Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 KETERAMPILAN BERTANYA. 2 Pendahuluan Agar mendapat informasi yang akurat, seorang dokter harus belajar bertanya secara benar dan efektif sehingga betul-

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 KETERAMPILAN BERTANYA. 2 Pendahuluan Agar mendapat informasi yang akurat, seorang dokter harus belajar bertanya secara benar dan efektif sehingga betul-"— Transcript presentasi:

1 1 KETERAMPILAN BERTANYA

2 2 Pendahuluan Agar mendapat informasi yang akurat, seorang dokter harus belajar bertanya secara benar dan efektif sehingga betul- betul mendapatkan data yang akurat Agar mendapat informasi yang akurat, seorang dokter harus belajar bertanya secara benar dan efektif sehingga betul- betul mendapatkan data yang akurat

3 3 Fungsi Bertanya Memunculkan ide, pandangan atau perasaan Memunculkan ide, pandangan atau perasaan Membantu org lain untuk mencapai pengertian terhadap pandangan, opini dan perasaan Membantu org lain untuk mencapai pengertian terhadap pandangan, opini dan perasaan Memperlihatkn minat pada orang lain Memperlihatkn minat pada orang lain Memberikan kesempatan kpd orang lain Memberikan kesempatan kpd orang lain Berusaha menentukn ada tdknya fakta Berusaha menentukn ada tdknya fakta

4 4 Mengumpulkan informasi faktual tanpa diskusi lebih lanjut Mengumpulkan informasi faktual tanpa diskusi lebih lanjut Mendorong orang lain untuk membuat pilihan Mendorong orang lain untuk membuat pilihan Meringkas isi atau kesimpulan dari percakapan Meringkas isi atau kesimpulan dari percakapan Ekspresi yang sopan dan halus sebagai awal percakapan Ekspresi yang sopan dan halus sebagai awal percakapan Membuat informasi lebih konkret Membuat informasi lebih konkret

5 5 TUJUAN BERTANYA (DAN JUGA MENDENGAR) Mendorong klien utk berbicara Mendorong klien utk berbicara Menunjukkan minat dan perhatian kita terhadap klien Menunjukkan minat dan perhatian kita terhadap klien Meningkatkan kesadaran kita terhadap perasaan klien Meningkatkan kesadaran kita terhadap perasaan klien Utk memperoleh informasi Utk memperoleh informasi Memberi suatu arahan percakapan terhadap klien. Memberi suatu arahan percakapan terhadap klien.

6 6 APA SAJA YG BISA KITA PELAJARI DARI PERTANYAAN- PERTANYAAN Kondisi umum“Apakah yg ingin anda bicarakan?” Fakta-fakta“ Apa yg terjadi?” Perasaan2“ Bagaimana perasaan saudara tentang hal itu?” Alasan2“Mengapa saudara melakukan itu?” Spesifik“ Apakah saudara bisa memberikan contoh kepada saya?”

7 7 Jenis Pertanyaan 1. Pertanyaan Tertutup Pertanyaan yang hanya memerlukan jawabn ya atau tdk, suatu angka atau beberapa saja Pertanyaan yang hanya memerlukan jawabn ya atau tdk, suatu angka atau beberapa saja Pertanyaan-pertanyaan semacam ini dpt dimulai dari permulaan konsultasi untuk berkenalan, juga untuk medapatkan informasi seperti riwayat medik Pertanyaan-pertanyaan semacam ini dpt dimulai dari permulaan konsultasi untuk berkenalan, juga untuk medapatkan informasi seperti riwayat medik

8 8 2. Pertanyaan Terbuka pertanyaan yg memungkinkan adanya berbagai macam jawaban pertanyaan yg memungkinkan adanya berbagai macam jawaban Dipakai untuk mengetahui perasaan, pikiran, pengetahuan & keyakinan-keyakinan pasien Dipakai untuk mengetahui perasaan, pikiran, pengetahuan & keyakinan-keyakinan pasien Cara bertanya yg efektif adalah dengan menggunakan pertanyaan terbuka Cara bertanya yg efektif adalah dengan menggunakan pertanyaan terbuka Biasanya diawali dg kata “Bagaimana” atau “Apa” Biasanya diawali dg kata “Bagaimana” atau “Apa”

9 9 3. Pertanyaan Mendalam Pertanyaan menggali /memperjelas pernyataan pasien Pertanyaan menggali /memperjelas pernyataan pasien 4. Pertanyaan Mengarahkan Pertanyaan yg sifatnya sugesti Pertanyaan yg sifatnya sugesti Pertanyaan ini tdk tepat digunakan dlm konseling Pertanyaan ini tdk tepat digunakan dlm konseling Misal : “Apakah Ibu sudah mendengar bahwa pil KB berbahaya?” Misal : “Apakah Ibu sudah mendengar bahwa pil KB berbahaya?”

10 10 JENIS PERTANYAAN JENISKEGUNAANCONTOH Pertanyaan tertutup Untuk menanyakan riwayat kesehatan, data diri “Berapa jumlah anak ibu?”. “Apakah ibu bekerja?”. “Apakah ibu pernah keguguran sebelumnya?”.

11 11 JENISKEGUNAANCONTOH Pertanyaan terbuka Untuk mempelajari perasaan, kepercayaan dan pengetahuan klien. “Bagaimana perasaan ibu sekarang?” Bagaimana pendapat suami dengan keputusan ibu utk melahirkan disini?”

12 12 JENISKEGUNAANCONTOH Pertanyaan mendalam Untuk menanggapi pernyataan klien “Ibu tadi mengatakan bahwa ibu pernah keguguran, bisa ibu ceritakan lebih lanjut?” “Apakah maksud ibu dengan peristiwa yang menakutkan itu ?”.

13 13 JENISKEGUNAANCONTOH Pertanyaan mengarakan (bersifat sugestif) Tidak tepat digunakan “Tentunya ibu tidak inginkan punya anak digunakan lagi setelah melahirkan anak ketiga ini?”

14 14 Dengan menggunakan sejumlah pertanyaan-tertutup, provider MENGONTROL jalannya percakapan. Sang klien hanya akan memberikan informasi yg bersangkut-paut dengan pertanyaan yg ditanyakan.

15 15 Pertanyaan terbuka akan memberikan kebebasan atau kesempatan kepada klien dalam menjawab, memungkinkan partisipasi aktif dalam percakapan.

16 16 TIPS DALAM “BERTANYA YG EFEKTIF” Gunakan intonasi suara yang menunjukkan perhatian, minat dan keakraban. Gunakan intonasi suara yang menunjukkan perhatian, minat dan keakraban. Gunakan kata –kata yang dipahami klien. Gunakan kata –kata yang dipahami klien. Ajukan pertanyaan satu persatu. Tunggu jawaban dengan penuh minat, jangan memotong. Ajukan pertanyaan satu persatu. Tunggu jawaban dengan penuh minat, jangan memotong.

17 17 Gunakan kata-kata yang mendorong klien untuk tetap berbicara seperti : “dan?” ; “Bagaimana?” “lalu?”, maksudnya? Gunakan kata-kata yang mendorong klien untuk tetap berbicara seperti : “dan?” ; “Bagaimana?” “lalu?”, maksudnya? Bila harus menanyakan hal-hal yg sangat pribadi, jelaskan mengapa halitu harus ditanyakan. Bila harus menanyakan hal-hal yg sangat pribadi, jelaskan mengapa halitu harus ditanyakan. Hindari penggunaan kata tanya “mengapa”. Karena kemungkinan klien dapat merasa “ disalhkan”. Hindari penggunaan kata tanya “mengapa”. Karena kemungkinan klien dapat merasa “ disalhkan”.

18 18 Ajukan pertanyaan yg sama dengan berbagai cara bila klien belum paham. Ajukan pertanyaan yg sama dengan berbagai cara bila klien belum paham. Hindari pertanyaan yang mengarahkan Hindari pertanyaan yang mengarahkan Gunakan “Pertanyaan Terbuka” karena lebih efektif dari pada “pertanyaan tertutup”. Gunakan “Pertanyaan Terbuka” karena lebih efektif dari pada “pertanyaan tertutup”.

19 19 TERIMA KASIH


Download ppt "1 KETERAMPILAN BERTANYA. 2 Pendahuluan Agar mendapat informasi yang akurat, seorang dokter harus belajar bertanya secara benar dan efektif sehingga betul-"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google