Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGANTAR MANAJEMEN BY SUYATMI. MANUSIA MAHLUK SOSIAL KEINGINAN KEBUTUHAN ORGANISASI MANAJEMEN MANAJER.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGANTAR MANAJEMEN BY SUYATMI. MANUSIA MAHLUK SOSIAL KEINGINAN KEBUTUHAN ORGANISASI MANAJEMEN MANAJER."— Transcript presentasi:

1 PENGANTAR MANAJEMEN BY SUYATMI

2 MANUSIA MAHLUK SOSIAL KEINGINAN KEBUTUHAN ORGANISASI MANAJEMEN MANAJER

3 Pengaturan yg disengaja terhadap sejumlah orang untuk mencapai tujuan tertentu Karakteristik organisasi Dua orang /lebih yg bekerja sama utk mencapai tujuan (Stoner)

4 Manajemen dalam Organisasi Perencanaan Pengorganisasian KepemimpinanPengendalian Tujuan yang dicapai : Efisiensi Efektivitas Masukan dari lingkungan : SDM SDK SDF SDI

5 Proses Manajemen PerencanaanPengorganisasiKepemimpinanPengendalian

6 What is management? Suatu bidang ilmu pengetahuan (science) yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan membuat sistem kerjasama lebih bermanfaat bagi kemanusiaan, Luther Gulick Proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran organisasi yang sudah ditetapkan, Stoner seni (kemampuan / ketrampilan pribadi) dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Artinya bahwa manajer dalam mencapai tujuan organisasi melalui pengaturan orang lain untuk melaksanakan berbagai tugas yang mungkin diperlukan. Mary Parker Follett

7 Manajemen dibutuhkan dalam Semua ukuran organisasi Semua jenis organisasi Semua tingkat organisasi Semua bidang organisasion al

8 MENGAPA MANAJEMEN DIBUTUHKAN ? karena tanpa manajemen, semua usaha akan sia-sia dan pencapaian tujuan akan lebih sulit.

9 Ada tiga alasan utama diperlukan manajemen : 1. Untuk mencapai tujuan organisasi atau pribadi 2. Untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan, sasaran-sasaran dan kegiatan-kegiatan yang saling bertentangan dari pihak-pihak yang berkepentingan dalam organisasi. 3. Untuk mencapai efisiensi dan efektifitas

10 melakukan pekerjaan yang benar (doing the right thinks). Artinya kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat atau peralatan yang tepat untuk pencapain tujuan yang telah ditetapkan melakukan pekerjaan dengan benar (doing think right). Artinya kemampuan menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar

11 Seorang manajer efisien adalah seorang yang mencapai keluaran yang lebih tinggi (hasil, produktivitas, performance) dibandingkan dengan masukan-masukan (tenaga kerja, bahan, uang, bensin, dan waktu) yang digunakan.

12 Seorang manajer efektif adalah seorang manajer yang dapat memilih “pekerjaan yang harus dilakukan (atau metode/cara)” yang tepat untuk mencapai tujuan.

13 Bagi seorang manajer, pertanyaan yang paling penting APAKAH EFISIEN atau EFEKTIF ?

14 Bagi seorang manajer, pertanyaan yang paling penting adalah BUKAN BAGAIMANA MELAKUKAN PEKERJAAN DENGAN BENAR, tetapi “Bagaimana menemukan pekerjaan yang benar untuk dilakukan, dan memusatkan perhatian sumber daya dan usaha pada pekerjaan tersebut.

15 Contoh : seorang manajer yang bersikeras untuk memproduksi hanya mobil-mobil besar, sedang permintaan masyarakat justru ditujukan pada mobil-mobil kecil adalah manajer yang tidak efektif, walaupun produksi mobil- mobil besar tersebut dilakukan dengan efisien.

16 TUGAS PRAKTEK MANAJEMEN

17 MEMBUAT PROPOSAL BUSINESS PLAN (RENCANA BISNIS) 1.Berkelompok 3-5 orang berasal dari angkatan yang berbeda. 2.Jumlah halaman maksimal 10 halaman mulai dari pendahuluan s.d. daftar pustaka (tidak termasuk halaman cover, pengesahan dan lampiran) 3.Dikumpulkan paling lambat tgl 25 September 2014 di Ruang Bu Yatmi. 4.Format Proposal mengacu pada Panduan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Terima kasih.


Download ppt "PENGANTAR MANAJEMEN BY SUYATMI. MANUSIA MAHLUK SOSIAL KEINGINAN KEBUTUHAN ORGANISASI MANAJEMEN MANAJER."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google