Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Rapat Koordinasi Peningkatan Mutu Pendataan RA/Madrasah Bagi Operator EMIS MI, MTs dan MA Se-Jawa Timur Tahun 2014 Hotel Utami, 12 September 2014 UPDATING.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Rapat Koordinasi Peningkatan Mutu Pendataan RA/Madrasah Bagi Operator EMIS MI, MTs dan MA Se-Jawa Timur Tahun 2014 Hotel Utami, 12 September 2014 UPDATING."— Transcript presentasi:

1 Rapat Koordinasi Peningkatan Mutu Pendataan RA/Madrasah Bagi Operator EMIS MI, MTs dan MA Se-Jawa Timur Tahun 2014 Hotel Utami, 12 September 2014 UPDATING DATA PENDIDIKAN ISLAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015

2  Membangun data itu mahal dan sulit, tapi jauh lebih mahal dan sulit jika membangun tanpa data.  Perencanaan yang baik memerlukan dukungan ketersediaan data yang baik.  Ke depan, hubungan antara pengambilan kebijakan dengan proses perencanaan, dan hubungan antara proses perencanaan dengan data akan semakin kuat.  Peran data EMIS adalah sebagai data acuan awal dalam perencanaan program pendidikan Islam, misalnya untuk menentukan alokasi bantuan rehab ruang kelas, alokasi penerima BOS, BSM, dll.

3  Data EMIS harus terupdate secara periodik (dilakukan per semester).  Data EMIS harus terjamin kelengkapan, keakuratan dan ketepatan waktunya.  Terdapat 4 kriteria umum untuk mengukur kualitas data, yaitu : lengkap, valid, relevan dan tepat waktu.  Kualitas perencanaan anggaran Kemenag sekitar 87% ditentukan oleh kualitas data pendidikan Islam yang dikelola EMIS.

4 Pengendalian Program Data Implementasi Program Perencanaan Program Evaluasi Pelaksanaan Program Siklus Hidup Data Kualitas Data Menentukan Kualitas Perencanaan

5 Objek Pendataan Pendidikan Madrasah No.Objek PendataanKomponen DataInstrumen 1.RA, MI, MTs, MA Data Profil LembagaAplikasi Desktop Data Detail PersonalExcel + Aplikasi Desktop Data Detail SiswaExcel + Aplikasi Desktop Data Detail LulusanExcel + Aplikasi Desktop 2.Pengawas MadrasahData Detail PengawasFormat Excel

6 Perubahan dalam Updating Data Pendidikan Madrasah Updating data RA akan menggunakan bantuan aplikasi validasi desktop (sama seperti MI, MTs dan MA). Penambahan komponen data : detail data lulusan Penambahan variabel data pada setiap komponen data (profil lembaga, detail personal dan detail siswa) Proses pengiriman file back-up data dari lembaga langsung diupload ke server EMIS melalui aplikasi EMIS online.

7 Variabel data di dalam komponen “Profil Lembaga”, antara lain:  Data Identitas Lembaga : NSM, NPSN, Nama Lembaga, Status Lembaga, Status Akreditasi, SK Akreditasi, Alamat, Dokumen Perijinan (SK Ijin Operasional/SK Ijin Pendirian), Titik Koordinat Bumi, Identitas Kepala Madrasah, dll.  Rekap data jumlah personal (PTK), siswa dan lulusan.  Rekap data jumlah sarana dan prasarana.  Rekap data jumlah siswa dan rombel TP 2013/2014  Data Pengelola BOS (khusus Madrasah Swasta) 1. Profil Lembaga

8 Variabel data di dalam komponen “Detail Data Personal”, antara lain:  Identitas Lembaga Tempat Tugas : NSM, Nama Lembaga, Status Lembaga, Alamat, dll.  Identitas Personal : Nama Personal, NIP, NUPTK, No. KTP, Tempat Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Nama Ibu Kandung.  Pendidikan Terakhir, Status Pegawai, Inpassing, Golongan, TMT, Gaji Pokok, Status Tempat Tugas, Tuga Utama dan Tugas Tambahan.  Informasi sertifikasi, tunjangan profesi pendidik dan tunjangan fungsional guru Non-PNS.

9 Variabel data di dalam komponen “Detail Data Siswa”, antara lain:  Identitas Lembaga Tempat Belajar : NSM, Nama Lembaga, Status Lembaga, Alamat, dll.  Identitas Siswa : NIS Lokal, NISN, Nama Siswa, Tempat Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Kelas, Status Siswa, Asal Sekolah, Alamat Tempat Tinggal.  Informasi Orangtua Siswa : No. KK, Nama Ayah & Ibu, Pekerjaan Ayah & Ibu, Pendidikan Ayah & Ibu, Penghasilan Orangtua.  Informasi BSM : Status Menerima BSM, Alasan Pemberian BSM, No. KPS, No. BSM, No. Kartu PKH. 3. Detail Data Siswa

10 Variabel data di dalam komponen “Detail Data Lulusan”, antara lain:  Identitas Lembaga Tempat Belajar : NSM, Nama Lembaga, Status Lembaga, Alamat, dll.  Identitas Lulusan : NIS Lokal, NISN, Nama Lulusan, Tempat Tanggal Lahir, Jenis Kelamin.  Informasi Nilai Ujian : Total Nilai Ujian, Rata-rata Nilai Ujian.  Lamanya Waktu Menyelesaikan Pendidikan.  Jenis Pendidikan Lanjutan. 4. Detail Data Lulusan

11 1.Pelaksanaan Verifikasi dan Validasi NSM  Berkoordinasi dengan Kankemenag Kab./Kota dalam pelaksanaan Verifikasi dan Validasi NSM RA/MI/MTs/MA.  Menerima file backup data hasil validasi NSM dari Kankemenag Kab./Kota.  Menggabungkan file backup data hasil validasi NSM dari Kankemenag Kab./Kota menjadi data gabungan propinsi menggunakan aplikasi validasi NSM.  Melakukan backup data hasil validasi NSM gabungan propinsi.  Mengirimkan file backup hasil validasi NSM ke EMIS Pusat. Tugas dan Tanggung Jawab Kanwil Pendataan EMIS - TP 2014/2015 (1)

12 2.Pelaksanaan Updating Data RA/Madrasah  Melakukan sosialisasi dan pendampingan bagi operator Kankemenag Kab./Kota dan operator lembaga di wilayahnya dalam pelaksanaan updating data EMIS RA/Madrasah TP 2014/2015.  Menyusun jadwal waktu pelaksanaan dan penyelesaian updating data RA/Madrasah di wilayahnya (menyesuaikan dengan target waktu dari EMIS Pusat).  Mereset password akun operator Kankemenag Kab./Kota.  Memonitor dan mengontrol progres pelaksanaan updating data RA/Madrasah TP 2014/2015 yang ada di wilayahnya melalui aplikasi EMIS online. Tugas dan Tanggung Jawab Kanwil Pendataan EMIS - TP 2014/2015 (2)

13 3.Pelaksanaan Updating Data Pengawas Madrasah  Mendistribusikan format pendataan Pengawas Madrasah TP 2014/2015 ke seluruh Kankemenag Kab./Kota.  Menyusun jadwal waktu pelaksanaan dan penyelesaian updating data Pengawas Madrasah di wilayahnya (menyesuaikan dengan target waktu dari EMIS Pusat).  Menerima file data Pengawas Madrasah hasil updating data TP 2014/2015 dari setiap Kankemenag Kab./Kota.  Menggabungkan file data Pengawas Madrasah dari setiap Kankemenag Kab./Kota menjadi data gabungan propinsi.  Mengirimkan file data Pengawas Madrasah (gabungan propinsi) ke EMIS Pusat. Tugas dan Tanggung Jawab Kanwil Pendataan EMIS - TP 2014/2015 (3)

14 1.Pelaksanaan Verifikasi dan Validasi NSM  Berkoordinasi dengan Kanwil Kemenag Provinsi dalam pelaksanaan Verifikasi dan Validasi NSM RA/MI/MTs/MA.  Memverifikasi data lembaga (RA/MI/MTs/MA) yang tercatat di database aplikasi validasi NSM dan melakukan update data NSM dan status keaktifan lembaga tersebut.  Melakukan backup data hasil validasi NSM gabungan Kab./Kota.  Mengirimkan file backup hasil validasi NSM ke Kanwil Kemenag propinsi. Tugas dan Tanggung Jawab Kankemenag Kab./Kota dalam Pendataan EMIS - TP 2014/2015 (1)

15 2.Pelaksanaan Updating Data RA/Madrasah (1)  Melakukan sosialisasi dan pendampingan bagi operator lembaga di wilayahnya dalam pelaksanaan updating data EMIS RA/Madrasah TP 2014/2015.  Melakukan registrasi akun operator lembaga di wilayahnya ke dalam aplikasi EMIS online untuk keperluan updating data RA/Madrasah TP 2014/2015.  Menyusun jadwal waktu pelaksanaan dan penyelesaian updating data RA/Madrasah di wilayahnya (menyesuaikan dengan target waktu dari Kanwil Kemenag Propinsi). Tugas dan Tanggung Jawab Kankemenag Kab./Kota dalam Pendataan EMIS - TP 2014/2015 (2)

16 2.Pelaksanaan Updating Data RA/Madrasah (2)  Memonitor dan mengontrol progres pelaksanaan updating data RA/Madrasah TP 2014/2015 yang ada di wilayahnya di dalam aplikasi EMIS online. Tugas dan Tanggung Jawab Kankemenag Kab./Kota dalam Pendataan EMIS - TP 2014/2015 (3)

17 3.Pelaksanaan Updating Data Pengawas Madrasah (1)  Mendistribusikan format pendataan Pengawas Madrasah TP 2014/2015 ke seluruh Pokjawas/Pengawas Madrasah.  Menyusun jadwal waktu pelaksanaan dan penyelesaian updating data Pengawas Madrasah di wilayahnya (menyesuaikan dengan target waktu dari Kanwil Kemenag Propinsi).  Menerima file data Pengawas Madrasah hasil updating data TP 2014/2015 dari setiap Pokjawas/Pengawas Madrasah yang ada di wilayahnya. Tugas dan Tanggung Jawab Kankemenag Kab./Kota dalam Pendataan EMIS - TP 2014/2015 (4)

18 3.Pelaksanaan Updating Data Pengawas Madrasah (2)  Menggabungkan file data Pengawas Madrasah dari setiap Pokjawas/Pengawas menjadi data gabungan Kab./Kota.  Mengirimkan file data Pengawas Madrasah gabungan Kab./Kota ke Kanwil Propinsi. Tugas dan Tanggung Jawab Kankemenag Kab./Kota dalam Pendataan EMIS - TP 2014/2015 (5)

19  Melakukan input/update detail personal, detail siswa dan detail lulusan menggunakan format data Excel resmi dari Ditjen Pendidikan Islam.  Memeriksa kevalidan data NISN siswa di dalam web NISN Kemdikbud.  Melakukan input/update data kelembagaan, sarana prasarana, rekap personal, rekap siswawa tahun ini dam rekap siswa tahun lalu ke dalam aplikasi validasi data EMIS berbasis desktop. Tugas dan Tanggung Jawab Lembaga (RA/Madrasah) dalam Pendataan EMIS - TP 2014/2015 (1)

20  Melakukan upload data detail excel personal, siswa dan lulusan ke dalam aplikasi validasi data EMIS berbasis desktop.  Melakukan backup data menggunakan aplikasi validasi data EMIS berbasis desktop.  Melakukan upload data backup lembaga yang bersangkutan ke aplikasi EMIS Online. Tugas dan Tanggung Jawab Lembaga (RA/Madrasah) dalam Pendataan EMIS - TP 2014/2015 (2)

21 Operator Lembaga/ Madrasah 1. Input/Update Data Profil Lembaga Aplikasi Desktop 2. Input/Update Data Personal, Siswa & Lulusan Form Data Excel 3. Upload Data Personal, Siswa & Lulusan File Backup Data Terdiri dari 7 file Backup Data 4. Jika Sudah Valid, Backup Data Operator Kanwil & Kab./Kota 5. Upload File Backup Data (7 file) Aplikasi EMIS Online Register Akun, Reset Password, Monitor dan Kontrol Updating Data 4. Jika Belum Valid, Kembali ke Langkah No. 2 Jadwal upload akan diatur oleh Pusat, Kanwil dan Kab./Kota

22 Pokjawas/ Objek Pendataan 2. Melakukan validasi data menggunakan fasilitas yang tersedia Form Data Excel 3. Mengirimkan Form Data Excel yang sudah lengkap & valid ke Kab./Kota Operator Penmad Kanwil Propinsi 5. Mengirimkan File Data Excel Kab./Kota ke Propinsi Operator Penmad Kemenag Kab./Kota 4. Menggabungkan Data menjadi File Data Excel Kab./Kota Data Excel Kab./Kota 6. Menggabungkan Data Excel Kab./Kota menjadi File Data Excel Propinsi Data Excel Propinsi EMIS Pusat 7. Mengirimkan File Data Excel Propinsi ke EMIS Pusat 1. Mengisi Data ke dalam Form Data Excel Paling lambat tanggal 30 Nopember 2014 Batas waktu diatur oleh Kab./Kota (menyesuaikan dengan jadwal Kanwil) Batas waktu diatur oleh Kanwil (menyesuaikan dengan jadwal Pusat)

23  Updating data RA/Madrasah akan menggunakan 3 jenis instrumen:  Format Data Excel : media input/update detail data personal, siswa dan lulusan.  Aplikasi Desktop EMIS : untuk membantu proses validasi data.  Aplikasi EMIS berbasis web : untuk media pengiriman/ upload data.  Updating data Pengawas Madrasahmasih menggunakan format data Excel.

24  Seluruh Format Data Excel dapat diunduh di : pada kolom “Informasi Penting”.  Batas waktu penyampaian data dari Kanwil ke EMIS Pusat tanggal 30 Nopember  Batas waktu penyampaian data dari Kankemenag Kab./Kota ke Kanwil Propinsi diatur oleh Kanwil Propinsi (menyesuaikan dengan jadwal dari EMIS Pusat).  Batas waktu penyampaian data dari Lembaga ke Kankemenag Kab./Kota diatur oleh Kankemenag Kab./Kota (menyesuaikan dengan jadwal dari Kanwil Propinsi).

25 Database Aplikasi EMIS Web Pengolahan Data Report Data Publikasi Data Pimpinan Direktorat Terkait Kanwil Provinsi & Kemenag Kab/Kota Pengguna Data Lainnya SIMBOS SIMSARPRAS Data Siswa & Lembaga Data Sarpras & Lembaga

26 Verifikasi dan Validasi Nomor Statistik RA/Madrasah TP 2014/2015

27  NSM yang tercatat di dalam database referensi EMIS masih banyak masalah (seperti : kurang digit, NSM ganda, salah format, dll).  Perlu dilakukan validasi dan perbaikan NSM sekaligus melakukan verifikasi status keaktifan lembaga (RA/Madrasah).  Proses validasi Nomor Statistik (RA, MI, MTs dan MA) dan update status keaktifan lembaga dilakukan oleh Operator Kemenag Kab./Kota dan Operator Kanwil.

28  Hasil validasi NSM sangat dibutuhkan untuk keperluan updating data TP 2014/2015 karena akan menjadi database referensi di dalam aplikasi EMIS desktop dan aplikasi EMIS online.  Proses validasi NSM akan menggunakan aplikasi validasi NSM berbasis desktop (akun login bagi operator Kankemenag Kab./Kota dan operator Kanwil).

29 Operator Kab./Kota 1. Login, Perbaiki NSM dan Update Status Aktif Lembaga Aplikasi Desktop File Backup Kab./Kota 2. Jika Sudah Valid, Backup Data Operator Kanwil & Kab./Kota 3. Penyampaian File Backup Kab./Kota Minggu Ke-3 September 4. Login & Mengabungkan File Backup Kab.Kota Aplikasi Desktop File Backup Propinsi 5. Backup Data 6. Penyampaian File Backup Propinsi EMIS Pusat Minggu Ke-4 September

30


Download ppt "Rapat Koordinasi Peningkatan Mutu Pendataan RA/Madrasah Bagi Operator EMIS MI, MTs dan MA Se-Jawa Timur Tahun 2014 Hotel Utami, 12 September 2014 UPDATING."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google