Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bioakustik-Biofisika “Efek Gelombang Musik Pada Tubuh Manusia “ Bioakustik-Biofisika “Efek Gelombang Musik Pada Tubuh Manusia “ Oleh : Nindy Lestarie.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bioakustik-Biofisika “Efek Gelombang Musik Pada Tubuh Manusia “ Bioakustik-Biofisika “Efek Gelombang Musik Pada Tubuh Manusia “ Oleh : Nindy Lestarie."— Transcript presentasi:

1

2 Bioakustik-Biofisika “Efek Gelombang Musik Pada Tubuh Manusia “ Bioakustik-Biofisika “Efek Gelombang Musik Pada Tubuh Manusia “ Oleh : Nindy Lestarie (G ) Kharisma Panji Ramadhan (G ) Rahmat Tullah (G )

3 Latar Belakang kita selalu besentuhan dengan musik. Everyone loves music

4 Telinga dihubungan dengan suatu ruangan dalam kepala, tempat bunyi disimpan (Helmholtz) Akustik : Akustik : kajian getaran dan bunyi (vibrasi elastik yang merambat dalam suatu medium) Sinyal akustik diubah dalam bentuk pulsa listrik yang akan dikirimkan ke otak sebagai memorinya

5 Ilustrasi: Musik yang diterima oleh telinga disalurkan ke otak sebagai data digital sehingga otak merespon sesuai dengan "isi data digital" tersebut.

6 otak adalah pengendali dan mempengaruhi kinerja seluruh organ di tubuh Anda. Artinya, ketika otak distimulasi, organ-organ di tubuh Anda juga ikut terpengaruh

7 Musik ??? Musik ??? Musik : perubahan getaran udara/ gelombang bunyi yang beraturan. Akustik, suara, sudah ditemukan sejak ovum dibuahi oleh sperma.Misalnya : bunyi dinding rahim, denyut jantung, aliran darah, bisikan suara/desah napas ibu. Organ-organ tubuh dapat dianalogikan sebagai seperangkat alat musik, misalnya lambung atau jantung menghasilkan suara,

8 Ketika Mendengar Musik… Setiap musik yang Anda dengarkan, meskipun Anda tidak sengaja mendengarkannya, akan berpengaruh pada otak Anda. Setidaknya ada tiga sistem saraf dalam otak Anda yang akan terpengaruh oleh musik yang Anda dengarkan, yaitu:

9 Tiga sistem saraf otak yang akan terpengaruh oleh musik : Sistem Otak Yang Memproses Perasaan Sistem Otak Kognitif Sistem Otak Yang Mengontrol Kerja Otot

10 Sistematikanya… bunyi dalam rangkaian teratur(musik), masuk melalui telinga, menggetarkan gendang telinga, mengguncang cairan di telinga dalam, menggetarkan sel-sel berambut di dalam koklea, kemudian melalui saraf koklearis menuju ke otak. Dalam otak, Ada 3 buah sistem Retikuler atau Reticular Activating System yang diketahui sampai saat ini.

11 retikuler-talamus Hipotalamus axon neuron

12 otak manusia memiliki dua bagian besar, yaitu otak kiri dan otak kanan. Banyak peneliti mengatakan bahwa kemampuan musikal seseorang berpusat pada belahan otak kanan, namun pada proses perkembangannya proporsi kemampuan yang tadinya terhimpun hanya pada otak kanan akan menyebar melalui Corpus Callosum kebelahan otak kiri (Gilman dan Newman,1996)

13 Musik dan Produksi Hormon ketika musik lembut diperdengarkan, suhu kulit meninggi dari biasanya. Hal ini menunjukkan adanya suatu hormon stress yang dilepaskan oleh otak, yaitu Adrenalin, yang dapat mempengaruhi bekerjanya pembuluh darah di kulit untuk vasokonstriksi (menyempit) atau vasodilatasi (melebar).

14 Bagaimana dengan musik hingar bingar ???

15 Bagaimana dengan Tanaman???

16 Efek gelombang Musik lainnya: Susah tidur? Cobalah atasi dengan musik : meningkatkan kadar melatonin, zat kimia otak yang mendorong tidur nyenyak. Studi baru-baru ini dari Prancis menyatakan bahwa musik New Agebisa mengurangi kadar hormon stres cortisol Tubuh menjadi lebih tangguh terhadap kemungkinan serangan penyakit.

17 meningkatkan intelegensi Bagian kanan otak kita berkaitan dengan kecerdasan dan perkembangan artistik dan kreatif, bahasa, musik, imajinasi, warna, pengenalan diri, sosialisasi dan pengembangan kepribadian.

18 Any Question???

19 Pustaka Acuan Sondang Aemilia Pandjaitan-Sirait.2011.Apa itu Terapi Musik.[terhubung berkala] gema.sabda Efek Musik Pada Tubuh Manusia[terhubung berkala]. gema.sabda.org/efek_musik_pada_tubuh_manusiaEfek Musik Pada Tubuh Manusia Aprillia Yesie EFEK MUSIK[terhubung berkala]. Lau peter Efek Musik pada Manusia tahap 1.[terhubung berkala]. manusia-bag manusia-bag-1 Christian.2011.Dampak Musik pada Kesehatan.[terhubung berkala] christianreformedink.wordpress.com/.../dampak-musik- terhadap-kesehatan


Download ppt "Bioakustik-Biofisika “Efek Gelombang Musik Pada Tubuh Manusia “ Bioakustik-Biofisika “Efek Gelombang Musik Pada Tubuh Manusia “ Oleh : Nindy Lestarie."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google