Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BERPIKIR / THINKING. DEFINISI  Pengaturan atau manipulasi informasi dari lingkungan dan simbol-simbol yang sudah ada di dalam memori. (simbol-simbol.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BERPIKIR / THINKING. DEFINISI  Pengaturan atau manipulasi informasi dari lingkungan dan simbol-simbol yang sudah ada di dalam memori. (simbol-simbol."— Transcript presentasi:

1 BERPIKIR / THINKING

2 DEFINISI  Pengaturan atau manipulasi informasi dari lingkungan dan simbol-simbol yang sudah ada di dalam memori. (simbol-simbol bisa berupa peristiwa atau situasi yang terjadi)

3 berpikir Stimuli Respon

4  Berpikir menggunakan imajinasi dan bahasa Imajinasi : abstraksi dan konstruksi berdasarkan informasi yang tersimpan di dalam memori. Bahasa : menggambarkan ke dalam kata-kata maksud dari informasi yang tersimpan di dalam memori

5  Konsep : konstruksi simbolis yang mewakili hal-hal umum dari suatu obyek atau peristiwa.

6 Problem Solving Situasi goal/harapan hambatan PROBLEM

7 Problem Solving 2 aturan di dalam problem solving :  Algorithms seperangkat aturan, yang apabila diikuti dengan benar, berpeluang mencapai solusi/ pemecahan masalah yang tepat.  Heuristics strategi, yang biasanya didasarkan pada pengalaman, yang dapat mengarahkan pada suatu solusi, namun tidak menjamin tercapainya pemecahan yang akurat.

8 Decision Making  Suatu tahap pemecahan masalah dimana kita menghadirkan sejumlah alternatif yang dapat kita pilih sebagai solusi.  Pengembangan alternatif bisa didasarkan pada kegunaan/manfaat/nilai yang mungkin didapat atau bisa juga berdasarkan peluang subyektif.  Menggunakan perkiraan subyektif berpeluang memunculkan bias atau kesalahan dalam pengambilan keputusan.

9 Langkah-langkah mengembangkan alternatif solusi : 1. Buat daftar alternatif dan beri bobot sesuai kepentingan. 2. Uji manfaat dan kekurangan masing-masing alternatif tersebut. 3. Kaitkan dengan pokok permasalahan, mana yang memberi keuntungan paling mendekati dengan permasalahan.

10 Tahap-tahap Pemecahan Masalah 1. Identifikasi data-data yang ada. 2. Kumpulkan data-data tambahan. 3. Simpulkan inti permasalahan berdasarkan data yang ada dan data tambahan. 4. Kembangkan alternatif-alternatif solusi. 5. Evaluasi alternatif solusi. 6. Tetapkan solusi yang paling efektif.

11 BERPIKIR KREATIF MMenciptakan ide baru IIndividu yang kreatif : - pandai - memiliki bakat tertentu - memiliki motivasi yang kuat untuk memecahkan masalah yang menarik perhatian / minat

12 Tahap-tahap berpikir kreatif 1.Preparasi Persiapan, berisi proses mengamati situasi/masalah, dan menelaahnya. 2.Inkubasi Mengendapkan hasil temuan/kajian. 3.Iluminasi  Insight Menemukan ide untuk memecahkan masalah 4.Evaluasi Menguji/memeriksa kesesuaian ide dengan situasi/ masalah 5.Revisi Memperbaiki/menyempurnakan ide


Download ppt "BERPIKIR / THINKING. DEFINISI  Pengaturan atau manipulasi informasi dari lingkungan dan simbol-simbol yang sudah ada di dalam memori. (simbol-simbol."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google