Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERIODE ABAD 20 : AWAL MODERN Pertemuan 10 Matakuliah: W0512 | SEJARAH DESAIN INTERIOR DAN KEBUDAYAAN Tahun: 2009/2010.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERIODE ABAD 20 : AWAL MODERN Pertemuan 10 Matakuliah: W0512 | SEJARAH DESAIN INTERIOR DAN KEBUDAYAAN Tahun: 2009/2010."— Transcript presentasi:

1

2 PERIODE ABAD 20 : AWAL MODERN Pertemuan 10 Matakuliah: W0512 | SEJARAH DESAIN INTERIOR DAN KEBUDAYAAN Tahun: 2009/2010

3 ABAD 20 | AWAL MODERN Abad 20 diawali dengan beberapa gaya yang muncul di beberapa negara di seluruh Eropa sekitar , antara lain Wiener Werkstatte, De Stijl, Bauhaus, Internasional, maupun Art Deco.

4 4 Wiener Werkstate (Vienna Seccession) sebetulnya merupakan kelanjutan dari Art Nouveau yang berkembang di Austria. Kelompok ini sejalan dengan prinsip Art Nouveau, mereka berusaha untuk mencari nilai-nilai estetika modern, melenyapkan batas tegas antara seni murni dan seni terapan serta meningkatkan selera publik. Seperti halnya Art Nouveau, mereka banyak dipengaruhi oleh konsep Arts & Crafts Inggris. WIENER WERKSTATTE |

5 5 WIENER WERKSTATTE | interior

6 6 WIENER WERKSTATTE | furniture

7 7 ‘De Stijl’ mengandung makna ‘The Style’. De Stijl awalnya merupakan nama sebuah majalah seni di Belanda tahun 1917 yang beredar hingga 1928 Kelompok seniman yang mengelola majalah tersebut di antaranya adalah : Piet Mondrian, Theo van Doesburg dan Gerrit Rietveld. DE STIJL | Piet Mondrian |Composition with Red, Blue & Yellow |1921

8 8 Mendapat pengaruh dari Kubisme, para seniman dan desainer tersebut menginginkan pembaharuan yang memberikan ketegasan dan keteraturan. Konsep mereka adalah mengurangi bentuk-bentuk hanya menjadi garis- garis lurus vertikal dan horisontal dan mengurangi pemakaian warna dengan hanya warna primer (merah kuning biru), hitam dan putih, dan menuju pada abstraksi yang murni, sederhana. Tujuannya adalah keindahan universal yang memenuhi kebutuhan melalui produksi massal. Tujuan spiritualnya adalah perdamaian dunia. Gaya yang mulanya berkembang di seni lukis dan desain grafis, kemudian menginspirasi pula aritektur dan interior serta furniture dengan tokoh Gerrit Rietveld. DE STIJL | pengertian

9 9 Gerrit Rietveld |The Schroder House, Utrecht | DE STIJL | interior

10 10 Gerrit Rietveld |The Schroder House, Utrecht | Gerrit Rietveld |Red Blue Chair |1918 DE STIJL | arsitektur & furniture

11 11 Istilah ‘Bauhaus’ mengandung makna ‘House of Structure’. Kelompok Bauhaus dipelopori oleh Walter Gropius. Pada 1919 berdirilah sekolah seni dan desain Bauhaus di Weimar, Jerman, yang berusaha memadukan antara arsitektur, seni, kriya dan desain dengan kebutuhan industri. Hingga kini kurikulum yang diciptakan Bauhaus masih diterapkan pada institusi-institusi pendidikan seni dan desain. Joost Schmidt |Poster for Bauhaus Exhibition at Weimar |1923 BAUHAUS |

12 12 Sekolah Bauhaus di Weimar beroperasi dari , setelah itu pindah ke Dessau, Jerman dari Pindah lagi ke Berlin dan akhirnya karena gejolak politik yang kuat, pindah ke Chicago, Amerika pada Setelah itu kembali ke Dessau Walter Gropius |Bauhaus Workshop Wing, Dessau | BAUHAUS | latar belakang

13 13 ‘Form follow Function’ menjadi prinsip yang diterapkan. Bentuk-bentuk tegas dan sederhana dengan pertimbangan pada fungsi tampil dominan dalam desain Bauhaus. Material baru juga banyak dikembangkan di lembaga ini. Gaya desain yang berangkat dari tempat pendidikan ini kelak dilanjutkan oleh para tokonya dengan nama Gaya Internasional. BAUHAUS | pemikiran & pengaruh

14 14 FRANK LLOYD WRIGHT

15 15 Frank Lloyd Wright |Falling Water, Pennsylvania |1936 FRANK LLOYD WRIGHT

16

17 17 Karena politik yang bergejolak, para tokoh Bauhaus banyak yang terpaksa harus pindah ke Amerika, diantaranya adalah: Mies van der Rohe, yang saat itu menjadi direktur Bauhaus. Gaya Bauhaus berkembang menjadi gaya International yang banyak menerapkan prinsip fungsionalisme. Prinsip ‘forms follow functions’ masih dilanjutkan. Selain itu prinsip ‘Less is More’ meminimalisasi penggunaan ornamen ataupun elemen-elemen yang dianggap tidak perlu. Mies van der Rohe |Seagram Building, New York| GAYA INTERNASIONAL |

18 18 Pengaruh Kubisme tampak dalam repetisi-repetisi geometris, yang minimalis. Tampak ada usaha untuk menyatukan antara ruang luar dan dalam. Oleh karena itu desain harus memperhatikan situasi sekelilingnya. Penggunaan sekat yang berkurang memberikan kesan lebih luas pada ruang. Tokoh-tokoh Gaya Internasional antara lain adalah Marcel Breuer, Mies van der Rohe, Le Corbusier, Louis Sullivan. Karena fungsional, praktis dan bersifat universal maka gaya ini cenderung meng-internasional dan berpengaruh sangat besar di dunia internasional. GAYA INTERNASIONAL

19 19 Mies van der Rohe |Barcelona pavillion GAYA INTERNASIONAL | furniture

20 20 Mies van der Rohe |Barcelona Chair Mies van der Rohe |Barcelona Daybed GAYA INTERNASIONAL | furniture

21 21 Le Corbusier |Villa Savoye, France | GAYA INTERNASIONAL | furniture

22 22 Le Corbusier |LC2 Petit Confort Armchair Le Corbusier |Chaise Lounge GAYA INTERNASIONAL | furniture

23 23 Jacques Delamarre |Bathroom of Chanin Building, New York |1929 Istilah Art Deco berasal dari kata ‘Art Decoration’ – ‘Seni Dekorasi’ diambil dari nama suatu pameran ‘Paris Exhibition of Decorative Art’ yang diadakan pada Gaya ini berkembang hampir paralel dengan gaya Internasional. Gaya ini banyak diterapkan pada arsitektur, desain interior, desain produk, desain grafis, mode busana serta seni lukis dan patung. Stained glass window ART DECO |

24 24 Bila Internasionalisme cenderung tegas dan sangat efektif, maka Art Deco cenderung dinamis dan kembali menerapkan ornamen dalam desain-desainnya. Hal ini menunjukkan timbulnya kerinduan akan ornamen dan elemen figuratif yang sebelumnya didominasi oleh desain abstrak, geometris dan non figuratif. Gaya ini diinspirasi oleh warna-warna cerah dipadu dengan hitam, gold, putih, silver yang memberi kesan mewah. Teknik gradasi diterapkan pada seni lukis dan poster. Wm van Alen | Chrysler Building | ART DECO | karakteristik

25 25 Sunburst motif Gaya hidup elegan, fashion, eksotisme daerah oriental serta perkembangan trend seni menjadi inspirasi image dan figur. Demikian pula dengan pola- pola tertentu, seperti pola memancar (sun burst), pola petir serta pola geometris. ART DECO | karakteristik Stained glass window

26 26 ART DECO | interior

27 27 ART DECO | furniture

28 28 ART DECO | furniture

29 29 Streamline Gaya ini kelak berkembang ke seluruh Eropa dan ke Amerika. Di Amerika gaya ini berkembang menjadi gaya Streamline, yang diinspirasi oleh bentuk peluru yang memberi kesan ergonomis dan dinamis – berorientasi pada percepatan yang sejalan dengan cepatnya dinamika kehidupan masa itu. ART DECO | streamline

30 30 STREAMLINE | streamline


Download ppt "PERIODE ABAD 20 : AWAL MODERN Pertemuan 10 Matakuliah: W0512 | SEJARAH DESAIN INTERIOR DAN KEBUDAYAAN Tahun: 2009/2010."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google