Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MATERI 13 KEPEMIMPINAN – Menjelaskan tantangan yang meli batkan peranan wirausahawan sebagai pemimpin. – Menjabarkan apa yang harus dilakukan oleh seorang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MATERI 13 KEPEMIMPINAN – Menjelaskan tantangan yang meli batkan peranan wirausahawan sebagai pemimpin. – Menjabarkan apa yang harus dilakukan oleh seorang."— Transcript presentasi:

1 MATERI 13 KEPEMIMPINAN – Menjelaskan tantangan yang meli batkan peranan wirausahawan sebagai pemimpin. – Menjabarkan apa yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin yang berhasil. – Menjabarkan langkah dalam mengem- bangkan suatu rencana suksesi bagi suatu bisnis.

2 Peranan Wirausahawan Sebagai Pemimpin Agar berhasil seorang manajer bisnis kecil harus memikul berbagai peranan al: –Tanggung jawab. –Kepemimpinan. Beberapa wiausahawan merasa tidak nyaman dengan peran pemimpin,namun kenyataan harus belajar menjadi pemimpin efektif.

3 Pengertian KEPEMIMPINAN Adalah proses mempengaruhi dan memberikan semangat kepada orang lain untuk bekerja dalam mencapai suatu tujuan umum dan kemudian memberikan mereka kekuatan dan kebebasan untuk mencapainya. Tanpa kemampuan pemimpin para wirausahawan tidak akan pernah berkembang memimpin usahanya.

4 Manajemen Dan Kepemimpinan. Manajemen dan kepemimpinan tidak sama. Kepemimpinan tanpa manajemen menjadi tidak terkendali dan tidak bersemangat. Kepemimpinan menyebabkan suatu bisnis kecil dapat berja;an. Manajemen adalah menjaga agar tetap berjalan.

5 PERBEDAAN MAnajemen dan Kepemimpinan. Kepemimpinan berhubungan dengan orang. Manajemen berhubungan dengan barang. Kepemimpinan berhubungan dengan visi Manajemen berhubungan dengan logistik menuju visi tersebut. Kepemimpinan berhubungan dengan mengejakan hal yang benar. Manajemen berfokus pada mengerjakan sesuatu dengan benar.

6 Tingkah Laku Pemimpin yang efektif. Menciptakan suatu tatanan nilai dan keyakinan bagi para karyawan dan dengan bergairah mengejarnya. –Para pemimpin harus seperti mercu suat dimalam hari secara terus menerus. Menghargai dan mendukung para karyawan. –Hendaknya seorang pemimpin dapat menghargai bawahannya.

7 Memberikan contoh kepada karyawan dengan cara sebagai panutan,bahwa seorang manajer berjalan sesuai dengan yang dikatakan. Memfokuskan upaya para karyawan terhadap tujuan yang menantang dan terus mengarahkan mereka kepada tujuan tersebut. Dengan memiliki visi perusahaan yang jelas. Menyediakan sumber daya yang dibutuhkan para karyawan baik berupa barang yang dibutuhkan dan juga peningkatan kualitas melalui Pendidikan dan pelatihan.

8 Berkomunikasi dengan para karyawan harus dilakukan secara dua arah agar pemimpin dapat menyadari bahwa membantu pekerja dapat mendorong prestasi kerja. Menghargai keragaman para pekerja dari sudut ketrampilan,kemampuan,latar belakang,dan minat dapat menjadi suatu senjata meningkatkan inovasi dan kreativitas.

9 Menanyakan keberhasilan para pekerja menjadikan kinerja semakin meningkat,dengan sistim penghargaan dan imbalan akan lebih mendorong pekerja berprestasi. Mendorong kreativitas diantara para pekerja walaupun ada pekerja yang gagal. Mempertahankan selera humor agar suasana menyenangkan. Menatap terus masa depan agar perusahaan lebih meningkat kejenjang yang lebih tinggi.

10 GAYA MANAJEMEN. Pengrajin Klasik. Koordinator TIM Wirausahawan Plus Karyawan. Kongsi Tim Besar. Kemitraan Kecil Manajemen berdasarkan TIM.

11 BUDAYA PERUSAHAAN Adalah kode pelaksanaan tak tertulis khusus yang mengatur tingkah laku,sikap,pola hubungan dan gaya suatu organisasi.


Download ppt "MATERI 13 KEPEMIMPINAN – Menjelaskan tantangan yang meli batkan peranan wirausahawan sebagai pemimpin. – Menjabarkan apa yang harus dilakukan oleh seorang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google