling penting yang membedakan mereka dari alat menghitung yang lebih awal ialah bahwa, dengan pemrograman yang benar, semua komputer dapat mengemulasi sifat apa pun (meskipun barangkali dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan kecepatan yang berbeda), dan, memang dipercaya bahwa mesin sekarang bisa meniru alat perkomputeran yang akan kita ciptakan pada masa depan (meskipun niscaya lebih lambat). Dalam suatu pengertian, batas kemampuan ini adalah tes yang berguna karena mengenali komputer "maksud umum" dari alat maksud istimewa yang lebih awal. Definisi dari "maksud umum" bisa diformulasikan ke dalam syarat bahwa suatu mesin harus dapat meniru Mesin Turinguniversal. Mesin yang mendapat definisi ini dikenal sebagai Turing-lengkap, dan yang pertama mereka muncul pada tahun 1940 di tengah kesibukan perkembangan di seluruh dunia. Lihat artikel sejarah perkomputeran untuk lebih banyak detail periode ini.pemrogramanmengemulasiMesin TuringTuring-lengkapsejarah perkomputeran

30 KOMPUTER KOMPUTER GENERASI PERTAMA ( ) CIRI-CIRINYA KOMPONEN YANG PERGUNAKAN ADALAH TABUNG HAMPA UDARA (VACUUM TUBE) UNTUK SIRKUITNYA PROGRAM HANYA DAPAT DENGAN BAHASA MESIN CONTOH ASSEMBLER CEPAT PANAS PROSESNYA KURANG CEPAT SIMPANNYA KECIL MEMBUTUHKAN DAYA LISTRIK YANG BESAR ORIENTASINYA TERUTAMA PADA APLIKASI BISNIS CONTOH : UNIVAC 1 ( UNIVERSAL AUTOMATIC COMPUTER), SEAD, G 15, SWAC, UNIAC 1

31 KOMPUTER KOMPUTER GENERASI KEDUA ( ) CIRI-CIRINYA KOMPONEN YANG DIPERGUNAKAN ADALAH TRANSITOR PROGRAM DIBUAT DENGAN BAHASA TINGKAT TINGGI MENGGUNAKAN SIMPANAN LUAR MAGNETIC TAPE DAN MAGNETIC DISK YANG BERBENTUK REMOVABLE DISK MEMBUTUHKAN DAYA LISTRIK LEBIH SEDIKIT MEMPUNYAI KEMAMPUAN REAL-TIME DAN TIME-SHARING UKURAN FISIK KOMPUTER LEBIH KECIL PROSES OPERASI SUDAH CEPAT SAMPAI JUTAAN OPERASI PERDETIK KAPASITAS MEMORI UTAMANYA SUDAH LEBIH BESAR CONTOH : IBM 1401, IBM 7090, ILLIAC-II

32 KOMPUTER KOMPUTER GENERASI KETIGA ( ) CIRI-CIRINYA KOMPONEN YANG DIPERGUNAKAN ADALAH IC (INTEGRATRE CIRCUITS) PENINGKATAN DARI SOFTWARENYA LEBIH CEPAT DAN LEBIH TEPAT UKURAN KECEPATAN SAMPAI DENGAN NANOSECONDS(MILIAR) KAPASITAS MEMORI LEBIH BESAR DAPAT MENYIMPAN RATUSAN JUTAAN KARAKTER MEMBUTUHKAN DAYA LISTRIK YANG LEBIH HEMAT MEMUNGKINKAN UNTUK MELAKUKAN MULTIPROCESSING DAN MULTIPROGRAMMING HARGA SEMAKIN MURAH DARI GENERASI SEBELUMNYA KEMAMPUAN MELAKUKAN KOMUNIKASI DATA DARI SATU KOMPUTER KE KOMPUTER LAIN MISALNYA ALAT KOMUNIKASI TELPON. CONTOH : IBM 390

33 KOMPUTER KOMPUTER GENERASI KEEMPAT (SEJAK 1970) CIRI-CIRINYA MENGGUNAKAN LSI (LARGE SCALE INTERGRATION) ATAU BIPOLAR LARGE SCALE INTEGRATION DIKEMBANGKANNYA KOMPUTER MIKRO YANG MENGGUNAKAN MICROPROCESSOR DAN SEMICONDUKTOR YANG BERBENTUK CHIP UNTUK INTERNAL MEMORY CONTOH : BMC, IBM, APPLE

34 KOMPUTER KOMPUTER GENERASI KELIMA CIRI-CIRINYA MENGGUNAKAN VLSI (VERY LARGE SCALE INTERGRATION) DIKEMBANGKANNYA JOSEPH JUNCTION TEKNOLOGI YANG MEMUNGKINKAN BISA MENGGANTIKAN CHIP YANG DAPAT MEMPROSES TRILIYUNAN OPERASI PERDETIK YANG DIPELOPORI OLEH JEPANG YANG DIKEMBANGKAN OLEH ICOT (INSTITUT FOR NEW COMPUTER TECHNOLOGY) CONTOH : IBM ASCI WHITE ( KECEPATANNYA LEBIH DARI 1,3 TRILYUN )

35 KOMPUTER 3 ASPEK DASAR YANG DAPAT MEMBUAT KOMPUTER DAPAT BEKERJA  HARDWARE  SOFTWARE  BRAINWARE

36 KOMPUTER Komponen Hardware ◦ Central Processing Unit(CPU) ◦ Media Penyimpanan atau Memory ◦ Input Device (Peralatan Input) ◦ Output Device (Peralatan Output) ◦ Communication Device (Peralatan Komunikasi)

37 KOMPUTER Central Processing Unit (CPU) ◦ Komponen CPU :  Control Unit  Arithmatic Logic Unit (ALU)

38 KOMPUTER Machine Cycle (Siklus Mesin) ◦ Fetch ◦ Decode ◦ Execute ◦ Store ◦ Communication Device (Peralatan Komunikasi) Faktor Penentu Kemampuan Prosesor: ◦ System Clock ◦ Bus Width  I/O Bus  Data Bus ◦ Word Size

39 KOMPUTER Jenis Proses : ◦ Serial Processing ◦ Parallel Processing  SIMD (Single Instructin Multiple Data)  MIMD (Multiple Instructin Multiple Data) ◦ Pipeline Processing Tahapan Proses : ◦ Pengambilan instruksi ◦ Penerjamahan instruksi ◦ Ekseskusi instruksi ◦ Penulisan hasil instruksi

40 KOMPUTER Media Penyimpanan (Storage) ◦ Primary Storage  RAM (Random Access Memory)  DRAM (Dynamic RAM)  SRAM (Static RAM)

41 KOMPUTER  EDORAM (Extended Data Out RAM ) 72 pin  SDRAM 168 pin

42 KOMPUTER  ROM (Read Only Memory)  PROM  EPROM  EEPROM

43 KOMPUTER  Circuit Board  SIMM (Single In-line Memory Module)  DIMM (Dual In-line Memory Module)

44 KOMPUTER  Cache Memory (Flash RAM)  Video Memory (VRAM) Video Memory Stick

45 KOMPUTER  Flash Memory ◦ Secondary Storage  Magnetic Storage  Magnetic tape

46 KOMPUTER  Magnetic Disk  Hard Disk  Floppy Disk (Diskette)  Optical Storage Representasi data dalam memori : binary digit

47 KOMPUTER Karakteristik Media Penyimpanan ◦ Kecepatan ◦ Volatility ◦ Metode Akses  Serial Access  Random Access  Paralell Access ◦ Portability ◦ Capacity

48 KOMPUTER Hirarki media penyimpanan memori berdasarkan karakteristiknya :

49 KOMPUTER Perbandingan Primary Storage dan Secondary Storage : ◦ Temporary vs Permanent ◦ Hanya dapat menyimpan data jika komputer nyala vs Dapat menyimpan data jika komputer mati Peralatan Input (Input Device) ◦ Keyboard

50 KOMPUTER ◦ Pointing Device  Mouse  Trackball  Joystick

51 KOMPUTER ◦ Terminal  Dumb terminal  ATM  Point of SalesTerminal

52 KOMPUTER Optical Reading Device (scanner) ◦ Barcode Reader ◦ Handprint Reader ◦ Image Scanner

53 KOMPUTER Peralatan Output (Output Device) ◦ Visual Display (Monitor) ◦ Printer  Impact Printer : dot matrix printer  Non Impact Printer : inkjet printer

54 KOMPUTER ◦ Plotters ◦ Computer Output Microfilm (COM) ◦ Audio Response Unit (ARU) Voice Output Device dalam bentuk Flash Memory

55 KOMPUTER Peralatan Komunikasi (Communication Device) ◦ Modem (Modulation Demodulation)  External vs Internal Modem  Smart Modem  Fax modem

56 KOMPUTER Sistem Operasi - Pengertian - Fungsi - Contoh sistem operasi - Penjelasan

57 KOMPUTER Sistem Perangkat Lunak ◦ System Control Programs ◦ System Support Program  System Utility Program  System Performance Monitor  System Security Monitor Jenis Aplikasi Perangkat Lunak ◦ Proprietary Application Software ◦ Off the shelf Application Software

58 KOMPUTER Permasalahan Software ◦ Pemilihan dan Penilaian Software ◦ Software Licensing ◦ Software Upgrades ◦ Open Systems ◦ Open Source Software Bahasa Pemrograman ◦ Bahasa Mesin (Machine Language) ◦ Bahasa Rakitan (Assembly Language) ◦ Bahasa Prosedural (Procedural Language) ◦ Bahasa tidak Prosedural / terprosedure (Nonprocedural Language)

59 KOMPUTER ◦ Bahasa Pemrograman Natural (Natural Language) ◦ Bahasa Pemrograman Virtual ◦ HTML (Hypertext Markup Language) ◦ Extensible Markup Language (XML) ◦ Componentware ◦ Virtual Reality Modeling Object ◦ Bahasa Pemrograman Object Oriented

60 KOMPUTER ◦ Bahasa Pemrograman Natural (Natural Language) ◦ Bahasa Pemrograman Virtual ◦ HTML (Hypertext Markup Language) ◦ Extensible Markup Language (XML) ◦ Componentware ◦ Virtual Reality Modeling Object ◦ Bahasa Pemrograman Object Oriented

61 KOMPUTER Data Data adalah fakta-fakta mentah atau deskripsi-deskripsi dasar dari hal, event, aktivitas, dan traksaksi yang ditangkap, direkam, disimpan, diklasifikasikan, tetapi tidak diorganisasikan untuk tujuan spesifik tertentu. Contoh data antara lain terdiri dari saldo bank, atau jumlah jam pekerja yang bekerja dalam periode pembayaran.

62 KOMPUTER Informasi Informasi adalah sekumpulan fakta (data) yang diorganisir dengan cara tertentu sehingga mereka mempunyai arti bagi si penerima. Sebagai contoh, bila kita memasukkan nama-nama murid dengan nilai rata-rata, nama-nama konsumen dengan saldo bank, jumlah gaji dengna jumlah jam bekerja, kita akan mendapatkan informasi yang berguna. Dengan kata lain, informasi datang dari data yang akan diproses.

63 KOMPUTER Pengetahuan Pengetahuan terdiri dari informasi yang sudah diorganisasikan dan diproses untuk memperoleh pemahaman, pengalaman, pembelajaran yang terakumulasi, sehingga dapat diaplikasikan dalam masalah atau proses bisnis tertentu. Pengetahuan dapat juga diartikan sebagai informasi yang diproses untuk mengekstrak implikasi kritis dan merefleksikan pengalaman masa lampau menyediakan penerima dengan pengetahuan yang terorganisasi dengan nilai yang tinggi.

64 KOMPUTER Pengorganisasian Data dan Informasi (cont.) Hirarki Data ◦ Bits ◦ Fields ◦ Record Metode Akses Record : ◦ Index Sequential Access Method(ISAM) ◦ Direct File Access Method File ◦ Permasalahan Pendekatan File  Data redundancy (Duplikasi)  Data inconsistency (Data tidak Konsisten)  Data Isolasion (Pemisahan)  Data Integrity  Aplikasi/data berdiri sendiri (independence)

65 KOMPUTER Pengorganisasian Data dan Informasi (cont.) Pendekatan Modern : Basis Data ◦ Data Terpusat (Centralized Database) ◦ Data Terdistribusi (Distributed Database)  Replicated Database  Partitioned Database Pembuatan Basis Data ◦ Entity Relationship (ER) Modeling  Entity Classes  Instance  Identifier  Relationship

66 KOMPUTER Pengorganisasian Data dan Informasi (cont.) Database Manajemen System (DBMS) ◦ Model Data ◦ Data Definition Language (DDL) ◦ Data Manipulation Language (DML) ◦ Data Dictionary (Kamus Data) Logical Data Model ◦ Model Basis Data Hirarki (Hierarchical Database Model) ◦ Model Basis Data Jaringan (Network Database Model) ◦ Model Basis Data Relasi (Relational Database Model)

67 KOMPUTER Pengorganisasian Data dan Informasi (cont.) Gudang Data (Data Warehouse) ◦ Multidimensinal Data Model ◦ Data Mart ◦ Data Mining ◦ Text Mining

68 Telekomunikasi dan Jaringan Sistem Telekomunikasi ◦ Perangkat Keras ◦ Media Komunikasi ◦ Jaringan Komunikasi ◦ Perangkat Lunak Komunikasi ◦ Penyedia Komunikasi Data ◦ Protokol Komunikasi ◦ Aplikasi Komunikasi Dua Sisi Sistem Telekomunikasi ◦ Pengirim Informasi (Tansmitter of Information) ◦ Penerima Informasi (Receiver of Information)

69 Telekomunikasi dan Jaringan (cont.) Fungsi Sistem Telekomunikasi Media Telekomunikasi ◦ Sinyal Analog ◦ Sinyal Digital Prosesor Komunikasi (Communication Processor) ◦ Modem ◦ Multiplexer ◦ Front-end Processor

70 Telekomunikasi dan Jaringan (cont.) Channel dan Media Komunikasi ◦ Media Kabel (Cable Media)  Twisted Pair Wire  Kabel Koaksial  Kabel Fiber optic  Radio Selular  Infra Red ◦ Media Penyaringan (Broadcast Media)  Microwave Transmission  Satellite Transmission  Radio

71 Telekomunikasi dan Jaringan (cont.) Karakter Media Komunikasi ◦ Kecepatan Pengiriman ◦ Cara Pengiriman (Transmission Mode)  Asynchronous  Synchronous ◦ Ketepatan Pengiriman (Transmission Accuracy) ◦ Pengangkut dan Pelayanan Telekomunikasi (Tellecomunication Carriers and Services)  Switched and Dedicated Lines  Wide-Area Telecomunication (WATS)  Telepon dan Layanan Hubungan Telepon (Telephone and Dialing Services)

72 Telekomunikasi dan Jaringan (cont.)  Layanan Yang Terintegrasi Jaringan Digital (Integrated Services Digital Network / ISDN)  Jalur Langganan Digital (Digital Subscriber Line) Jaringan ◦ Jaringan Area Lokal (Local Area Network / LAN)  Wireless Local Area Networks (WLANs)  Teknologi Bluetooth  Private Branch Excanges (PBX) ◦ Wide Area Networks  Value Added Networks  Virtual Private Networks (VPNs)

73 Telekomunikasi dan Jaringan (cont.) Sistem Operasi Jaringan ◦ Perangkat Lunak Manajemen Jaringan ◦ Protokol  Ethernet  TCP/IP  Komunikasi diantara Protocol ◦ Tipe Transmisi Data  Packet Switching  Frame Relay  FDDI  ATM  dan lain-lain

74 Telekomunikasi dan Jaringan (cont.) Proses Terdistribusi ◦ Terminal to Host processing ◦ File Server Processing ◦ Server Architecture and Processing  Distributed Presentation  Remote Presentation  Remote Data Management  Distributed Data Management ◦ Pengolahan Peer-to-peer

75 Telekomunikasi dan Jaringan (cont.) Aplikasi Telekomunikasi ◦ Pesan Elektronik ◦ Videoconferencing ◦ Pertukaran Data Elektronik (Electronic Data Interchange / EDI) ◦ Transfer Dana Elektronik (Electronic Fund Transfer/ EFT) ◦ Facsimiles ◦ Telecommuting ◦ Distance Learning

76 INTERNET Internet (kependekan dari interconnection-networking) secara harfiah ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakaninternetworking.harfiahkomputerTCPIP

77 INTERNET internet (interconnected computer networks) bisa didefinisikan network komputer tiada batas yang menjadi penghubung pengguna komputer dengan pengguna komputer lainnya serta dapat berhubungan dengan komputer di sebuah wilayah ke wilayah di penjuru dunia, dimana di dalam jaringan tersebut mempunyai berbagai macam informasi serta fasilitas layanan internet browsing atau surfing. Istilah ini lebih dikenal dengan “online” di internet. Pekerjaan ini bisa di ibaratkan seperti kita berjalan-jalan di tempat hiburan sembari melihat- lihat ke toko-toko namun tidak membeli jualan tersebut.

78 INTERNET Lalu, apa hubungan internet dengan komputer dan jaringan? Sebenarnya, internet merupakan jaringan komputer pula. Bila jaringan komputer di sekolahmu hanya meliputi seluruh komputer yang ada di sekolah, maka internet merupakan jaringan komputerkomputer yang ada di seluruh dunia. Jaringan internet dibentuk oleh ribuan bahkan jutaan jaringan komputer yang saling terhubung membentuk satu jaringan raksasa yang meliputi seluruh penjuru bumi. Istilah internet berasal dari kata interconnected networking, yaitu jaringan yang saling terhubung. Dalam situs Wikipedia (en.wikipedia.org), internet diartikan sebagai sistem jaringan yang saling terhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket data. Tidak ada yang tahu persis berapa jumlah komputer yang terhubung ke internet. Yang pasti, jumlahnya jutaan atau bahkan milyaran, dan setiap waktu terus bertambah.

79 INTERNET

80 INTERNET

81 INTERNET Komputer yang terhubung ke internet dapat kamu gunakan untuk berkomunikasi dan saling tukar menukar data atau informasi dengan pengguna internet yang lain. Dalam perkembangannya, tidak hanya komputer yang dapat disambung ke internet. Telepon genggam, satelit komunikasi, kamera video, pemutar musik dan video, dan berbagai peralatan lain dapat disambungkan ke internet. Mula-mula sebagai sarana penghubung antarkomputer digunakan kabel tembaga. Saat ini media yang digunakan lebih beragam, seperti menggunakan kabel serat optik, lewat kabel listrik PLN, dan yang terus dikembangkan adalah koneksi tanpa kabel menggunakan gelombang elektromagnetik. Contohnya menggunakan koneksi wifi yang dipancarkan dari hotspot (terminal untuk mengakses internet tanpa kabel).

82 INTERNET Secara fisik, internet hanyalah jaringan komputer. Apa maksudnya? Kalau komputerkomputer hanya terhubung begitu saja, tentu tidak banyak memberi manfaat. Kenyataannya, pada ahli telah membuat berbagai aplikasi yang dapat dijalankan melalui internet. Melalui aplikasi ini, internet dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Contohnya adalah mengakses informasi dari halaman web, membaca berita-berita terbaru, mengirimkan surat elektronik ( ), chatting, berbagi kartu ucapan, berbagi file musik dan rekaman video, berbelanja online (dilakukan melalui koneksi internet), menikmati siaran televisi dan radio online, main game online, konferensi jarak jauh, dan masih banyak yang lain.

83 INTERNET Jaringan internet tidak dibatasi oleh negara. Artinya pengguna dari negara mana saja berhak untuk saling bertukar informasi dan memberdayakan informasi yang ada di internet. Internet tidak ada yang memiliki sehingga tidak ada kontrol atau kendali secara terpusat. Namun demikian ada badan/lembaga yang mengatur berbagai standar dan pendataan untuk melaksanakan koneksi internet.

84 INTERNET Ada internet, ada pula intranet dan ekstranet. Apa itu intranet dan ekstranet? Intranet juga merupakan jaringan komputer. Bedanya, bila internet merupakan jaringan komputer dengan skala global, maka intranet merupakan jaringan komputer dengan cakupan wilayah yang terbatas. Menurut situs Wikipedia (en.wikipedia.org), intranet adalah sebuah jaringan komputer dalam jangkauan terbatas (privat), yang menggunakan protokol-protokol internet (TCP/IP) untuk membagi informasi internal suatu sistem organisasi kepada anggotanya. Singkatnya, intranet menggunakan sarana komunikasi dan aplikasi seperti internet, namun dalam cakupan yang terbatas.

85 INTERNET MANFAAT Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet.Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet: 1. Informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial. 2. Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu. Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia.

86 INTERNET Fungsi internet Secara umum, adda beberapa hal pokok yang biasa dilakukan di internet, yaitu : a. Memperoleh informasi b. Berkirim-kiriman surat c. Chatting d. Melakukan transaksi dagang e. Berdiskusi f. Memasang iklan baris

87 INTERNET Alamat Website setiap website di internet mempunyai alamat tertentu biasanya alamat website mempunyai hubungan denagn lembaga atau organisasi pemilik website tersebut. Sebuah alamat website merupakan kombinasi dari protokoll yang digunakan, nama host, dan nama domain. Nama domain sendiri dapat terdiri dari perusahaan atau nama website beserta kode kode yang menjelaskan asal dan bentuk organisasi dari pemilik website tersebt

88 INTERNET Web Site atau Situs Pengertian Web Site atau Situs Situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi, gambar gerak, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan link-link. World Wide Web ◦ Browser Penyaring Informasi ◦ Offline BrowserWeb Authoring ◦ Mesin Pencari (Search Engine)Personalized Web Service ◦ Push TechnologyClipping Services

89 INTERNET Pemeliharaan Web Site atau Situs Untuk mendukung kelanjutan dari situs diperlukan pemeliharaan setiap waktu sesuai yang diinginkan seperti penambahan informasi, berita, artikel, link, gambar atau lain sebagainya. Tanpa pemeliharaan yang baik situs akan terkesan membosankan atau monoton juga akan segera ditinggal pengunjung.Pemeliharaan situs dapat dilakukan per periode tertentu seperti tiap hari, tiap minggu atau tiap bulan sekali secara rutin atau secara periodik saja tergantung kebutuhan(tidak rutin). Pemeliharaan rutin biasanya dipakai oleh situs-situs berita, penyedia artikel, organisasi atau lembaga pemerintah. Sedangkan pemeliharaan periodik bisanya untuk situs- situs pribadi, penjualan/e-commerce, dan lain sebagainya.

90 INTERNET BUDAYA INTERNET Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrem.mesin pencariGoogle Perkembangan Internet juga telah memengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.e-commerce Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e- government seperti di kabupaten Sragen yang mana ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan Internet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur birokrasi, sehingga warga di daerah terebut sangat di untungkan demikian para pegawai negeri sipil dapat pula di tingkatkan kesejahterannya karena pemasukan daerah meningkat tajam.e- government

91 INTERNET Sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket.Nettiquettenetiket Untuk di Indonesia selain tata tertib sosial di Internet juga diberlakukan peraturan (UU ITE). Netiquette merupakan Etika dalam menggunakan Internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet.EtikaInternetkomunitasaturan Sebenarnya Nettiquette in adalah hal yang umum dan biasa, sama hal nya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka.

92 INTERNET Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah: Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewallkomputerfirewall Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi anda. dan anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya. dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu,: a. jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.b. jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalkan melakukan kejahatan pencurian no kartu kreditc. jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.d. jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.e. jangan flamming (memanas-manasi), trolling (keluar dari topik pembicaraan) ataupun junking (memasang post yang tidak berguna) saat berforum.

93 INTERNET Layanan yang Disediakan oleh Internet : ◦ Layanan Komunikasi   USENET Newsgroup(Forums)  LISTSERV  Chatting  Instant Messaging  Telnet  Internet Telephony  Internet Fax  Streaming Audio dan Video  Real-time Audio dan Video

94 INTERNET AKSES INTERNET Negara dengan akses Internet yang terbaik termasuk Korea Selatan (50% daripada penduduknya mempunyai akses jalurlebar - Broadband), danSwedia. Terdapat dua bentuk akses Internet yang umum, yaitu dial-up, dan jalurlebar. Di Indonesia, seperti negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC sudah cukup tinggi dengan didukungnya Internet murah dan netbook murah, hanya saja di Indonesia operator kurang adil dalam menentukan harga dan bahkan ada salah satu operator yang sengaja membuat "jebakan" agar pengguna Internet tersebut membayar lebih mahal. Lainnya sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas Public Internet Access seperti warnet, cybercafe, hotspot dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses Internet adalah di kampus dan di kantor.Korea SelatanSwediadial-upjalurlebarwarnet

95 INTERNET Disamping menggunakan PC (Personal Computer), kita juga dapat mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Pengaturan GPRS pada ponsel tergantung dari operator yang digunakan. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobyte) yang diunduh.

96 INTERNET Layanan yang Disediakan oleh Internet : ◦ Layanan Komunikasi   USENET Newsgroup(Forums)  LISTSERV  Chatting  Instant Messaging  Telnet  Internet Telephony  Internet Fax  Streaming Audio dan Video  Real-time Audio dan Video

97 INTERNET ◦ Layanan Perolehan Informasi (Information Retrieval Services)  File Transfer Protocol (FTP)  Archie  Gophers  Veronica (Very Easy Rodent Oriental Netwide Index to Computer)  Wide Area Information Server (WAIS)  Web Services

98 KESIMPULAN Dapat disimpulkan bahwa pada zaman dahulu bekomunikasi sangat sulit, berbeda dengan zaman sekarang ini. Perkembangan teknologi komunikasi sangat pesat dan sangat mudah. Hampir semua orang sekarang dapat berkomunikasidengan cepat dan mudah. Sesuai dengan perkembangan zaman teknologi komunikasi semakin berkembang dan terus berkembang.

99 SARAN Dalam kesempatan kali ini, kami hanya dapat menyerahkan bahwa pergunakanlah teknologi dengan sebaiknya, jangan pergunakan untuk berbuat jahat dan merusak moral anak bangsa. Adanya lab komputer di sekolah untuk praktek TIK, agar pelajar bisa lebih memahami tentang teknologi informasi yang mendalam dan khususnya pelajaran TIK karena sekarang hanya banyak materi yang membuat pelajar tidak mengerti.

100 DAFTAR PUSTAKA pembelajaran/ pembelajaran/ q=komputer+generasi+ketiga+dalam+bentuk+power+point&spell=1&bav=on.2,or.r_gc.r_pw.r_qf.,cf.osb&fp=93d9 9ac811d5ed06 q=komputer+generasi+ketiga+dalam+bentuk+power+point&spell=1&bav=on.2,or.r_gc.r_pw.r_qf.,cf.osb&fp=93d9 9ac811d5ed06


Download ppt "TEKNOLOGI INFORMASI Disusun oleh :. PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google