Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

WAHYU TRIANINGRUM, 2450407016 Fotografi Aktivitas Penambang Minyak Tradisional di Cepu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "WAHYU TRIANINGRUM, 2450407016 Fotografi Aktivitas Penambang Minyak Tradisional di Cepu."— Transcript presentasi:

1 WAHYU TRIANINGRUM, Fotografi Aktivitas Penambang Minyak Tradisional di Cepu.

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : WAHYU TRIANINGRUM - NIM : PRODI : Seni Rupa (Desain Komunikasi Visual) - JURUSAN : Seni Rupa - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - yellowyellowpink pada domain rocketmail.com - PEMBIMBING 1 : Supatmo, S.Pd., M.Hum. - PEMBIMBING 2 : Drs. Ruswondho - TGL UJIAN :

3 Judul Fotografi Aktivitas Penambang Minyak Tradisional di Cepu.

4 Abstrak Judul : Fotografi Aktivitas Penambang Minyak Tradisional di- Cepu Penulis : Wahyu Trianingrum Dosen Pembimbing : Supatmo S.Pd. M. Hum. Drs. Ruswondho. Kata Kunci : Fotografi, Aktivitas, Penambang minyak, Tradisional Di Cepu kabupaten Blora masih terdapat tambang minyak tradisional, yang dikelola dengan alat-alat tradisional. Walaupun sejak tahun 1994 telah diperbolehkan mesin untuk membantu pekerjaan, dalam proses masih menggunakan alat sederhana. Seluruh pekerjanya laki-laki. Para penambang mulai bekerja dari pukul WIB. Aktivitas penambang ini memiliki keunikan tersendiri karena di era teknologi ini masih ada tambang tradisional. Melalui karya fotografi, situasi, kondisi, dan aktivitas para penambang tersebut dicoba untuk didokumentasikan dan dikomunikasikan kepada masyarakat. Tujuan pembuatan karya proyek studi ini adalah : (1) mengkomunikasikan perasaan, ide atau gagasan mengenai aktivitas penambang minyak tradisional di Cepu melalui karya fotografi, (2) mendokumentasikan aktivitas penambang minyak tradisional di Cepu dalam bentuk fotografi, dengan harapan dapat menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa masih ada penambang minyak yang bekerja keras dengan penuh resiko menggunakan alat tradisional. Media yang digunakan dalam proses penciptaan karya yakni kamera DSLR tipe Canon 1000D dan Nikon D7000. Kamera dilengkapi dengan lensa tele mm dan lensa standart 18-55mm serta tripod. Proses berkarya fotografi mencakupi : (1) persiapan, (2) hunting ke lokasi, (3) menemukan gagasan, (4) exposure, (5) review, (6) editing, (7) proses pencetakan, (8) penyajian karya. Hasil proyek studi ini berupa karya fotografi dengan subjek utama aktivitas penambang minyak tradisional di Cepu. Jumlah karya keseluruhan yaitu 18 karya dengan ukuran 12 R dan berbingkai. Subjek dalam karya tersebut sebagian besar menampilkan bentuk aktivitas penambang minyak tradisional di Cepu secara utuh dengan format vertikal (portrait) dan horizontal (landscape) yang menampilkan karakteristik setiap bentuk aktivitas penambang minyak tradisional di Cepu. Berdasarkan hasil proyek studi ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) proyek studi ini dapat mengkomunikasikan perasaan, ide atau gagasan mengenai aktivitas penambang minyak tradisional di Cepu, (2) dapat mendokumentasikan aktivitas penambang minyak tradisional di Cepu serta dapat menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa masih ada penambang minyak yang bertahan menggunakan alatalat tradisional.

5 Kata Kunci Fotografi, Aktivitas, Penambang minyak, Tradisional

6 Referensi DAFTAR PUSTAKA Alwi,A.M.2004.Foto Jurnalistik(Metode Memotret dan Mengirim Foto ke Media Massa), Jakarta: PT Bumi Aksara. Ajidarma.2005.Kisah Mata: Fotografi Antara Dua Subjek. Yogyakarta: Galangpress. Giwanda, Griande Panduan Praktis Tekhnik Studio Foto cetakan 1. Jakarta: Puspa Swara. Halftoon.1982.Pengertian Fotografi.Jakarta: PT.Elex Media Komputindo. Kusrianto,Adi.2007.Pengantar Desain Komunikasi Visual.Yogyakarta: CV Andi Offset. Naskah Pengembangan Media Pembelajaran Seni Rupa Rondhi,M ”Nilai Seni Patung” dalam Media No.3 th. XIII Semarang: IKIP Semarang. Soelarko,R.M Penuntun Fotografi.Bandung: PT. Karya Nusantara. Soelarko,R.M.1978.Komposisi Fotografi.Jakarta: PT Indira.

7 Terima Kasih


Download ppt "WAHYU TRIANINGRUM, 2450407016 Fotografi Aktivitas Penambang Minyak Tradisional di Cepu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google