Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SELEKSI KARYAWAN Pengertian SELEKSI ? “ Suatu kegiatan pemilihan dan penentuan pelamar yg diterima atau ditolak untuk menjadi karyawan perusahaan” “

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SELEKSI KARYAWAN Pengertian SELEKSI ? “ Suatu kegiatan pemilihan dan penentuan pelamar yg diterima atau ditolak untuk menjadi karyawan perusahaan” “"— Transcript presentasi:

1

2 SELEKSI KARYAWAN

3 Pengertian SELEKSI ? “ Suatu kegiatan pemilihan dan penentuan pelamar yg diterima atau ditolak untuk menjadi karyawan perusahaan” “ Proses penilaian dan penetapan di antara calon-calon pengisi jabatan/pekerjaan dalam suatu perusahaan” “ Seluruh proses pemilihan dan penempatan karyawan secara efektif…”

4 DASAR SELEKSI  Kebijaksanaan Perburuhan - batas usia - melarang adanya diskriminasi kulit, agama & suku bangsa  Spesifikasi Jabatan  Pertimbangan Ekonomis-Rasional ; efektif & efisien  Pertimbangan Etika Sosial ; - memperhatikan norma-norma hukum, agama, kebudayaan dan adat istiadat.

5 Kualifait dan potensial Jujur dan berdisiplin Cakap dengan penempatannya yang tepat Terampil dan bersemangat dalam bekerja Memenuhi persyaratan undang-undang Dapat bekerja sama, baik vertikal maupun horizontal Dinamis dan kreatif Inovatif dan bertanggung jawab sepenuhnya Loyal dan berdedikasi tinggi Mudah dikembangkan pada masa depan Dapat bekerja mandiri dan mengurangi tingkat absensi dan turn-over karyawan Mempunyai perilaku dan budaya malu TUJUAN SELEKSI : Untuk mendapatkan karyawan baru yang :

6 METODE SELEKSI  Metode Non-Ilmiah ‘Seleksi tidak didasarkan pada kriteria, standar atau spesifikasi kebutuhan nyata jabatan, tetapi hanya berdaasarkan perkiraan dan pengalaman saja’ Unsur-Unsur yang diseleksi, biasanya : -Surat lamaran bermaterai atau tidak -Ijazah dan daftar nilainya -Surat keterangan pengalaman -Referensi atau rekomendasi -Wawancara langsung dengan pelamar -Penampilan fisik pelamar -Keturunan pelamar -Tulisan pelamar.

7  METODE ILMIAH “ Seleksi yang didasarkan pada spesifikasi jabatan dan kebutuhan nyata jabatan, serta berpedoman pada kriteria dan standar-standar tertentu “ Seleksi hendaknya dilakukan dengan : -Metode kerja yang jelas dan sistematis -Berorientasi kepada prestasi kerja -Berorientasi kepada kebutuhan riil karyawan -Berdasarkan kepada job analysis -Berpedoman kepada u.u. perburuhan

8 KUALIFIKASI SELEKSI UMUR KEAHLIAN KESEHATAN FISIK PENDIDIKAN JENIS KELAMIN TAMPANG BAKAT TEMPARAMEN KARAKTER PENGALAMAN KERJA KERJA SAMA KEJUJURAN KEDISIPLINAN INISIATIF DAN KREATIF.

9 SISTEM SELEKSI  SUCCESIVE HURDLES “Sistem seleksi berdasarkan urutan testing, jika pelamar tidak lulus pada satu testing -ia tidak boleh ikut testing selanjutnya dan dinyatakan gugur”  COMPENSATORY APPROACH “Sistem seleksi di mana pelamar mengikuti semua testing kemudian dihitung nilai rata-rata apakah mencapai standar atau tidak. Jika mencapai standar dinyatakan lulus dan sebaliknya.

10 TAHAPAN SELEKSI  Seleksi surat lamaran  Pengisian blanko lamaran  Pemeriksaan referensi  Wawancara pendahuluan  Tes pengetahuan umum  Tes psikologi  Tes kesehatan  Wawancara akhir atasan langsung  Memutuskan diterima atau ditolak


Download ppt "SELEKSI KARYAWAN Pengertian SELEKSI ? “ Suatu kegiatan pemilihan dan penentuan pelamar yg diterima atau ditolak untuk menjadi karyawan perusahaan” “"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google