Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Modulasi Minggu (8). Konsep Dasar Jenis-jenis Konsep Dasar Modulasi Proses modulasi yaitu sinyal informasi ditumpangkan pada sinyal pembawa (carrier).

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Modulasi Minggu (8). Konsep Dasar Jenis-jenis Konsep Dasar Modulasi Proses modulasi yaitu sinyal informasi ditumpangkan pada sinyal pembawa (carrier)."— Transcript presentasi:

1 Modulasi Minggu (8)

2 Konsep Dasar Jenis-jenis

3 Konsep Dasar Modulasi Proses modulasi yaitu sinyal informasi ditumpangkan pada sinyal pembawa (carrier). Modulasi merupakan proses gelombang sinyal termodulasi ditransmisikan dari transmitter ke receiver. Rangkaian yang digunakan untuk proses modulasi disebut modulator, sedang rangkaian yang digunakan untuk demodulasi disebut demodulator.

4 Jenis-Jenis Modulasi 1.Modulasi Analog -Proses pengiriman data yang masih berupa sinyal analog atau berbentuk sinusoidal. -Termasuk modulasi analog: a. Amplitude Modulation (AM) Modulasi yang paling sederhana dimana gelombang pembawa (carrier wave) diubah amplitudonya sesuai dengan sinyal informasi yang akan dikirimkan.

5 b. Frequency Modulation (FM) Nilai frekuensi dari gelombang pembawa (carrier wave) diubah-ubah menurut besarnya amplitudo dari sinyal informasi. FM lebih tahan terhadap noise dibandingkan dengan AM.

6 c. Phase Modulation (PM) Proses modulasi yang mengubah fasa sinyal pembawa sesuai dengan sinyal pemodulasi atau sinyal pemodulasinya. Pada modulasi PM, amplitudo dan frekuensinya yang dimiliki sinyal pembawa tetap, tetapi phase sinyal pembawa berubah sesuai dengan informasi.

7 2. Modulasi Digital Teknik pengkodean sinyal dari sinyal analog ke sinyal digital atau gelombang pembawa berbentuk sinyal sinusoidal yang termodulasi. Pada teknik ini, sinyal informasi digital yang akan dikirimkan dan digunakan untuk mengubah frekuensi dari sinyal pembawa. Dalam komunikasi digital, sinyal informasi dinyatakan dalam bentuk digital dalam bentuk biner “1” atau “0”.

8 Termasuk ke dalam modulasi digital, antara lain: a. Amplitude Shift Keying (ASK) Pengiriman sinyal berdasarkan pergeseran amplitudo. Sistem modulasi yang menyatakan sinyal digital 1 sebagai suatu nilai tegangan dan sinyal digital 0 sebagai suatu nilai tengangan yang bernilai 0 volt.

9 b. Frequency Shift Keying (FSK) Sinyal pemodulasi (sinyal digital) menggeser output antara dua frekuensi yang telah ditentukan sebelumnya, biasa diistilahkan mark and space. c. Phase Shift Keying (PSK) Modulasi yang menyatakan pengiriman sinyal digital berdasarkan pergeseran phase.

10 Biner 0 diwakilkan dengan mengirimkan suatu sinyal dengan phase yang sama terhadap sinyal yang dikirin sebelumnya dan biner 1 diwakilkan dengan mengirim suatu sinyal dengan phase berlawanan dengan phase sinyal yang dikirim sebelumnya. Pada modulasi ini nilai phase berubah-ubah sesuai dengan perubahan status sinyal informasi digital.

11 d. Quadrature Phase Shift Keying (QPSK) Sistem QPSK merupakan transmisi data M-ary dengan M=4. Sehingga, 1 dari 4 kemungkinan sinyal ditransmisikan setiap 1 interval sinyal pensinyalan dengan tiap sinyal (simbol) terdiri dari 2bit.

12 Sebagai contoh berikut adalah 4 kemungkinan simbol 00, 10, 10, 11 dan 01 direpresentasikan dengan mengirimkan sinyal pembawa sinusoidal 1 dari 4 kemungkinan nilai :

13

14

15 exercise Gambarkan sinyal dari : ASK 4-ary ASK FSK PSK QPSK


Download ppt "Modulasi Minggu (8). Konsep Dasar Jenis-jenis Konsep Dasar Modulasi Proses modulasi yaitu sinyal informasi ditumpangkan pada sinyal pembawa (carrier)."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google