Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BY NUR HIDAYA BUKHARI 102904037. Jika pada mulanya SPSS dibuat untuk pemecahan masalah statistik pada ilmu-ilmu sosial, maka dengan semakin populernya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BY NUR HIDAYA BUKHARI 102904037. Jika pada mulanya SPSS dibuat untuk pemecahan masalah statistik pada ilmu-ilmu sosial, maka dengan semakin populernya."— Transcript presentasi:

1 BY NUR HIDAYA BUKHARI

2

3 Jika pada mulanya SPSS dibuat untuk pemecahan masalah statistik pada ilmu-ilmu sosial, maka dengan semakin populernya program ini. Sekarang SPSS bisa diaplikasikan pada semua bidang. Saat ini lebih dari perusahaan dan jutaan individu di dunia dalam berbagai bidang menggunakan SPSS dalam proses pengolahan data statistic, menjadikan SPSS program computer statistic yang paling laris dan popular di dunia.

4 Pada awalnya, sebelum diberi nama Statistical Service Product Solutions, aplikasi ini bernama Statistical Package for the Social Sciences yang dibuat pada tahun 1968 oleh Norman Nie, seorang mahasiswa lulusan fakultas ilmu politik dari Stanford University. SPSS sangat berguna bagi ilmu sosial di era tersebut, dan digunakan untuk analisis pasar, penelitian kesehatan, survei perusahaan, dan masih banyak lagi.

5

6

7 SPSS adalah sebuah program komputer yang digunakan untuk membuat analisis statistika. SPSS dipublikasikan oleh SPSS Inc.SPSS (Statistical Package for the Social Sciences atau Paket Statistik untuk Ilmu Sosial) versi pertama dirilis pada tahun 1968, diciptakan oleh Norman Nie, seorang lulusan Fakultas Ilmu Politik dari Stanford University, yang sekarang menjadi Profesor Peneliti Fakultas Ilmu Politik di Stanford dan Profesor Emeritus Ilmu Politik di University of Chicago.

8 SPSS adalah salah satu program yang paling banyak digunakan untuk analisis statistika ilmu sosial. SPSS digunakan oleh peneliti pasar, peneliti kesehatan, perusahaan survei, pemerintah, peneliti pendidikan, organisasi pemasaran, dan sebagainya. Selain analisis statistika, manajemen data (seleksi kasus, penajaman file, pembuatan data turunan) dan dokumentasi data (kamus metadata ikut dimasukkan bersama data) juga merupakan fitur-fitur dari software dasar SPSS.

9  Statistik Deskriptif: Tabulasi Silang, Frekuensi, Deskripsi, Penelusuran, Statistik Deskripsi Rasio  Statistik Bivariat: Rata-rata, t-test, ANOVA, Korelasi (bivariat, parsial, jarak), Nonparametric tests  Prediksi Hasil Numerik: Regresi Linear  Prediksi untuk mengidentivikasi kelompok: Analisis Faktor, Analisis Cluster (two-step, K-means, hierarkis), Diskriminan.

10 SPSS dapat membaca berbagai jenis data atau memasukkan data secara langsung ke dalam SPSS Data Editor. Bagaimanapun struktur dari file data mentahnya, maka data dalam Data Editor SPSS harus dibentuk dalam bentuk baris (cases) dan kolom (variables). Case berisi informasi untuk satu unit analisis, sedangkan variable adalah informasi yang dikumpulkan dari masing-masing kasus.

11 Hasil-hasil analisis muncul dalam SPSS Output Navigator. Kebanyakan prosedur Base System menghasilkan pivot tables, dimana kita bisa memperbaiki tampilan dari keluaran yang diberikan oleh SPSS. Untuk memperbaiki output, maka kita dapat mmperbaiki output sesuai dengan kebutuhan.

12  Data Editor  Viewer  Multidimensional Pivot Tables.  High-Resolution Graphics  Database Access  Data Transformations  Electronic Distribution  Online Help  Akses Data Tanpa Tempat Penyimpanan Sementara  Interface dengan Database Relasional  Analisis Distribusi  Multiple Sesi  Mapping

13

14

15

16 SPSS digunakan untuk mempermudah kita dalam mengolah data sehingga data yang kita punyai menjadi data yang mudah dibaca dan mudah dipami.Misalnya dalam kita menolah data rancangan percobaan selain itu juga dapat memper mudah kita dalam merikan dosis pupuk terhadap tanaman dan perlakuan terhadap tanaman.

17

18 Untuk menginstall versi terbaru program ini, komputer Windows Anda harus memiliki spesifikasi minimal menggunakan prosesor Intel atau AMD dengan kecepatan 1 GHz, memori (RAM) 1 GB, resolusi monitor 1024x768 piksel, dan harddisk dengan kapasitas kosong minimal 800 MB.

19 1. Install aplikasi, nanti pas di tengah instalasi pilih "single user license". 2. Ketika selesai instalasi nanti akan di tanya masalah lisensi, pilih yang "Enable for temporary usage". 3. Kemudian browser file temp.txt. (pas kita klik open, langsung muncul file tersebut, jadi kita nggak perlu bingung file tersebut ada di mana). 4. Selanjutnya close aplikasi SPSS 19 nya, kemudian copy semua file crack yang ada di folder EQX dan paste di tempat anda menginstall SPSS 19. Default : C:\Program Files\IBM\SPSS\Statistics\ Selesai, kini IBM SPSS 19 anda sudah bisa digunakan dan full versi.

20


Download ppt "BY NUR HIDAYA BUKHARI 102904037. Jika pada mulanya SPSS dibuat untuk pemecahan masalah statistik pada ilmu-ilmu sosial, maka dengan semakin populernya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google