Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

GATI WINARSIH, 4150402024 PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN METODE MOVING AVERAGES, METODE DESEASONALIZING DAN METODE EKSPONENTIAL SMOOTHING UNTUK FORECASTING BANYAKNYA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "GATI WINARSIH, 4150402024 PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN METODE MOVING AVERAGES, METODE DESEASONALIZING DAN METODE EKSPONENTIAL SMOOTHING UNTUK FORECASTING BANYAKNYA."— Transcript presentasi:

1 GATI WINARSIH, PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN METODE MOVING AVERAGES, METODE DESEASONALIZING DAN METODE EKSPONENTIAL SMOOTHING UNTUK FORECASTING BANYAKNYA PENGUNJUNG PADA OBYEK WISATA GROJOGAN SEWU KARANGANYAR

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : GATI WINARSIH - NIM : PRODI : Matematika - JURUSAN : Matematika - FAKULTAS : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - gath_ix84 pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Arief Agoestanto, M.Si. - PEMBIMBING 2 : Drs. Wardono, M.Si. - TGL UJIAN :

3 Judul PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN METODE MOVING AVERAGES, METODE DESEASONALIZING DAN METODE EKSPONENTIAL SMOOTHING UNTUK FORECASTING BANYAKNYA PENGUNJUNG PADA OBYEK WISATA GROJOGAN SEWU KARANGANYAR

4 Abstrak Peramalan adalah salah satu unsur yang sangat penting dalam pengambilan keputusan. Forecast sangat penting sebagai pedoman dalam pembuatan rencana. Dengan bertambahnya mobilitas penduduk sebagai wisatawan, peramalan sangat diperlukan untuk meningkatkan fasilitas pelayanan demi kenyamanan pengunjung pada objek wisata Grojogan Sewu Karanganyar. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode Moving Averages, metode Deseasonalizing dan metode Exponential Smoothing untuk forecasting banyaknya pengunjung pada objek wisata Grojogan Sewu, metode manakah yang cocok untuk forecasting banyaknya pengunjung pada objek wisata Grojogan Sewu dan berapakah forecast atau ramalan banyaknya pengunjung pada objek wisata Grojogan Sewu tahun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode Moving Averages, metode Deseasonalizing dan metode Exponential Smoothing untuk forecasting banyaknya pengunjung pada objek wisata Grojogan Sewu, untuk mengetahui metode yang cocok untuk forecasting banyaknya pengunjung pada objek wisata Grojogan Sewu dan untuk mengetahui forecast atau ramalan banyaknya pengunjung pada objek wisata Grojogan Sewu tahun Pada penelitian ini prosedur yang digunakan adalah identifikasi masalah, perumusan masalah, observasi, analisis data dan penarikan simpulan. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data banyaknya pengunjung pada objek wisata Grojogan Sewu dari bulan Januari 2002 sampai dengan Desember Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan membuat scatter diagram, setelah itu ditentukan persamaan garisnya, kemudian menghitung forecast dan menghitung forecast error. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah data jumlah pengunjung pada objek wisata Grojogan Sewu Karanganyar berpola musiman. Harga MAE metode Deseasonalizing paling kecil diantara MAE metode yang lain yaitu sebesar Nilai forecast pengunjung pada objek wisata Grojogan Sewu pada tahun 2007 adalah pengunjung pada kuartal 1, pengunjung pada kuartal 2, pengunjung pada kuartal 3 dan pengunjung pada kuartal 4. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pihak pengelola objek wisata Grojogan Sewu untuk meningkatkan sarana prasarana terutama pada kuartal 4 karena bertepatan dengan masa liburan sehingga jumlah pengunjung meningkat, hal ini dilakukan demi kenyamanan pengunjung.

5 Kata Kunci peramalan dan prakiraan, pengunjung obyek wisata

6 Referensi Awat, J Napa Metode Peramalan Kuantitatif. Yogyakarta: Liberty. Handoko, T. Hani Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta. Karyono, A. Hari Kepariwisataan. Jakarta: PT. Grasindo. Makridakis, S. Dkk Metode dan Aplikasi Peramalan. Terjemahan Untung Sus Andriyanto dan abdul basith. Jakarta: Erlangga. Mason, D. Dkk Teknik Statistika untuk Bisnis & Ekonomi. Terjemahan Widyono Soetjipto, dkk. Jakarta: Erlangga. Subagyo, Pangestu Forecasting Konsep dan aplikasi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta. Supranto, J Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga.

7 Terima Kasih


Download ppt "GATI WINARSIH, 4150402024 PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN METODE MOVING AVERAGES, METODE DESEASONALIZING DAN METODE EKSPONENTIAL SMOOTHING UNTUK FORECASTING BANYAKNYA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google