Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RAFELA DEWI PERMATASARI, 1550403030 KETIDAKPEDULIAN KELUARGA YANG MEMILIKI ANAK AUTIS TERHADAP PENDIDIKAN REMAJA AUTIS (Studi Kasus Pada Keluarga Dengan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RAFELA DEWI PERMATASARI, 1550403030 KETIDAKPEDULIAN KELUARGA YANG MEMILIKI ANAK AUTIS TERHADAP PENDIDIKAN REMAJA AUTIS (Studi Kasus Pada Keluarga Dengan."— Transcript presentasi:

1 RAFELA DEWI PERMATASARI, KETIDAKPEDULIAN KELUARGA YANG MEMILIKI ANAK AUTIS TERHADAP PENDIDIKAN REMAJA AUTIS (Studi Kasus Pada Keluarga Dengan Ayah yang Berprofesi Guru di Desa Sumbergirang, Kec. Lasem, Kab. Rembang)

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : RAFELA DEWI PERMATASARI - NIM : PRODI : Psikologi - JURUSAN : Psikologi - FAKULTAS : Ilmu Pendidikan - rafeladewi pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Dra. Sri Maryati Deliana, M.Si - PEMBIMBING 2 : Rulita Hendriyani, S.Psi., M.Si - TGL UJIAN :

3 Judul KETIDAKPEDULIAN KELUARGA YANG MEMILIKI ANAK AUTIS TERHADAP PENDIDIKAN REMAJA AUTIS (Studi Kasus Pada Keluarga Dengan Ayah yang Berprofesi Guru di Desa Sumbergirang, Kec. Lasem, Kab. Rembang)

4 Abstrak Ayah yang berprofesi sebagai guru, mempunyai peran penting dalam memberikan pendidikan bagi anaknya, apalagi bila anak tersebut membutuhkan layanan pendidikan yang khusus, seperti pada anak autis. Meskipun mempunyai peran yang penting dalam pendidikan, pada kenyataannya profesi guru tidak menjadikannya peduli terhadap pendidikan anaknya. Demikian halnya Z yang merupakan seorang ayah yang berprofesi guru yang mempunyai anak autis. Perilaku yang ditunjukan Z ini berlawanan dengan profesi serta tanggungjawabnya sebagai guru sekaligus orang tua yang mempunyai anak autis. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui lebih mendalam latarbelakang dan akibat ketidakpedulian seorang ayah yang berprofesi guru terhadap pendidikan remaja autis. Selain itu juga ingin mengetahui sikap seorang ayah yang berprofesi guru terhadap remaja autis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mengenai kepedulian. Kepedulian dalam penelitian ini diartikan sebagai gambaran sikap dan tindakan yang mengakui bahwa keadaan manusia dan masyarakat serta bangsanya itu adalah saling bergantung. Sedangkan ketidakpedulian diartikan sebagai gambaran sikap dan tindakan yang tidak mengakui bahwa keadaan manusia dan masyarakat serta bangsanya itu saling bergantung. Remaja autis di sini adalah individu yang memiliki usia 15 tahun, yang sedang dalam masa transisi dari periode anak ke dewasa yang mengalami gangguan berlarut-larut pada interaksi sosial timbal balik, penyimpangan komunikasi, dan pola perilaku yang terbatas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode yang dipakai untuk memperoleh data adalah dengan wawancara mendalam, observasi dan tes psikolgis (DAM, BAUM). Subyek penelitian dalam penelitian ini berjumlah satu orang, yaitu seorang ayah yang berprofesi guru yang mempunyai anak autis. Penelitian ini dilakukan di desa Sumbergirang, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Dari penelitian ini ditemukan bahwa latarbelakang subyek tidak memberikan pendidikan kepada remaja autis adalah karena subyek lebih memprioritaskan pendidikan untuk anaknya yang normal, tidak tersedianya fasilitas untuk pendidikan anak autis, serta kondisi anak yang tidak mau diajari. Akibat yang ditimbulkan dari ketidakpedulian tersebut adalah terhambatnya kemandirian remaja autis. Kepedulian subyek terhadap pendidikan remaja tersebut kurang. Adapun implikasi dari penelitian ini bagi orang tua, diharapkan dapat menerima apa adanya kondisi anaknya serta memberikan prioritas yang sama terhadap pendidikan untuk anak-anaknya. Subyek dan anggota keluarga lainnya diharapkan dapat mendorong kerjasama dalam pencapaian tujuan kemandirian anak autis.

5 Kata Kunci Ketidakpedulian, Pendidikan Remaja Autis

6 Referensi Achenbach, Thomas M Developmental Psychopathology. Canada: Jhon Wiley and Sons, Inc Alwisol Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press. Danuatmaja, Bony Terapi Anak Autis di Rumah. Jakarta: Puspa Swara Davison, Gerald C. dkk Psikologi Abnormal. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Friedman, H. S dan Schustack, M. W Kepribadian Teori Klasik dan Riset Modern. Jakarta: Erlangga Ginanjar, Adriana S Menjadi Orang Tua Istimewa. Jakatra: Dian Rakyat Graha, Chairinniza Keberhasilan Anak Di Tangan Orang Tua Panduan Bagi Orang Tua Untuk Memahami Perannya Dalam Membantu Keberhasilan Pendidikan Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo Hurlock, Elizabeth B Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga Idrus, Muhammad (2001) Pandangan Dan Kepedulian Perempuan Terhadap Anak (studi komparasi antara Ibu bekerja dan Ibu Rumah Tangga di Yogyakarta). Phronesis Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Volume 3 Moleong, L.J Metode Kualitatif Penelitian. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Monks, F.J Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press Rahayu, Iin Tri dan Ardani, Tristiadi A Observasi dan Wawancara. Malang: Bayumedia Publishing Salim, Agus Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta : Tiara Wacana Yogya. Setia, Y.D.S Studi Kasus Terapi Autismo dan Peranan Orang Tua dalam Proses Terapi pada Anak Autistik. Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Sanata Darma. Siti R, Muslimah.(2008). Pendidikan Murah Buat Anak Autis. Tersedia di [diunduh pada 14/04/ 2009] Soerjani, Mohamad Kepedulian Masa Depan. Jakarta : Institut Pendidikan Dan Pengembangan Suardiman Bimbingan Orang Tua dan Anak. Yogyakarta: Studying Yogyakarta Syafei, M. Sahlan Bagaimana Anda Mendidik Anak: Tuntunan Praktis Untuk Orang Tua Dalam Mendidik Anak. Jakarta: Ghalia Indonesia Tim Penyususn Kamus Pusat Bahasa Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi 3. Jakarta : Balai Pustaka 29 Maret Memanusiakan Anak Autis. Diunduh pada 14 Maret Peduli Autis Untuk Kaum Dhuafa. Diunduh pada 14 Maret 2009

7 Terima Kasih


Download ppt "RAFELA DEWI PERMATASARI, 1550403030 KETIDAKPEDULIAN KELUARGA YANG MEMILIKI ANAK AUTIS TERHADAP PENDIDIKAN REMAJA AUTIS (Studi Kasus Pada Keluarga Dengan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google