Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ASSALAMUNGALAIKUM WR.WB. Konsep Dasar Bahasa Indonesia Kelompok VI Siti Rohimah (1201100064) Nesa Praseptya.A (1201100066) Ida Alfiana.C (1201100083)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ASSALAMUNGALAIKUM WR.WB. Konsep Dasar Bahasa Indonesia Kelompok VI Siti Rohimah (1201100064) Nesa Praseptya.A (1201100066) Ida Alfiana.C (1201100083)"— Transcript presentasi:

1 ASSALAMUNGALAIKUM WR.WB

2 Konsep Dasar Bahasa Indonesia Kelompok VI Siti Rohimah ( ) Nesa Praseptya.A ( ) Ida Alfiana.C ( ) Elna Hermiati ( ) Arif Solekhudin ( )

3 Paragraf yang Cerdas Pengertian Paragraf Syarat Paragraf yang Cerdas Strategi Pengembanga paragraf Teknik Pengembangan paragraf Alat transisi paragraf dalam satuan wacana Fungsi paragraf dalam Wacana

4 A.Pengertian Paragraf Paragraf adalah satuan pengembangan terkecil dari suatu karangan. Sebagai satuan terkecil,paragraf mengandung suatu pikiran pokok. Pikiran pokok inilah yang dikembangkan, dalam arti dijabarkan oleh kalimat-kalimat yang membentuk paragraf itu

5 B. Syarat Paragraf yang Cerdas Sebuah paragraf yang lengkap pada umumnya terdiri dari beberapa kalimat.agar kalimat-kalimat itu membentuk suatu paragraf yang baik dan efektif,terdapat 3 syarat yang harus dipenuhi dalam sebuah paragraf,yaitu : 1.Kesatuan (kohesi) 2. Keselarasan (koherensi) 3.Kelengkapan (pengembagan)

6 Kesatuan (Koheresi) Tiap paragraf hanya mengandung satu pikiran pokok. Fungsi paragraf adalah mengembangkan pikiran pokok tersebut. Oleh sebab itu, kalimat- kalimat pengembangannya harus mendukung pikiran pokok tersebut dan tidak boleh menyimpang dari pikiran pokok yang ada.

7 Keselarasan (koherensi) Suatu paragraf bukanlah kumpulan kalimat yang masing-masing berdiri sendiri atau lepas, melainkan bangunan dari beberapa kalimat yang memiliki hubungan timbal balik dan mendukung satu pikiran pokok tertentu. Jadi, keselarasan suatu paragraf ditentukan oleh hubungan yang serasi antara kalimat yang membentuknya.

8 Kelengkapa (Pengembangan) Sebuah paragraf dikatakan lengkap apabila didalamnya terdapat kalimat-kalimat pengembang / penjelas secara lengkap untuk menunjang piliran pokoknya.

9 C. Stategi Pengembangan Paragraf Dalam Pengembngn Paragraf harus memperhatikan hal-hal berikut: 1.Menyusun kalimat topik dengan baik dan layak 2.Menenpatkan kalimat topik dalam posisi menyolok dan jelas dalam sebuah paragraf. 3.Kalimat topik tersebut harus didukung dengan detail-detail atau perincian-perincian yang tepat 4.Menggunakan kata-kata transisi, frase, dan alat lain didalam dan diantara paragraf

10 D. Teknik Pengembangan Paragraf  Berdasarkan teknik pengembangan paragraf. Sebuah paragraf dapat dikembangkan dengan tiga cara,yaitu : 1.Cara alamiah Pengembangan paragraf dengan cara alamiah dapat ditempuh dengan dua cara yaitu dengan urutan ruang (special) dan urutan waktu (kronologis)

11 2. Cara klimaks atau anti klimaks Pengembangan paragraf dengan cara ini terlebih dahulu dilakukan perincian pokoknya. Kemudian gagasan pokok tersebut disusun secara urut dari gagasan yang paling bawah/ rendah/ sederhana. Menuju gagasan yang paling atas atau kompleks atau dengan urutan sebaliknya. Cara 3. umum-khusus atau khusus-umum Pengembangan paragraf dengan cara ini dimulai dari mengungkapkan konsep atau pandangan yang bersifat umum menuju pikiran- pikiran penjelas yang bersifat khusus atau sebaliknya.

12 E. Alat Transisi Antar Paragraf dalam Wacana Transisi adalah mata rantai penghubung antar alinea. Transisi berfungsi sebagai penghubung jalan pikiran dua alinea yang berdekatan Kehadiran transisi dalam alinea bergantung pada pertimbangan pengarang, bila pengarang merasa perlu ada transisi demi kejelasan informasi,transisi wajar ada Ada dua macam transisi, yaitu transisi berupa kata dan transisi berupa kalimat,

13 F.Fungsi Paragraf dalam Wacana Fungsi paragraf yang utama adalah untuk menandai pembukaan topik baru, atau pengembangan lebih lanjut dari topik sebelumnya Kegunaan lain dari paragraf ialah untuk menambah hal-hal yang penting atau untuk memperinci apa yang sudah diutarakan dalam paragraf sebelumnya atauparagraf yang terdahulu.

14 Dilihat dari segi fungsinya,paragraf dibagi menjadi 3, yaitu : 1.Paragraf Pembuka Pargraf pembuka merupakanparagraf yang berfungsi sebagai pengantar menuju masalah yang akan di uraikan. 2. Paragraf Inti Pargraf initi meruapakan paragraph yang berisi inti persoalan yang di kemukakan oleh penulis. 3. Paragraf Penutup Pargraf penutup merupakan paragraph yang berfungsi untuk mengakhiri sebuah karangan.paragraf ini biasanya berisis simpulan dari pargraf-paragraf penghubung.

15 WASSALAMMUNGALAIKUM.WR.WB Sekian, Terimakasih


Download ppt "ASSALAMUNGALAIKUM WR.WB. Konsep Dasar Bahasa Indonesia Kelompok VI Siti Rohimah (1201100064) Nesa Praseptya.A (1201100066) Ida Alfiana.C (1201100083)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google