Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sistem Informasi Persediaan dan Penjualan Di Fam’s Authentics Style Jatinangor Town Square (JATOS) Rizwan Hutama Aritonang 1.05.08.862 PROGRAM STUDI SISTEM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sistem Informasi Persediaan dan Penjualan Di Fam’s Authentics Style Jatinangor Town Square (JATOS) Rizwan Hutama Aritonang 1.05.08.862 PROGRAM STUDI SISTEM."— Transcript presentasi:

1 Sistem Informasi Persediaan dan Penjualan Di Fam’s Authentics Style Jatinangor Town Square (JATOS) Rizwan Hutama Aritonang PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNIVERISTAS KOMPUTER INDONESIA 2013

2 Latar Belakang 1.Sekilas Tentang Fam’s Authentics Style, Fams adalah salah satu usaha penjualan barang pakaian distribusi seperti : baju, celana, aksesoris, dan lainnya. Fams sendiri baru memulai usaha sekitar 7 bulan yang lalu. 2. Kegiatan Yang Dijalankan Dalam Menjalankan Usaha -Melakukan order barang distribusi dengan distributor -Mengelola barang distribusi baik digudang maupun ditoko -Menjualan barang distribusi tersebut ke konsumen

3 Identifikasi Masalah 1. Adanya kesulitan dalam order distribusi barang dikarenakan data persediaan barang hanya mengacu terhadap pembukuan data persediaan di gudang saja sehingga data tidak aktual. 2. Adanya kesulitan dalam integrasi persediaan barang di gudang dan persediaan barang di toko karena belum memiliki sistem terpusat (database). 3. Dalam penjualan barang masih dilakukan secara manual, dimana rawan akan terjadinya kesalahan penghitungan total pembayaran.

4 Batasan Masalah 1. Sistem informasi yang dibangun meliputi order barang distribusi, pengelolaan barang persediaan di persediaan (gudang) maupun di toko & penjualan barang distribusi tersebut. 2. Pembayaran order distribusi baik penerimaan order langsung atau delivery order semua dibayar ketika transaksi penerimaan 3. Hanya distributor yang sudah terdaftar difam’s saja yang dapat dilakukan permintaaan order distribusi 4. Dalam proses transaksi penjualan dilakukan secara tunai (cash) 5. Tidak menerima order distribusi yang tidak bergaransi

5 Batasan Masalah (cont) 6. Garansi dihitung dalam waktu 1 bulan (min 1 bulan) 7. Tidak membahas diskon penjualan, pembuatan pelanggan 8. Barang yang dikirim dari gudang ke toko (penjualan) dilakukan secara inisiatif dari pemilik ataupun bag persediaan (gudang) 9. Sistem yang dibangun berbentuk aplikasi desktop, dengan database yang disimpan secara online. 10. User dapat menggunakan login tanpa adanya session ataupun token untuk login sendiri.

6 Use Case Diagram Yang Sedang Berjalan

7 Activity Diagram Yang Sedang Berjalan 1. Activity Diagram Order Distribusi

8 Activity Diagram Yang Sedang Berjalan 2.. Activity Diagram Persediaan

9 Activity Diagram Yang Sedang Berjalan 3. Activity Diagram Penjualan

10 Use Case Diagram Yang Diusulkan

11 Class Diagram Yang Diusulkan

12 Component Diagram Yang Diusulkan

13 Deployment Diagram Yang Diusulkan

14 Kesimpulan 1. Pengolahan data menjadi lebih efektif. 2. Mempermudah dalam pengelolaan barang distribusi persediaan baik yang berada di persediaan (gudang) maupun di penjualan (toko). 3. Pembuatan laporan, baik laporan penjualan, list permintaan order distribusi barang yang belum mendapat tanggapan dari distributor maupun sebaliknyam laporan penerimaan delivery order distribusi barang dapat diakses dengan cepat.

15 Saran 1. Perlu diperluas lagi cakupan dari sistem yang telah dibuat, seperti membuat web store dari fam’s sendiri (terlebih database sudah diakses secara online). 2. Perlu diperluas lagi dalam proses transaksi penjualan sehingga mampu menangani transaksi baik itu secara debit maupun credit. 3. Perlu diperluas lagi dalam proses permintaan list order sehingga bisa melakukan transaksi distribusi barang yang hanya terdaftar di fam’s. 4. Disarankan dalam sistem yang nantinya dikembangkan dapat menangani transaksi penerimaan order distribusi yang tidak hanya dapat dilakukan saat transaksi penermaan saja.

16 Saran Cont 5. Mampu menangani transaksi penerimaan distribusi barang yang tidak bergaransi. 6. Perlu diperluas sehingga dalam penghitungan garansi tidak hanya dalam satuan waktu bulan (perbulan) saja. 7. Perlu diperluas dalam transaksi penjualan sehingga mampu menangani proses pembuatan diskon ataupun pembuatan pelanggan 8. Disarankan dalam sistem yang nantinya dikembangkan, agar lebih memudahkan diharapkan dibuatkannya web service sehingga dapat mengurangi terjadi error pada sistem aplikasi.


Download ppt "Sistem Informasi Persediaan dan Penjualan Di Fam’s Authentics Style Jatinangor Town Square (JATOS) Rizwan Hutama Aritonang 1.05.08.862 PROGRAM STUDI SISTEM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google