Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TCP Socket Programmning  Pengertian Socket  Tipe Socket  Function Socket TCP.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TCP Socket Programmning  Pengertian Socket  Tipe Socket  Function Socket TCP."— Transcript presentasi:

1 TCP Socket Programmning  Pengertian Socket  Tipe Socket  Function Socket TCP

2 Socket Soket merupakan fasilitas IPC (Inter Proses Communication) untuk aplikasi jaringan. Agar suatu soket dapat berkomunikasi dengan soket lainnyanya, maka soket butuh diberi suatu alamat unik sebagai identifikasi. Alamat soket terdiri atas Alamat IP dan Nomer Port. Contoh alamat soket adalah : 3000, dimana nomer 3000 adalah nomer portnya. Alamat IP dapat menggunakan alamat Jaringan Lokal (LAN) maupun alamat internet. Jadi soket dapat digunakan untuk IPC pada LAN maupun Internet.

3

4 Socket to Socket Communication

5 Operasi Socket Socket dapat melakukan operasi: – Koneksi ke mesin remote – Mengirim data – Menerima data – Menutup koneksi – Bind to a port – Listen pada data yang masuk – Menerima koneksi dari mesin remote pada port tertentu Di tiap mesin yang saling berinterkoneksi, harus terpasang socket.

6 Tipe Socket TCP stream communication  Komunikasi yang berorientasi koneksi (Connection oriented communication).  TCP akan membuat setup koneksi dengan soket tujuan terlebih dulu. Setelah koneksi terbentuk, tidak dibutuhkan mengirimkan informasi soket pengirim tiap kali data dikirimkan.  TCP tidak memiliki batasan ini karena data-datadikirimkan sebagai aliran data (stream). TCP akan memecah data yang besar menjadi sejumlah paket data berukuran kecil dan diberi nomer urut.  TCP adalah protocol yangreliable yang senantiasa menunggu konfirmasi dari pihak soket penerima, dan kalau perlu paket data yang hilang akan dikirimkan kembali. UDP datagram communication  Komunikasi tak berkoneksi (connectionless communication)  Setiap kali suatu paket data dikirim, informasi soket pengirim dan alamat soket tujuan turut dikirimkan.  Memiliki batasan ukuran datagram (paket data) yang dikirimkan sebesar 64 kb.  UDP merupakan protocol yang unreliable (tidak handal). Ketika paket data dikirimkan, UDP tidak mengecek kembali apakah data yang dikirim sampai tujuan. Jadi dengan UDP tidak ada kepastian bagi sisi pengirim bahwa datanya sudah sampai ke tujuan dengan keadaan baik.

7 Fungsi Socket TCP

8 Socket Function int socket (int family, int type, int protocol) Family AF_INET: IPv4 protocols AF_INET6: IPv6 protocols AF_LOCAL: UNIX socket AF_ROUTE: Routing socket Type SOCK_STREAM: Stream (TCP) socket SOCK_DGARM: Datagram (UDP) socket SOCK_RAW: Raw (IP) socket

9 Server Function  Bind Function Digunakan untuk membuka port komunikasi int bind()  Listen Function Digunakan untuk menunggu koneksi socket int listen()  Accept Function Digunakan untuk menerima koneksi socket int accept()

10 Client Function  Connect Function Digunakan pada pihak client, untuk mengadakan koneksi ke server. int connect ( )  Send Digunakan untuk mengirimkan data. int send ( )  Receive Function Digunakan untuk menerima data int recv ( )


Download ppt "TCP Socket Programmning  Pengertian Socket  Tipe Socket  Function Socket TCP."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google