Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HUKUM INTERNASIONAL. Pengertian Pengertian: Hukum internasional (HI): sekumpulan hukum yang sebagian besar terdiri dari asas-2 dan peraturan-2 tingkah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HUKUM INTERNASIONAL. Pengertian Pengertian: Hukum internasional (HI): sekumpulan hukum yang sebagian besar terdiri dari asas-2 dan peraturan-2 tingkah."— Transcript presentasi:

1 HUKUM INTERNASIONAL

2 Pengertian Pengertian: Hukum internasional (HI): sekumpulan hukum yang sebagian besar terdiri dari asas-2 dan peraturan-2 tingkah laku yang mengikat negara-2, dan karena itu ditaati dalam hubungan negara-2 (J.G. Starke). HI  peraturan-2 hukum mengenai pelaksanaan fungsi lembaga-2 dan organisasi-2 internasional; hubungan antar lembaga-2 dan organisasi internasional serta hubungannya dengan negara-2 dan individu-2; dan  peraturan-2 hukum tertentu mengenai individu-2 dan kesatuan-2 bukan negara, sepanjang hak-2 atau kewajiban-2 dan kesatuan itu merupakan masalah persekutuan internasional (international community).

3 Pengertian (lanjutan) HI: hukum yang mengatur tatanan dari masyarakat internasional dan hubungan-2 hukum antara para anggota dari masyarakat itu yang satu dengan yang lainnya. HI: hukum yang mengatur hubungan-2 antar negara-2

4 SIFAT HAKEKAT MENGIKATNYA HI Masalah: Subyek hukum Sifat mengikatnya Sifat: Aliran I – HI merupakan hukum, jadi mengikat. Aliran II – HI bukan hukum karena tidak ada pembentuknya, yang menjalankannya dan tidak ada sanksinya Subyek: Negara, gabungan negara-2 Individu Tahta suci (Vatikan) Organisasi-2 internasional

5 SUMBER HUKUM INTERNASIONAL 1.Traktat (international convention) 2.Kebiasaan-2 internasional (international custom) yang diakui sebagai hukum 3.Asas hukum yang umum (general principle of law) yang diakui oleh bangsa-2 yang beradab (civilized nations) 4.Yurisprudensi internasional 5.Doktrin

6 ASAS-ASAS HUKUM INTERNASIONAL Asas kedaulatan negara Asas resiprositas Asas itikad baik (good faith) Asas Courtesy Asas Rebus Sic Stantibus Egality Right Dll.

7 DASAR BERLAKUNYA HUKUM INTERNASIONAL ALIRAN PERTAMA: Hukum internasional berlaku karena negara-2 peserta mentaati perjanjian yang mereka buat: asas pacta sun servanda ALIRAN KEDUA: Hukum internasional mempunyai derajad yang lebih tinggi dari hukum nasional  asas primat hukum internasional

8 HUKUM PIDANA INTERNASIONAL Diatur dengan Bilateral Agreement Atau Konvensi Internasional: “Protokol PBB untuk mencegah, menekan dan menghukum pelaku trafficking terhadap manusia, khususnya perempuan dan anak” sebagai pelengkap konvensi PBB tentang “Kejahatan terorganisir antar negara” (November 2000)

9 ALAT PERLENGKAPAN UNO (PBB) 1.General Asembly 2.Security Council 3.Economic and Social Council dalam melaksnakan tugasnya dibantu oleh commissions (functional/regional) 4.Trusteeship Council 5.International Court of Justice 6.Secretariat

10 Commissions Functional commissions 1.Economic & employment 2.Transport & communication 3.Statistical 4.Human rights 5.Social 6.Status of women 7.Narcotic drugs 8.Fiscal 9.Population Regional commissions 1.Economic Com. for Europe 2.Economic Commission for Asia & Far East 3.Economic Commission for Latin America Specialized Agencies 1.ILO 2.FAO 3.UNESCO 4.UNIFEM, dll.

11 Organisasi-2 internasional yang lain 1.Economic Union of Belgium, Luxembourg, Netherlands (Benelux) 2.North Atlantic Treaty Organisation (Nato) 3.League of the Arab States 4.Dll.


Download ppt "HUKUM INTERNASIONAL. Pengertian Pengertian: Hukum internasional (HI): sekumpulan hukum yang sebagian besar terdiri dari asas-2 dan peraturan-2 tingkah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google