Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

JACK WELCH : THE GE WAYS FREDERIK MEYER (1453005) NOVITA SUTIKNO (1453006) NENDI MULYADI (1453008) DESI NATALIA (1453010) NATHANAEL KURNIAWAN (1453019)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "JACK WELCH : THE GE WAYS FREDERIK MEYER (1453005) NOVITA SUTIKNO (1453006) NENDI MULYADI (1453008) DESI NATALIA (1453010) NATHANAEL KURNIAWAN (1453019)"— Transcript presentasi:

1 JACK WELCH : THE GE WAYS FREDERIK MEYER ( ) NOVITA SUTIKNO ( ) NENDI MULYADI ( ) DESI NATALIA ( ) NATHANAEL KURNIAWAN ( ) VINCENT WONG ( )

2

3 1. BERTINDAK SEBAGAI PEMIMPIN, BUKAN MANAJER Ide Utama Secara Umum manajer berpikir bahwa peran utama mereka adalah mensupervisi karyawan. Tetapi Jack berpikir bahwa pemimpin lebih dibutuhkan daripada seorang manajer. Pemimpin ialah seseorang yang menginspirasi rekan kerja dengan visi bagaimana caranya untuk berkembang.

4 Supporting Ideas Karakteristik seorang pemimpin yang baik menurut Jack adalah : 1.Pemimpin menginspirasi rekan kerja mereka, terlebih menyemangati mereka untuk berkinerja lebih baik dari hari kemarin. 2.Pemimpin membuat segalanya lebih sederhana dengan bertanya langsung kepada inti permasalahan. 3.Pemimpin memberi energi dan semangat serta mengontrol karyawan dengan menggunakan nilai perusahaan dan budaya perusahaan. 4.Pemimpin harus menghadapi kenyataan dan bertindak dengan tegas.

5 5.Pemimpin senang akan perubahan dan secara sadar merubah lingkungan persaingan dengan berfokus pada kualitas dan jasa. 6.Pemimpin berbicara langsung dengan bertatap muka bukan dengan memo atau lainnya. 7.Pemimpin selalu mengingatkan akan tema penting saat bertemu dengan rekan kerja dan mereka mengulang pesan yang sama.

6 2.MEMBANGUN PERUSAHAAN PEMIMPIN PASAR Main Idea GE telah membuat atmosfir bisnis yang tidak formal dan terbuka akan perusahaan pemimpin pasar. Kompetensi utama GE terletak pada budaya dimana GE terlihat seperti kumpulan lab bisnis yang didalamnya terjadi pertukaran ide, sumber dana, dan manajerial yang tanpa batas dimana satu karyawan dapat belajar dari karyawan lain atau dari orang lain yang kuat di bidangnya. Supporting Ideas Jack dalam menjalankan GE menetapkan target untuk menjadi perusahaan no 1 atau 2 dalam pasar jika tidak maka perusahaan tersebut akan dijual atau ditutup, dimana dari ratusan anak perusahaan GE, Jack hanya memilih 15 perusahaan yang ditampilkan di bawah ini.

7 Selain itu jack juga menyarankan untuk melihat kesempatan untuk membuat kejutan sehingga kompetitor akan kehilangan keseimbangan pasar yang ada. Selain itu untuk pertumbuhan dimasa mendatang perlu melakukan : 1.Mempekerjakan manajer yang terampil dan memberi mereka ruang untuk melakukan bisnis mereka secara mandiri. 2.Berfokus pada filosofi manajemen yang baik daripada hanya berfokus pada angka- angka. 3.Membuat budaya pembelajaran dimana GE terus mencari ide terbaik dan mengimplementasikannya tidak peduli dari mana ide tersebut berasal.

8 3.MEMBUAT ORGANISASI TANPA BATASLK Main Idea Untuk bertahan dalam dunia kompetisi, sebuah perusahaan yang besar harus : - Lebih Ramping - Lebih Lincah - Berpikir layaknya perusahaan yang kecil Supporting Ideas Perusahaan yang kecil dan ramping memiliki keunggulan kompetitif yang besar yaitu : 1.Mereka berkomunikasi lebih baik tanpa terganggu oleh birokrasi. 2.Mereka bergerak lebih cepat karena secara insting mereka mengerti kerugian akibat keraguan didalam pasar. 3.Pemimpin muncul secara nyata dan memberi dampak yang nyata dan jelas 4.Mereka lebih efektif.

9 4.MEMANFAATKAN SETIAP KARYAWAN UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF Main Idea Untuk meningkatkan produktivitas setiap karyawan, Jack memotivasi mereka untuk berfokus pada : - Kecepatan - Kesederhanaan -Kepercayaan Diri Jack juga menghilangkan bagian boss dalam perusahaan dan memotivasi karyawan untuk berbicara bebas mengenai segala macam hal.

10 Supporting Ideas Beberapa ide GE dalam meningkatkan produktivitas karyawan : 1.Berfokus pada cara untuk mengajak setiap karyawan terlibat dalam mengambil keputusan. Ini adalah cara untuk mengasah kecerdasan semua orang. 2.Coba segala macam cara untuk menghilangkan konsep bos yang tradisional, dan menyemangati karyawan untuk memberi saran langsung dengan bertatap muka sehingga dapat langsung mendapat respon.

11 3.Setiap ada ide baru diperkenalkan maka akan dipilih “Champion” yang akan bertanggung jawab atas setiap tindak lanjut dari ide tadi dan implementasinya. 4.Kunci penting dari peningkatan produktivitas karyawan adalah mengeliminasi setiap tugas paper yang tidak penting. 5.GE menyemangati setiap karyawan untuk bertindak sebaik yang mereka bisa dan mencoba secara sedikit demi sedikit untuk mencapai tujuan yang lebih tinggi.

12 5.MENDORONG JASA DAN GLOBALISASI UNTUK PERTUMBUHAN DUA DIGIT Main Idea 2 faktor utama kunci kesuksesan pertumbuhan GE adalah bisnis jasa dan Globalisasi. Lini bisnis jasa GE secara historis memang tidak memberikan keuntungan yang tinggi, tetapi tetap bertumbuh secara tetap dan diperkirakan akan terus berkembang dimasa yang akan datang. Demikian pula, GE menemukan bahwa kompetitor utama mereka mulai mencoba peluang bisnis di pasar luar.

13 Supporting Ideas Keuntungan Total GE mengalami pergeseran tekanan yang dapat dilihat dibawah ini : Ilustrasi diatas menggambarkan bahwa GE mulai berubah dari perusahaan berorientasi manufaktur berubah ke perusahaan yang berorientasi jasa. Keputusan ini dibuat atas peluang pertumbuhan jasa yang terus berkembang. Selain bisnis jasa yang telah tumbuh tajam. GE juga berfokus pada peluang bisnis secara global dimana selama hampir dari tahun pertumbuhan laba GE yang berasal dari pasar asing adalah 42% yang didapat dari joint-ventures maupun akuisisi.

14 6. MENDORONG ISU KUALITAS KE SELURUH ORGANISASI Ide Utama Akhir tahun 1990, fokus akan kualitas ditekankan GE secara terus menerus. Jack secara terus menerus menyampaikan isu kualitas pekerjaan secara pribadi kepada karyawan GE. Supporting Ideas GE memiliki target untuk menjadi sig sixma quality company pada tahun untuk mencapai target tersebut, GE harus menghantarkan produk, transaksi dan jasa yang hampir bebas dari cacat. Faktanya untuk mencapai hal tersebut GE harus mengurangi level kecacatan produk hingga 84% setahun.

15 Untuk Mencapai Hal ini, GE menerapkan 4 langkah program yang disebut MAIC yaitu : Measurement mengidentifikasi proses yang berkaitan dengan kualitas (CTQ) dan mengukur jumlah produk cacat Analysis menganalisis mengapa produk tersebut bisa cacat dan setiap proses dalam CTQ Improvement mengukur setiap efek peningkatan dari setiap variabel dan memodifikasi sistem Control Memastikan setiap proses yang sudah dimodifikasi untuk tetap berada di range yang dapat diterima

16 7. JACK WELCH’S, VISI UNTUK MASA DEPAN Main Idea Melihat Kedepa, GE tidak berencana untuk diam dan terus merayakan masa kejayaan. Jack percaya bahwa tingkat pertumbuhan akan mengalamai akselerasi dan tidak ada batasan praktis untuk hal tersebut. Supporting Ideas Untuk meningkatkan keuntungan, Jack percaya GE dan perusahaan lainnya seharusnya fokus kepada : 1.Percepatan proses bisnis. 2.Meningkatkan Investasi di teknologi Informasi. 3.Bekerja untuk menyederhanakan proses bisnis 4.Terus membangun organisasi pembelajaran 5.Fokus kepada Jasa dan Globalisasi.

17


Download ppt "JACK WELCH : THE GE WAYS FREDERIK MEYER (1453005) NOVITA SUTIKNO (1453006) NENDI MULYADI (1453008) DESI NATALIA (1453010) NATHANAEL KURNIAWAN (1453019)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google