Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

30 Mei 2012. Komputer menampilkan image sebagai koleksi dari bentuk dua dimensi dari titik (dot) yang disebut pixel. Informasi visual disimpan dalam struktur.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "30 Mei 2012. Komputer menampilkan image sebagai koleksi dari bentuk dua dimensi dari titik (dot) yang disebut pixel. Informasi visual disimpan dalam struktur."— Transcript presentasi:

1 30 Mei 2012

2 Komputer menampilkan image sebagai koleksi dari bentuk dua dimensi dari titik (dot) yang disebut pixel. Informasi visual disimpan dalam struktur data array dari bit. Terdapat 2 cara komputer menyimpan informasi mengenai image, yaitu metode bitmap dan metode vektor

3 Bitmapped graphics menyimpan informasi image seperti yang ditampilkan pada layar, merupakan array kecil dengan bentuk segi empat. Program yang mengelola file grafik dengan cara demikian disebut Bitmapped Program atau Paint Program.

4 Vector graphics menyimpan informasi deskripsi matematik untuk tiap elemen dalam image secara terpisah. Program yang mengelola file gambar dengan cara demikian disebut Vector based program atau draw program

5 Teknik pengelolaan dengan cara ini akan menghasilkan gambar yang dapat diakses / ditampilkan dengan cepat, karena apa yang disimpan sama dengan yang di tampilkan. Tetapi apabila gambar akan ditampilkan dalam ukuran yang berbeda, maka gambar akan menjadi kabur, karena ada berapa pixel yang hilang.

6 Ada beberapa format file grafik standar yang digunakan oleh PC diantaranya adalah : 1. Targa (TGA) menyimpan true color digunakan pada berbagai perangkat keras grafik. Dirancang oleh True Vision, Inc.  Header file berukuran 18 byte  Teknik kompresi menggunakan Run Length Encoding (RLE)

7 2.PCX dihasilkan dengan PC Paint Brush yang banyak digunakan pada file grafik mulai dari 16 warna sampai true color. Gambar disimpan sama dengan gambar ditampilkan oleh karena itu gambar dapat ditampilkan dengan cepat. Header file berukuran 128 byte.

8 Joint Photograpic Experts (JPEG, dibaca jay- peg,) di rancang untuk kompresi beberapa full- color atau gray-scale dari suatu gambar yang asli, seperti pemandangan asli di dunia ini. JPEGs bekerja dengan baik pada continous tone images seperi photographs atau semua pekerjaan seni yang menginginkan yang nyata; tetapi tidak terlalu bagus pada ketajaman gambar dan seni pewarnaan seperti penulisan, kartun yang sederhana atau gambar yang mengunakan banyak garis.

9 JPEG sudah mendukung untuk 24-bit color depth atau sama dengan 16,7 juta warna (2^24 = warna). Progressive JPEGs (p-JPEGs) adalah tipe dari beberapa persen lebih kecil dibandingkan baseline JPEGs: tetapi keuntungan dari JPEG dan tipe-tipenya telihat pada langkah-langkahnya sama seperti interlaced GIFs.

10 Setiap kali menyimpan ke tipe JPG dari tipe lain, ukuran gambar biasanya mengecil, tetapi kualitasnya turun dan tidak dapat dikembalikan lagi. Ukuran file BMP dapat turun menjadi sepersepuluhnya setelah dikonversi menjadi JPG. Meskipun dengan penurunan kualitas gambar, pada gambar-gambar tertentu (misalnya pemandangan), penurunan kualitas gambar hampir tidak terlihat mata.

11 File JPG cocok digunakan untuk:  gambar yang memiliki banyak warna, misalnya foto wajah dan pemandangan.  gambar yang memiliki gradien, misalnya perubahan warna yang perlahan-lahan dari merah ke biru. File JPG tidak cocok digunakan untuk:  gambar yang hanya memiliki warna sedikit seperti kartun atau komik.  gambar yang memerlukan ketegasan garis seperti logo

12 Graphic Interchange Format (GIF, dibaca jiff,tetapi kebanyakan orang menyebutnya dengan giff) yang dibuat oleh Compuserve pada tahun 1987 untuk menyimpan berbagai gambar dengan format bitmap menjadi sebuah file yang mudah untuk diubah pada jaringan komputer.

13 GIF adalah file format graphic yang paling tua pada Web, dan begitu dekatnya file format ini dengan web pada saat itu sehingga para Browser menggunakan format ini. GIF mendukung sampai 8 bit pixel, itu berarti maksimum jumlah warnanya 256 warna (2 8 = 256 warna), 4-pass interlacing, transparency dan mengunakan varian dari algoritma kompresi Lempel-Ziv Welch (LZW).

14 Terdapat dua tipe dari GIF, antara lain:  GIF 87a: support dengan interlacing dan kapasitas dari beberapa file. Teknik ini dinamakan GIF87 karena pada tahun 1987 standar ini di temukan dan di jadikan standar  GIF87aa adalah kelanjutan dari spesifikasi GIF87a dan penambahan pada transparency, pemberian tulisan dan animasi dari text dan grafik. selagi algoritma kompresi LZW yang digunakan oleh GIF adalah salah satu algoritma general purpose compression yang terbaik, kompresi LZW tidak di rancang untuk grafik yang mempunyai spesifik yang tinggi. Algoritma LZW tidak dapat digunakan dengan baik pada bilevel (hitam dan putih) atau true color images.

15 Algoritma LZW yang digunakan pada GIFs, dimana sudah dipatenkan oleh Unisys. Developer medistribusikan aplikasi yang membuat GIF haus sudah mendapatkan lisensi dari Unisy. Segera setelah CompuServe dan Unisy mendapatkan royalti dari aplikasi tersebut munculah standar yang lebih baru dilahirkan yaitu PNG

16 File GIF cocok digunakan untuk:  gambar dengan jumlah warna sedikit (dibawah 256).  gambar yang memerlukan perbedaan warna yang tegas seperti logo tanpa gradien.  gambar animasi sederhana seperti banner-banner iklan, header, dan sebagainya.  print shoot (hasil dari print screen) dari program- program simple dengan jumlah warna sedikit. File GIF tidak cocok digunakan untuk:  gambar yang memiliki banyak warna seperti pemandangan.  gambar yang didalamnya terdapat warna gradien atau semburat

17 Portable Network Graphic (PNG, dibaca ping) format di rancang agar menjadi lebih baik dengan format yang terdahulu yaitu GIF dan sudah dilegalkan. PNG di rancang untuk algoritma lossless untuk menyimpan sebuah bitmap image.

18 PNG mempunyai persamaan fitur dengan GIF salah satunya adalah (multiple images), meningkatkan sesuatu contohnya(interlacing, kompresi) dan penambahan fitur-fitur yang terbaru (gamma storage, full alpha channel, true color support, error detection). Medukung untuk Web browser dimana dapat dilakukan plug-ins pada web browser.

19 Kelebihan file PNG adalah adanya warna transparan dan alpha. Warna alpha memungkinkan sebuah gambar transparan, tetapi gambar tersebut masih dapat dilihat mata seperti samar-samar atau bening. File PNG dapat diatur jumlah warnanya 64 bit (true color + alpha) sampai indexed color 1 bit. Dengan jumlah warna yang sama, kompresi file PNG lebih baik daripada GIF, tetapi memiliki ukuran file yang lebih besar daripada JPG

20 File PNG cocok digunakan untuk:  gambar yang memiliki warna banyak.  gambar yang mau diedit ulang tanpa menurunkan kualitas. File PNG tidak cocok digunakan untuk:  gambar yang jika dikompress dengan JPG hampir- hampir tidak terlihat penurunan kualitasnya

21 dikembangkan oleh gabungan Aldus dan Microsoft untuk mencapai penggunaan luas pada pasar umumnya, terutama pada desktop publising Header file 8 byte

22 Teknik pengelolaan / penyimpanan dengan vector akan menghasilkan gambar yang tidak terpengaruh oleh ukuran ditampilkannya. Tetapi gambar tidak akan cepat / mudah diakses karena dalam menampilkan gambar diperlukan waktu perhitungan untuk membuat gambar.

23 dikembangkan oleh Autodesk untuk informasi yang digunakan dan dihasilkan autoCAD.DXF

24 Selain file-file yang telah disebutkan diatas masih terdapat banyak format file gambar yang lain diantaranya adalah :  AI, adalah format file gambar yang dihasilkan draw program Adobe Ilustrator.  BMP, adalah format gambar standar DOS dan Windows, format file gambar yang termasuk bmp adalah *.bmp dannn *.rle  CDR, adalah format gambar yang dihasilkan draw program Corel Draw.  DCS (Desktop Color Separation) adalah versi standar EPS untuk format gambar.  EPS (Encapsulated PostScript) adalah format file grafik yang dapat berisi vektor mapun bitmap

25  HPG (Hewlett Pakard Plotter Graphics Language), adalah format file grafik vektor, digunakan untuk alat cetak vektor.  AIFF, (Amiga Interchange File Format) adalah format gambar yang digunakan vidio toaster serta mentransfer file dari dan ke Sitem Comodore Amiga.  PICT, adalah format gambar yang digunakan oleh komputer Machintos.  PIXAR, adalah format file gambar khusus yang dirancang khusus untuk aplikasi grafik berkualitas tinggi, seperti tiga dimensi.

26  Cari sebuah gambar, lalu save dengan format:  JPEG  GIF  PNG  CDR  PSD  BMP Lalu tuliskan berapa besar masing-masing file tersebut! Buat di MS Word!


Download ppt "30 Mei 2012. Komputer menampilkan image sebagai koleksi dari bentuk dua dimensi dari titik (dot) yang disebut pixel. Informasi visual disimpan dalam struktur."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google