Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

VISUAL IDENTITY IDENTITAS VISUAL. IDENTITAS VISUAL dalam pengertian umum adalah gambar/goresan yang merepresentasikan satu/lebih pesan dengan maksud tertentu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "VISUAL IDENTITY IDENTITAS VISUAL. IDENTITAS VISUAL dalam pengertian umum adalah gambar/goresan yang merepresentasikan satu/lebih pesan dengan maksud tertentu."— Transcript presentasi:

1 VISUAL IDENTITY IDENTITAS VISUAL

2 IDENTITAS VISUAL dalam pengertian umum adalah gambar/goresan yang merepresentasikan satu/lebih pesan dengan maksud tertentu.

3 Dalam konteks Corporate Identity, dikenal istilah yang sama namun tujuannya lebih terarah. Corporate Visual Identity Systems (CVIS) digunakan untuk mengkomunikasikan keberadaan sebuah perusahaan, organisasi, institusi ataupun golongan. Di dalamnya terdapat nama, lambang, tipografi, warna dan tagline/slogan. Corporate Visual Identity Systems (CVIS) diaplikasikan mulai dari stationary office hingga aktiva tetap seperti bangunan, sarana angkut serta pendukung promosi seperti merchandise. Kesemuanya itu bisa disebut sebagai identitas visual.

4

5

6

7 Dalam kuliah ini, penekanan lebih pada pengertian IDENTITAS VISUAL sebagai gambar/goresan yang merepresentasikan satu/lebih pesan dengan maksud tertentu. Namun tetap dihubungkan dengan bagaimana desainer menciptakannya untuk kepentingan identitas, misalnya logo. Kuliah ini sebagai pengantar sebelum masuk pada corporate identity. Pembatasan Permasalahan

8 Bagaimanakah manusia menangkap makna dari sebuah gambar? Pengalaman & pengetahuan manusia selama hidupnya-lah yang membantu mereka untuk mempersepsikan sebuah pesan dalam gambar.

9 Di Masa Hindu Kuno atau kepercayaan Hindu... Swastika, melambangkan daya & keselarasan jagad raya. Di Masa Perang Dunia II...

10 Dalam konteks kehidupan manusia, gambar banyak dipakai sebagai salah satu media penyampai informasi. Entah dengan foto, lukisan, maupun simbol-simbol tertentu.

11 Apakah makna dari sebuah gambar bisa sama pada orang yang berbeda? Bisa YA, bisa juga TIDAK. Kesamaan makna dapat terbentuk apabila ada kesamaan masa lalu atau kesamaan struktur kognitif yang disebut sebagai isomorfisme. Syarat terjadinya isomorfisme adalah bila berasal dari budaya yang sama, status sosial yang sama, ideologi yang sama. Dengan kalimat lain setiap individu mempunyai sejumlah maksimal pengalaman yang sama. Namun isomorfisme tidak pernah terjadi secara total karena selalu tersisa ada makna perorangannya.

12 ...?

13 Hewan pengerat. Penghuni tempat yang kotor. Pengganggu dan Perusak. Makanan berprotein tinggi. Koruptor!

14 Secara umum, bagaimana supaya pesan visual yang kita sampaikan tepat makna? Think Insight, Feel Insight... Kalau hubungannya dengan khalayak, gali data, meliputi aspek: Geografis, demografis, psikografis, dan behavioristis mereka.

15 YA, sebab dengan memperhatikan hal itu, khalayak dengan benar menangkap maksud dari logo itu. Hasilnya, citra / image perusahaan, institusi, dan produk bisa diketahui masyarakat. Apakah penciptaan logo juga harus tetap memperhatikan “insight” perusahaan, institusi, dan produk?

16 e.g. LIBRARY Cari tahu dan kumpulkan data verbal-visual seperti apa perpustakaan tersebut. Lokasinya, interior & eksteriornya, koleksi, serta pengunjungnya.

17 Dalam beberapa kasus, logogram dibikin tidak mudah ditangkap maknanya secara ‘stright to the point’ oleh khalayak. Hal ini mungkin ada maksudnya. Kok gitu?

18 Cari tahu sendiri, atau ikuti kuliah akan datang dengan tema “LOGO”


Download ppt "VISUAL IDENTITY IDENTITAS VISUAL. IDENTITAS VISUAL dalam pengertian umum adalah gambar/goresan yang merepresentasikan satu/lebih pesan dengan maksud tertentu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google