Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

EKONOMI TANGKAP LEBIH. Masalah terbesar di perikanan : 1. Tangkap Lebih (Overfishing) : disebabkan oleh ekspansi penangkapan yang berlebihan yang dipicu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "EKONOMI TANGKAP LEBIH. Masalah terbesar di perikanan : 1. Tangkap Lebih (Overfishing) : disebabkan oleh ekspansi penangkapan yang berlebihan yang dipicu."— Transcript presentasi:

1 EKONOMI TANGKAP LEBIH

2 Masalah terbesar di perikanan : 1. Tangkap Lebih (Overfishing) : disebabkan oleh ekspansi penangkapan yang berlebihan yang dipicu oleh rezim open access. 2. Kapasitas Lebih (over dan excess capacity) : peningkatan jumlah kapal, perbaikan teknologi penangkapan dan ekspansi.

3 Overfishing (Tangkap lebih) adalah penangkapan ikan yang melebihi kapasitas stok (sumberdaya), sehingga kemampuan stok untuk meproduksi pada tingkat maximum sustainable yield atau MEY menurun.

4 Pengertian overfishing bisa diartikan sebagai overfishing secara biologi maupun secara ekonomi.

5 Overfising bukan masalah hanya pada perikanan modern, tetapi sudah ulai dari Zaman dahulu. 1. Zaman Nabi Musa (Q.S. Al Araf :163) : bani Israel dilarang melakukan pekerjaan pada hari sabtu, sehingga jika alat tangkap trawl tersebut dibiarkan selama lebih dari 2 hari maka ikan yang tertangkap akan banyak (pada hari minggu saat larangan bekerja sabtu sudah lewat). Larangan yang dilakukan adalah menangkap ikan pada hari sabtu agar terjadi pemulihan stok tetapi kaum ini melanggarnya sehingga terjadi overfishing. 2. Perikanan Anchovy (sejenis teri ) diPeru : Perikanan ini koleps tahun 1970an

6 3. Perikanan Cod diperairan Atlantik : pemerintah Kanada memberlakukan moratorium pada akhir 1990an khususnya pada tuna sirip biru. Penurunan Stok Tuna dibeberapa tempat : Wiayalah Atlantik dan Mediterania : > 74% dari ton thn 1958 menjadi thn Wilaya Atlantik Barat : 82% dari ton tahun 1970 menjadi ton tahun 2007

7 Pemicu overfishing jenis ikan adalah tingginya permintaan di pasar khususnya pasar Jepang. Harga : dari Atlantik US$ / ekor (Rp 1.8 M) Harga dipasar ikan Tsukiji, Tokyo Jepang.

8 TANGKAP LEBIH SECARA EKONOMI Yaitu : situasi dimana perikanan yang semetinya mampu menghasilkan rente ekonomi yang positif, namun ternyata menghasilkan rente ekonomi yang nihil karena pemanfaatan input (effort) yang berlebihan.

9 Bagaiman Cara Melihat Overfishing secara Ekonomi???

10 Cara melihat overfising secara ekonomi dengan menggunakan Gordon Schaefer 1. Gordon-Schaefer memiliki dua persamaan fundamental : Persamaan dinamika stok Persamaan rente ekonomi lestari.

11 Mekanisme overfishing secara ekonomi

12 2. Menggunakan rente lestari

13 KAPASITAS PERIKANAN Menurut Pascoe dan Greboval (2003) pemicu terjadinya kapasitas lebih adalah: Harga ikan yang relative inelastic dianggap dapat mengkompensasi penurunan SD. Dampak dari penambahan wilayah laut dan kebijkan nasional perikanan serta pemberian subsidi besar- besaran pada sector perikanan. Kapasitas perikanan yang relative mobile yang menyebabkan ekses capital bisa dipindahkan dari satu armada kearmada yang lain. Perubahan pola industry perikanan yag cenderung global menuntut industry bersifat kompetitif dan capital intensive Kegagalan kebijakan perikanan secara umum.

14 Defenisi kapasitas perikanan : Kemampuan komponen input perikanan (stok ikan dan modal) untuk menghasilkan out put. Kapasitas perikanan dapat juga diartikan sebagai kemampuan dari kapal atau armada untuk menangkap ikan. Jumlah maksimum ikan yang dapat ditangkap dalam periode tertentu oleh suatu armada perikanan dalam kondisi pemanfaatan penuh dengan kondisi biams (stok ikan dan teknologi yang ada.

15 Secara garis besar, arti dari kapasitas perikanan adalah mengacu pada komponen input dan out put yg digunakan dalam perikanan.

16 LANDASAN TEROI YANG DIGUNAKAN UNTUK KAPASITAS PERIKANAN : 1. Teori ekonomi produksi : Kapasitas diartikan sebagai kemungkinan produksi yang maksimum yang dapat dihasilakn dengan ketersediaan teknologi, input tetap dan input variable.

17 2. Return to scale : Memisahkan antara excess capacity dengan overcapacity excess capacity : perbedaan antara out put potensial maksimum dengan produksi actual dengan asumsi ketersediaan teknologi input tetap dan input variable serta SD dimanfaatkan secara efisien overcapacity : perbedaan antara out put potensial maksismum yang dapat dihasilkan dengan tingkat out put optimal yang diinginkan. Dengan asumsi ketersediaan teknologi input tetap dan input variable serta SD dimanfaatkan secara efisien.


Download ppt "EKONOMI TANGKAP LEBIH. Masalah terbesar di perikanan : 1. Tangkap Lebih (Overfishing) : disebabkan oleh ekspansi penangkapan yang berlebihan yang dipicu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google