Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kelompok 12 Terapi Psikiatri. Anggota Kelompok: Ayunda S. Tyara 190110100003 Keumala Nuranti 190110100032 Raisa Sharfina 190110100041 Dian Sartika Sari.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kelompok 12 Terapi Psikiatri. Anggota Kelompok: Ayunda S. Tyara 190110100003 Keumala Nuranti 190110100032 Raisa Sharfina 190110100041 Dian Sartika Sari."— Transcript presentasi:

1 Kelompok 12 Terapi Psikiatri

2 Anggota Kelompok: Ayunda S. Tyara Keumala Nuranti Raisa Sharfina Dian Sartika Sari Zsaskia Shabrina Adi Surya Purnomo M. Okta Reza Novita Septiyana Astuti Rahayu Putri

3 Definisi Terapi adalah usaha untuk memulihkan kesehatan orang yang sedang sakit. Dalam Kamus Ilmu-ilmu Sosial juga ditemukan kata therapy yang berarti perlakuan atau cara- cara penyembuhan penyakit yang diderita oleh seorang individu. Selanjutnya dalam Kamus Lengkap Psikologi, therapy adalah suatu perlakuan dan pengobatan yang ditujukan kepada penyembuhan suatu kondisi patologis.

4 Definisi (2) Psikiatri adalah suatu cabang ilmu kedokteran yang mempelajari aspek kesehatan jiwa serta pengaruh timbal balik terdapat fungsi-fungsi fisiologis dan biologis tubuh manusia. Terapi dalam Psikiatri adalah suatu pengobatan atau penyumbuhan terkait akan penyakit kesehatan jiwa.

5 Sejarah Pada abad ke-15 gangguan jiwa masuk dalam era demonologis dimana pada masa itu gangguan jiwa dianggap sebagai akibat guna-guna atau gangguan setan atau roh jahat. Pertengahan abad 20, persepsi para tokoh atau ahli kesehatan pada umumnya memandang agama sebagai sisi negatif terhadap kesehatan jiwa. Perkembangannya mulai bergeser ke era fisikalistik, yang menganggap bahwa semua sebab penyakit adalah akibat dari ketidakseimbangan fisik-biologik, dan parameter kesakitan disandarkan pada parameter somatik dari pasien (Notosoedirdjo, 1999).

6 Sejarah (2) Karen Horney mengajukan konsep holistik, yaitu terapi yang menyeluruh dalam penyembuhan gangguan jiwa. Jadi, selain memberikan terapi fisik- biologik, juga diberikan terapi psikologis dan terapi sosial. Pada era ini berkembang berbagai jenis psikoterapi, seperti psikoanalisis oleh Sigmund Freud, eksistensial humanistik oleh Abraham Maslow, Client Centered oleh Carl Rogers, Terapi Gestalt oleh Fritz Perls, Analisis Transaksional oleh Eric Berne, Terapi Tingkah laku oleh Wolpe dan BF Skinner, Terapi Rasional Emotif oleh Albert Ellis, serta Terapi Realitas oleh Williams Glaser (Corey, 1999; Maramis, 1994).

7 Jenis-Jenis Terapi Psikologi (1) I. Berdasarkan Tujuan Diberikannya Prevensi: berkaitan dengan tindakan yang dilakukan untuk mencegah terjadinya suatu gangguan terkait psikiatri seperti penataan pola hidup, memperkuat proses adaptasi. Kurasi: usaha yang dilakukan untuk tujuan penyembuhan. Misalnya, terapi untuk orang yang mengalami phobia. Rehabilitasi: usaha untuk mengembalikan pasien ke masyarakat untuk menjadi swadaya dan berguna.

8 Jenis-Jenis Terapi Psikologi (2) II. Berdasarkan Pendekatan a. Terapi Biologis Anti depresan Anti insomnia Anti ansietas Anti psikotik b. Terapi Kejang Listrik Pencetusnya adalah Cherletti dan Binni. Biasanya dilakukan pada pasien yang mengalami indikasi depresi, gangguan bipolar, schizrofrenia agitasi, stupor dan katatonik. Terapi kejang listrik ini sering disebut sebagai suatu intervensi non farmakologis dengan menggunakan aliran listrik yang singkat melalui otak untuk menginduksi kejang menyeluruh di Sistem Syaraf Pusat (SSP) di bawah anestesi umum dan relaksan otot.

9 Jenis-Jenis Terapi Psikologi (3) c. Psychoteraphy Psikoanalisis Didasarkan pada teori dari represi seksual, yang berawal dari harapan-harapan libidional saat kecil yang tidak terpenuhi pada memori, tidak sadar seorang individu. Proses terapi psikoanalisis antara lain dengan cara membawa ke permukaan memori serta perasaan yang direpresikan. Freud membuat proses yang ada dengan cara recollection, repetition, dan working through. Brief Psychodynamic Terapi psikodinamik merupakan treatment yang time- limited (sekitar 10 sampai dengan 12 sesi) yang didasarkan pada teori psikoanalisis dan psikoterapi. Terapi psikodinamik ini termasuk terapi yang cukup populer, diantaranya karena terapi ini termasuk murah.

10 Jenis-Jenis Terapi Psikologi (4) Group Psychoteraphy Psikoterapi kelompok menggunakan kekuatan terapeutik di dalam kelompok, interaksi konstruktif antara anggota, dan intervensi dari pemimpin terlatih untuk mengubah tingkah laku, pikiran, dan perasaaan maladaptif dari seseorang yang secara emosional mengalami distress. Family Therapy dan Couple Therapy Terapi keluarga dapat didefinisikan sebagai psikoterapi yang secara jelas berfokus pada mengubah interaksi antar anggota keluarga dan meningkatkan pemfungsian keluarga sebagai unit dan atau pemfungsian anggota keluarga tersebut. Baik terapi keluarga maupun terapi pasangan, tujuannya adalah sama-sama mengubah pemfungsian relasional.

11 Jenis-Jenis Terapi Psikologi (5) Dialectical Behavior Therapy Merupakan tipe psikoterapi yang aslinya dikembangkan untuk pasien yang suka menyakiti diri sendiri yang kronis dengan gangguan kepribadian borderline dan tingkah laku parasuicidal. Fungsi dari DBT ini adalah: 1.Untuk memperkaya dan memperluas skill dari pasien 2.Untuk meningkatkan motivasi pasien untuk berubah dengan cara mengurangi tingkah laku maladaptive termasuk kognisi dan emosi yang disfungsional 3.Untuk meyakinkan bahwa bentuk tingkah laku behavioral digeneralisasikan dari lingkungan terapeutik kepada lingkungan yang sebenarnya 4.Untuk menstrukturkan lingkungan sehingga tingkah laku efektif lebih diberikan reinforcement dibandingkan tingkah laku maladaptive 5.Untuk meningkatkan motivasi dan kapabilitas dari terapis sehingga treatment yang efektif dapat tercapai.

12 Jenis-Jenis Terapi Psikologi (6) Genetical Conseling Konseling genetik adalah proses yang menggunakan informasi (medis, teknis, dan berbagai kemungkinan yang ada) kepada pasien (dan keluarga) tentang risiko-risiko yang berkaitan dengan kemungkinan-kemungkinan gangguan tertentu yang dapat berkembang. Tujuan dari proses ini adalah untuk meminimalisasi distress, meningkatkan perasaan kendali personal, dan untuk memfasilitasi pengambilan keputusan. Biofeedback Biofeedback melibatkan pencatatan dan tampilan perubahan kecil dalam tingkat fisiologis parameter umpan balik. Biofeedback didasarkan pada gagasan bahwa sistem saraf otonom bisa datang di bawah kontrol sukarela melalui pengkondisian operan.

13 Jenis-Jenis Terapi Psikologi (7) Behavior Therapy Terapi perilaku melibatkan perubahan perilaku pasien untuk mengurangi disfungsi dan untuk meningkatkan kualitas hidup. Terapi perilaku meliputi metodologi, disebut sebagai analisis perilaku, pemilihan strategis untuk mengubah perilaku, dan teknologi untuk membawa perubahan perilaku, seperti memodifikasi anteseden atau konsekuensi atau memberikan instruksi. ▫Relaxation training ▫Participating modeling ▫Assertiveness training ▫Social Skill Training ▫Aversion Therapy

14 Jenis-Jenis Terapi Psikologi (8) Cognitive Therapy Terapi kognitif ini mengajarkan pasien tentang keterampilan secara sistematis mengidentifikasi, memeriksa, dan memodifikasi gaya berpikir maladaptif mereka. Tujuan menyeluruh adalah untuk mendapatkan pandangan yang lebih objektif dan potensi solusi dari masalah mereka. Terapi kognitif sangat berfokus pada pemberdayaan dan mendidik pasien dalam keterampilan psikologis seperti menanggapi secara rasional, tujuan pemantauan diri, merumuskan dan menguji hipotesis pribadi, perilaku manajemen diri, pemecahan masalah, dan lain-lain

15 Jenis-Jenis Terapi Psikologi (9) Hypnosis Saat ini dipahami sebagai aktivitas normal dari pikiran normal dimana perhatian lebih terfokus, penilaian kritis sebagian ditangguhkan, dan kesadaran perifer berkurang. Interpresonal Therapy Psikoterapi interpersonal (ITP) awalnya dirumuskan sebagai upaya untuk mewakili praktek saat psikoterapi untuk depresi. Tujuan keseluruhan dari Psikoterapi interpersonal (ITP) adalah untuk mengurangi atau menghilangkan gejala kejiwaan dengan meningkatkan kualitas hubungan interpersonal saat ini pasien dan fungsi sosial.

16 Jenis-Jenis Terapi Psikologi (10) Psychiatric Rehabilition Rehabilitasi kejiwaan menunjukkan berbagai intervensi yang dirancang untuk membantu orang-orang cacat yang disebabkan oleh penyakit mental dapat meningkatkan fungsi dan kualitas hidup mereka dengan memungkinkan mereka untuk memperoleh keterampilan dan dukungan yang diperlukan untuk berhasil dalam peran orang dewasa biasa dan dalam lingkungan pilihan mereka. Combined Psychotherapy and pharmation Dalam pendekatan terapi ini, psikoterapi ditambah dengan penggunaan agen farmakologis. Istilah farmakoterapi berorientasi psikoterapi digunakan oleh beberapa praktisi untuk merujuk pada pendekatan gabungan.

17 Terima kasih Apakah ada pertanyaan?

18 KUIS #12 Bersiap!!

19 (1) Berikut ini adalah jenis-jenis terapi biologis, yaitu... a.Anti depressan b.Anti psikotik c.Anti insomnia d.Anti ansietas e.Semua jawaban benar

20 (2) Antidepresan sesuai diberikan untuk orang yang mengalami gangguan sebagai berikut, kecuali... a.Phobia b.OCD c.Hiperkinesis d.Anti sosial e.Impulsif

21 (3) Tokoh yang mengajukan konsep holistik, yaitu terapi yang menyeluruh dalam penyembuhan gangguan jiwa, adalah... a.Sigmund Freud b.Abraham Maslow c.Karen Horney d.Carl Rogers e.William Glaser

22 (4) Usaha yang berkaitan dengan tindakan yang dilakukan untuk mencegah terjadinya suatu gangguan terkait psikiatri seperti penataan pola hidup, memperkuat proses adaptasi adalah... a.Prevensi b.Kurasi c.Rehabilitasi d.Promosi e.Jawaban salah semua

23 (5) Gangguan jiwa dianggap sebagai akibat dari guna-guna atau gangguan setan atau roh jahat pada abad ke... a.20 b.15 c.10 d.5 e.21

24 (6) Suatu proses yang menggunakan informasi (medis, teknis, dan berbagai kemungkinan yang ada) kepada pasien (dan keluarga) tentang risiko-risiko yang berkaitan dengan kemungkinan-kemungkinan gangguan tertentu yang dapat berkembang merupakan terapi... a.Cognitive therapy b.Behavior therapy c.OCD d.Genetical conseling e.Relaxation training

25 (7) Berikut ini yang termasuk dalam metode-metode behavior therapy, yaitu... a.Relaxation training b.Participating modeling c.Assertiveness training d.Aversion therapy e.Semua benar

26 (8) Terapi ini pada awalnya dikembangkan untuk pasien yang suka menyakiti diri sendiri (self- injuring) dengan gangguan kepribadian tertentu, yaitu.. a.Family therapy b.Psychoanalytic therapy c.Dialectical behavior therapy (DBT) d.Cognitive behavior therapy (CBT) e.Couple theraphy

27 (9) Terapi yang mengajarkan pasien tentang keterampilan secara sistematis mengidentifikasi, memeriksa, dan memodifikasi gaya berpikir maladaptif mereka adalah terapi... a.Family therapy b.Psychoanalytic therapy c.Dialectical behavior therapy (DBT) d.Cognitive therapy e.Behavior theraphy

28 (10) Tujuan keseluruhan dari Psikoterapi interpersonal (ITP) adalah... a.Untuk mengurangi atau menghilangkan gejala kejiwaan dengan meningkatkan kualitas hubungan interpersonal saat ini pasien dan fungsi sosial. b.Untuk memberikan solusi dari masalah mereka c.Untuk mengubah perilaku pasien agar lebih baik d.Untuk membuat pasien mudah tidur e.Semua jawaban benar


Download ppt "Kelompok 12 Terapi Psikiatri. Anggota Kelompok: Ayunda S. Tyara 190110100003 Keumala Nuranti 190110100032 Raisa Sharfina 190110100041 Dian Sartika Sari."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google