Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB 4 LINGKUNGAN POLITIK DAN HUKUM Tujuan Pembelajaran: Untuk memahami resiko-resiko politik dan hukum di host country serta pilihan-pilihan strategi untuk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB 4 LINGKUNGAN POLITIK DAN HUKUM Tujuan Pembelajaran: Untuk memahami resiko-resiko politik dan hukum di host country serta pilihan-pilihan strategi untuk."— Transcript presentasi:

1 BAB 4 LINGKUNGAN POLITIK DAN HUKUM Tujuan Pembelajaran: Untuk memahami resiko-resiko politik dan hukum di host country serta pilihan-pilihan strategi untuk menguranginya.

2 Lingkungan Politik

3 Kekuatan-kekuatan politik di host country: Interaksi antara elite yang berkuasa di pemerintah, parlemen dan kekuatan-kekuatan non-parlementer Interaksi antara elite yang berkuasa di pemerintah, parlemen dan kekuatan-kekuatan non-parlementer Isu-isu politik yang digunakan: Isu-isu politik yang digunakan: 1.Kemakmuran nasional 2.Keamanan nasional 3.Kedaulatan nasional 4.Martabat nasional 5.Identitas budaya

4 Lingkungan Politik Tindakan-tindakan pemerintah host country: 1.Jaw boning 2.“Buy local” restriction 3.Hambatan-hambatan non-tarif 4.Subsidi 5.Kondisi-kondisi operasional 6.Kandungan lokal 7.Boikot 8.Pengambil-alihan

5 Lingkungan Politik Iklim dan kekuatan politik di home country Pada dasarnya, interaksi antara kekuatan-kekuatan, isu-isu politik yang digunakan dan tindakan-tindakan pemerintah sebagai respons dari interaksi tersebut seperti yang terjadi di host country juga terjadi di home country. Pada dasarnya, interaksi antara kekuatan-kekuatan, isu-isu politik yang digunakan dan tindakan-tindakan pemerintah sebagai respons dari interaksi tersebut seperti yang terjadi di host country juga terjadi di home country. Hanya, penekanan perhatian dan analisis adalah pada peristiwa-peristiwa politik di home country yang berdampak kepada resiko politik yang mungkin kita hadapi oleh bisnis kita di host country seperti misalnya embargo, subsidi dan penerbitan daftar negara-negara yang mendapat perlakuan istimewa (most favor nation - MFN). Hanya, penekanan perhatian dan analisis adalah pada peristiwa-peristiwa politik di home country yang berdampak kepada resiko politik yang mungkin kita hadapi oleh bisnis kita di host country seperti misalnya embargo, subsidi dan penerbitan daftar negara-negara yang mendapat perlakuan istimewa (most favor nation - MFN).

6 Lingkungan Politik Penilaian resiko politik Cara penilaian: (1) kualitatif, dan (2) kuantitattif Cara penilaian: (1) kualitatif, dan (2) kuantitattif Penilaian secara kualitatif dilakukan dengan memahami proses terjadinya resiko politik yang ditimbulkan oleh tindakan-tindakan pemerintah host country sebagai respons terhadap interaksi politiknya dengan kekuatan-kekuatan politik di luar pemerintahan. Penilaian secara kualitatif dilakukan dengan memahami proses terjadinya resiko politik yang ditimbulkan oleh tindakan-tindakan pemerintah host country sebagai respons terhadap interaksi politiknya dengan kekuatan-kekuatan politik di luar pemerintahan. Penilaian secara kuantitatif dilakukan dengan cara menganalisis hasil-hasil monitoring resiko politik di berbagai negara yang diterbitkan secara berkala oleh lembaga-lembaga pemerhati resiko atau stabilitas politik. Penilaian secara kuantitatif dilakukan dengan cara menganalisis hasil-hasil monitoring resiko politik di berbagai negara yang diterbitkan secara berkala oleh lembaga-lembaga pemerhati resiko atau stabilitas politik.

7 Lingkungan Politik Peristiwa-peristiwa politik yang digunakan dalam indeks Feierabend

8 Lingkungan Politik Penilaian resiko politik (sebuah contoh)

9 Lingkungan Politik Strategi-strategi mengurangi resiko politik di host country: 1.Membentuk perusahaan patungan dengan mitra lokal 2.Meminimalkan investasi 3.Meminjam uang dari lembaga keuangan lokal 4.Integrasi vertikal 5.Status yang tidak ternilai 6.Membeli polis asuransi resiko politik

10 Lingkungan Hukum Sistem hukum: (1) Code atau civil law, (2) common law, (3) sistem hukum Islam, dan6 (4) sistem hukum sosialis Sistem hukum: (1) Code atau civil law, (2) common law, (3) sistem hukum Islam, dan6 (4) sistem hukum sosialis Hukum internasional adalah aturan-aturan dan prinsip-prinsip di mana pemerintahan berbagai negara mempertimbangkan mengikat diri mereka sendiri Hukum internasional adalah aturan-aturan dan prinsip-prinsip di mana pemerintahan berbagai negara mempertimbangkan mengikat diri mereka sendiri Lingkungan hukum internasional bersifat dinamis dan kompleks, sebaiknya gunakan jasa penasihat hukum yang ahli mengenai hukum internasional ataupun hukum di suatu host country tertentu. Lingkungan hukum internasional bersifat dinamis dan kompleks, sebaiknya gunakan jasa penasihat hukum yang ahli mengenai hukum internasional ataupun hukum di suatu host country tertentu.

11 Lingkungan Hukum Meminimalkan masalah yang berkaitan dengan hukum internasional: 1.Pahami hukum komersial di masing-masing host country 2.Perhatikan unsur-unsur sebuah kontrak internasional yang baik 3.Cantumkan provisi untuk arbitrase 4.Pengetahuan yang memadai mengenai konvensi-konvensi internasional

12 Lingkungan Hukum Kecenderungan yang terjadi dan berdampak terhadap pemasaran internasional: 1.Komitmen negara-negara di hampir seluruh dunia untuk menciptakan perdagangan dunia yang bebas. 2.Deregulasi dilakukan oleh pemerintah-pemerintah di hampir seluruh dunia. 3.Privatisasi perusahaan-perusahaan milik pemerintah.


Download ppt "BAB 4 LINGKUNGAN POLITIK DAN HUKUM Tujuan Pembelajaran: Untuk memahami resiko-resiko politik dan hukum di host country serta pilihan-pilihan strategi untuk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google