Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TREN TIK Perkembangan Printer dari Masa ke Masa. KELOMPOK 1.Muhammad Adnin Anhar (4112100095) 2.Rhesa Xylon M. M.(4112100101) 3.M. Dzaky Bestari(4113100057)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TREN TIK Perkembangan Printer dari Masa ke Masa. KELOMPOK 1.Muhammad Adnin Anhar (4112100095) 2.Rhesa Xylon M. M.(4112100101) 3.M. Dzaky Bestari(4113100057)"— Transcript presentasi:

1 TREN TIK Perkembangan Printer dari Masa ke Masa

2 KELOMPOK 1.Muhammad Adnin Anhar ( ) 2.Rhesa Xylon M. M.( ) 3.M. Dzaky Bestari( ) 4.Niko Andreas Sihombing( )

3 SEJARAH PRINTER Di awal tahun 1950-an, terjadi perkembangan budaya yang sangat pesat di Eropa yang menimbulkan kebutuhan akan proses produksi dokumen tulisan yang cepat dan murah. Adalah Johannes Guternberg, seorang tukang emas dan usahawan asal Jerman, yang berhasil mengembangkan teknologi mesin cetak yang telah mengubah tehnik mencetak secara revolusioner.

4 PRINTER DOT MATRIX Printer dot matrix merupakan printer yang paling dapat diandalkan dari segi hasil dan harganya. Pada tahun 1990 mulai muncul printer dot matrix yang mendukung koneksi ke komputer menggunakan port USB. Keuntungan printer dot matrix adalah harga cetaknya yang murah dan bisa mencetak pada kertas yang dapat menyalin apa yang dicetak di depannya pada kertas-kertas di belakangnya seperti yang dewasa ini sering kita lihat di supermarket-supermarket. Kerugiannya, printer ini berisik dan terbatas kualitas cetaknya.

5 INKJET PRINTER Inkjet printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer.

6 LASER PRINTER Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal.

7 PRINTER 3D  Menggunakan teknik Stereolithography (SLA) yaitu menambahkan layer terus menerus pada bahan photopolymer menuju keatas.  Photopolymer adalah liquid (cairan) dan akan mengeras ketika liquid tersebut terkena sinar ultraviolet.  Hasil yang di dapat langsung berupa benda 3 dimensi

8

9 PRINTER 3D E:\videoplayback.FLV

10  RESOLUSI CETAK Pengertian resolusi pada printer adalah kemampuan printer dalam menciptakan jumlah titik dalam satu inchi persegi. Misalnya : resolusi 720x 720 dpi (dot per inch) berarti printer tersebut dapat membuat 720 titik per 1 inchi vertical dan 720 titik per 1 inchi horizontal. JENIS- JENIS PRINTER  KECEPATAN Kecepatan printer dinyatakan dalam PPM (Page Per Minute). Semakin cepat dan semakin tajam tampilan yang dihasilkan, harga printer itupun semakin mahal. Kecepatan sebuah printer bergantung pada memori yang terdapat di mainboard dan jenis media pencetaknya.

11 MEDIA PENCETAK 1.PITA PPita digunakan sebagai media pencetak pada printer dot matrik. Printer jenis ini biasanya menggunakan head dengan system kerja menitikkan jarum-jarum sesuai dengan tampilan yang akan dicetak. Head jenis ini disebut dot matrik, karena jarum yang membentuk matrik berupa titik mengikuti hasil yang akan dicetak. Head terdiri dari 9 pin dan 24 pin. Pin tersebut adalah jarum yang tersedia dalam head. Semakin banyak jarum yang ada (24 pin) semakin bagus hasil cetak. TTermasuk printer jenis ini seperti Epson LX-800, Epson LQ 2170, dll

12 2.TINTA Printer jenis ini menggunakan tinta sebagai media pencetaknya. Head yang digunakan adalah jenis head yang mengatur keluarnya tinta sesuai dengan hasil cetakan. Head jenis ini biasa disebut cartridge. Termasuk printer jenis ini adalah printer inkjet, deskjet (produk HP) dan bublejet (Produk Canon).

13 3.TONER Printer jenis ini menggunakan toner sebagai media cetaknya. Toner adalah bubuk yang digunakan sebagai pencetak dengan cara di “taburkan” pada media cetak (seperti kertas) sesuai dengan hasil yang akan dicetak, lalu dipanaskan menggunakan cahaya. Prinsip kerja seperti ini juga dilakukan oleh mesin foto copy. Termasuk printer jenis ini adalah Printer HP laserjet 6L, dll.

14 BERDASARKAN JENIS MEDIA CETAK 1.KERTAS Kertas adalah media cetak yang umum digunakan adalah kertas. Kertas dipergunakan hampir untuk semua kebutuhan pencetakan skripsi, karya tulis dan pekerjaan kantor. Hampir semua jenis printer mengkondisikan kertas sebagai media cetaknya.

15 2.PHOTO PRINTING Berkembangnya teknologi, menuntut perkembangan dalam teknologi printing untuk pemakaian perumahan. Untuk hasil yang lebih baik, sebuah photo printing, biasanya menggunakan 5 buah tinta, yaitu, Black, Cyan, Magenta, Light Cyan, dan light Magenta 3.KAIN & MEDIA RUANG LUAR Teknologi ini dikenal dengan digital printing. Biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan periklanan atau advertising sebagai media ruang luar, termasuk di dalamnya penggunaan untuk spanduk, reklame, dll.

16 PRINTER  Printer yang kita maksud disini adalah printer yang umum kita gunakan dan juga dipergunakan di kantor-kantor dan sekolah-sekolah. Umumnya printer menggunakan kertas dengan ukuran folio, A4, dan paling besar yang digunakan adalah double folio atau A3. PLOTTER  Plotter adalah printer yang mampu melakukan cetak dengan ukuran yang besar, biasanya bias mencetak sampai ukuran lebar A0 dengan panjang yang jauh lebih besar lagi. Plotter ini sering digunakan untuk pembuatan spanduk dan media ruang luar (reklame). BERDASARKAN UKURAN MEDIA CETAK

17 KONSEP PRINTER MASA DEPAN Printer Pencil 1 Printer Pencil 2 Printer dengan colored pens Printer dengan ampas kopi dan teh STICKPOP PRINTER IS ULTRA-PORTABLE PrePeat Rewritable Printer Tanpa Tinta Mini Giant: Crawling Robotic Large-Scale Printer Self-Replicating 3D Printer PRINTER ROAD

18 PRINTER INKJET

19 PRINTER LASER

20 PRINTER PENCIL

21 PRINTER DENGAN COLORED PENS PRINTER DENGAN AMPAS KOPI DAN TEH

22 STICKPOP PRINTER IS ULTRA-PORTABLE PrePeat Rewritable Printer Tanpa Tinta

23 MINI GIANT: CRAWLING ROBOTIC LARGE-SCALE PRINTER ROAD PRINTER

24 SELF-REPLICATING 3D PRINTER

25 THANK YOU


Download ppt "TREN TIK Perkembangan Printer dari Masa ke Masa. KELOMPOK 1.Muhammad Adnin Anhar (4112100095) 2.Rhesa Xylon M. M.(4112100101) 3.M. Dzaky Bestari(4113100057)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google