Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Konfigurasi Router Debian 6.07. INSTALASI LINUX DEBIAN 6.07 Mensetting booting komputer pada BIOS. Pastikan booting pertama adalah CD/DVD. Pastikan CD-ROM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Konfigurasi Router Debian 6.07. INSTALASI LINUX DEBIAN 6.07 Mensetting booting komputer pada BIOS. Pastikan booting pertama adalah CD/DVD. Pastikan CD-ROM."— Transcript presentasi:

1 Konfigurasi Router Debian 6.07

2 INSTALASI LINUX DEBIAN 6.07 Mensetting booting komputer pada BIOS. Pastikan booting pertama adalah CD/DVD. Pastikan CD-ROM Drive pada posisi teratas karena kita akan booting lewat CD ROM dan melakukan instalasi menggunakan CD/DVD. Apabila kita melakukan instalasi lewat Jaringan, maka Network Boot from AMD Am79C970A berada pada posisi teratas.

3 Tekan enter pada Exit Saving Changes untuk menyimpan konfigurasi yang sudah dilakukan dan keluar dari BIOS. Pada pilihan konfirmasi pilih Yes.

4 Memilih mode instalasi. Mode instalasi ada beberapa macam : Tekan Enter pada Install untuk instalasi mode text Tekan Enter pada Graphical install untuk instalasi mode GUI / mode Grafik Tekan Enter pada Advanced options untuk melihat pilihan lain Tekan Enter pada Help untuk melihat petunjuk yang ada.

5 Tekan Enter pada Install karena kita akan menginstal debian dengan mode text.

6 Memilih bahasa yang akan digunakan. Bahasa default yang digunakan adalah English. Tekan enter pada English – English karena kita akan menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa bahasa default dari system debian.

7 Memilih negara yang Anda tempati. Tekan enter pada other untuk mencari negara indonesia.

8 Tekan enter pada Asia untuk mencari negara indonesia.

9 Tekan enter pada Indonesia karena kita memilih negara ini untuk setting lokasi yang kita tempati sekarang.

10 pemilihan default country locale setting

11 Memilih layout keyboard yang akan digunakan. Secara default layout keyboard adalah American English. Tekan enter pada American English sesuai dengan default dari keyboard layout yang kita gunakan.

12 Proses scanning CD/ DVD yang digunakan untuk melakukan proses instalasi.

13 Proses Loading komponen linux.

14 Mengkonfigurasi NIC utama yg akan Digunakan untuk Proses instalasi

15 ROUTERINTERNETSERVER eth eth eth X eth CLIENT

16 Proses konfigurasi jaringan dengan DHCP (Dynamic Host Control Protocol) atau Pendistribusian IP Address secara otomatis. Apabila menggunakan DHCP dari sebuah server yang tersedia, maka tunggu proses sampai 100%. Karena kita akan mengkonfigurasi Network secara manual, maka tekan enter pada Cancel.

17 Proses konfigurasi jaringan dengan DHCP gagal, hal ini disebabkan tidak ditemukan server yang mendistribusikan DHCP ataupun tidak ada perangkat jaringan yang terpasang. Namun tidak mengganggu proses instalasi yang sedang dilaksanakan. Tekan enter pada Continue untuk melanjutkan proses instalasi.

18 Tekan enter pada Configure network manually karena kita akan mengkonfigurasi Network secara manual dengan IP Address, Netmask, Gateway, DNS yang sudah kita tentukan sendiri.

19 Memilih cara mengkonfigurasi jaringan. Pilihan yang pertama dan yang kedua digunakan untuk mengkonfigurasi jaringan menggunakan DHCP. Pilihan yang ketiga digunakan untuk mengkonfigurasi jaringan di dalam proses instalasi. Pilihan yang keempat digunakan untuk mengkonfigurasi jaringan setelah proses instalasi selesai.

20 Mengkonfigurasi IP Address di dalam proses instalasi. Masukkan IP Address yang sudah ditentukan sebelumnya.

21 Mengkonfigurasi Netmask di dalam proses instalasi instalasi. Masukkan Netmask yang sudah ditentukan sebelumnya. Contoh menggunakan Netmask Tekan enter untuk melanjutkan instalasi.

22 Mengkonfigurasi Gateway di dalam proses instalasi. Masukkan Gateway yang sudah ditentukan sebelumnya.

23 Mengkonfigurasi Alamat Name Server atau Nomor DNS Server di dalam proses instalasi. Masukkan Name server addresses yang sudah ditentukan sebelumnya.

24 APA ITU DNS ? DNS adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel ( ) untuk setiap domain. Fungsi DNS 1.Menerjemahkan nama komputer ke IP address (memetakan nama komputer menjadi IP address). 2.Kerangka Peraturan pengiriman secara kontroversi menggunakan keuntungan jenis rekod DNS, dikenal sebagai rekod TXT. 3.Menyediakan keluwesan untuk kegagalan computer,Beberapa server DNS memberikan perlindungan untuk setiap domain. Tepatnya,Tiga belas server akar (root server) digunakan oleh seluruh dunia. Contoh

25 Mengkonfigurasi Hostname di dalam proses instalasi. Masukkan Hostname atau nama komputer. Tekan enter untuk melanjutkan instalasi.

26 Mengkonfigurasi Nama Domain di dalam proses instalasi. Masukkan Domain name atau nama domain. Contoh : tkjsmkn1gs.net Tekan enter untuk melanjutkan instalasi.

27 Setting password Untuk Root

28

29 Setting nama user

30

31 Setting password Untuk user baru

32

33 Mengkonfigurasi zona waktu pada kota yang Anda tempati. Tekan enter pada Jakarta

34 Proses pendeteksian Disk dan hardware yang lain.

35 Proses persiapan partisi harddisk.

36 Memilih cara partisi harddisk. Pilihan pertama, partisi dilakukan secara otomatis dengan menghapus semua partisi yang ada di harddisk dan menggunakan semua kapasitas harddisk yang ada untuk partisi linux debian. Pilihan kedua, partisi dilakukan secara otomatis dengan menghapus semua partisi yang ada di harddisk dan menggunakan semua kapasitas harddisk yang ada untuk partisi linux debian dan di set LVM ( Logical Volume Management). Pilihan ketiga, partisi dilakukan secara otomatis dengan menghapus semua partisi yang ada di harddisk dan menggunakan semua partisi yang ada untuk partisi linux debian dan di set enctypted LVM. Pilihan keempat, partisi dilakukan secara manual sesuai yang dibutuhkan dan menyesuaikan harddisk yang ada.

37 Tekan enter pada Manual karena kita akan mempartisi harddisk secara manual. Pilihan ini sangat cocok apabila harddisk kita sudah terisi data lain (misal terdapat sistem operasi windows yang sudah ada sebelumnya) agar data tersebut tidak terhapus karena nantinya kita akan membuat partisi baru yang difungsikan untuk menyimpan linux yang kita install sekarang.

38 Membuat partisi pada space/bagian harddisk yang kosong. Tekan enter pada label FREE SPACE untuk membuat partisi baru. Partisi diatas masih kosong karena harddisk masih baru dan sementara hanya akan terisi linux yang sekarang kita install. Tampilan diatas bisa tidak sama tergantung harddisk yang anda gunakan apakah masih kosong ataupun sudah berisi data. Namun anda tidak perlu bingung, anda tinggal mencari label FREE SPACE untuk membuat partisi baru.

39 Membuat partisi secara otomatis pada space/bagian harddisk yang kosong. Tekan Enter pada Create a new partition untuk membuat partisi baru.

40

41

42 Karena kita memilih membuat partisi secara manual, maka tampilan selanjutnya adalah menentukan besar kapasitas yang digunakan untuk partisi. Anda tentukan berapa kapasitas yang digunakan untuk partisi root. Contoh 7 GB untuk partisi root. Tekan enter untuk melanjutkan instalasi

43 Tekan enter pada Primary untuk mengeset partisi sebagai Primary Partisi.

44 Tekan enter pada Beginning untuk melanjutkan proses instalasi.

45 Proses konfigurasi Partisi baru

46 Pastikan pada bagian Mount point adalah /. Tekan enter pada Done setting up the partition untuk melanjutkan instalasi.

47 Tekan enter pada FREE SPACE karena kita akan membuat partisi kedua yaitu swap.

48 Tekan enter pada Create a new partition untuk membuat partisi baru (dalam hal ini partisi swap).

49 Kapasitas dari partisi swap adalah 2 kali dari memory fisik (RAM) yang anda gunakan. Anda tentukan berapa kapasitas yang digunakan untuk partisi swap. Contoh 1.6 GB untuk partisi swap karena memory yang digunakan adalah 768. Tekan enter untuk melanjutkan instalasi

50 Tekan enter pada Logical untuk mengeset partisi sebagai Logical Partisi.

51 Proses konfigurasi Partisi baru

52 Pastikan pada bagian Use as adalah swap area karena kita sedang membuat partisi swap. Tekan enter pada Done setting up the partition untuk melanjutkan proses instalasi.

53

54

55 Partisi sudah selesai dibuat. Tekan enter pada Finish partitioning and write changes to disk untuk mengakhiri proses partisi dan partisi siap untuk di format.

56 Tekan enter pada yes untuk memformat partisi yang sudah dilakukan sebelumnya.

57 Proses format partisi yang sudah dibuat sebelumnya.

58 Proses instalasi base system.

59 Melakukan konfigurasi paket Paket yang akan di install.

60 Proses scanning cd/dvd Kedua jika ada pilih Yes Jika tidak ada pilih NO

61 Proses pembacaan paket linux yg akan diinstall.

62 Menggunakan Network Mirror

63 Pilih Indonesia untuk mirror lokal

64 Pilih kambing.ui.ac.id

65 Biarkan tetap kosong

66 Proses konfigurasi Ke repositori kambing.ui.ac.id

67 Proses instalasi Paket.

68 Partisipasi dalam survey penggunaan paket

69 proses penyempurnaan instalasi.

70 Memilih software atau paket yang akan diinstall. Hapus tanda centang pada Desktop environment karena komputer ini nantinya akan difungsikan sebagai server yang lebih mementingkan kemampuan daripada graphic. Beri tanda pada Standard system dan ssh. Tekan enter untuk melanjutkan proses Instalasi.

71

72 Proses instalasi GRUB bool loader.

73 Proses finishing instalasi.

74 Tampilan Instalasi selesai. Tekan enter pada Continue untuk mengakhiri proses instalasi linux debian 6.0.7

75 Setelah proses instalasi selesai, komputer akan melakukan restart dan akan muncul tampilan boot loader. Tekan enter pada Debian GNU/Linux, kernel untuk masuk ke sistem operasi debian 6.07 yang baru saja selesai kita install. Komputer siap melakukan restart

76 Tekan enter untuk masuk ke sistem operasi debian 6.07 yang baru saja selesai kita install.

77 Proses deteksi hardware yang terpasang pada komputer serta mengaktifkan service-service yang ada pada linux.

78 Setelah proses deteksi hardware dan pengaktifan service selesai. Login menggunakan user yang sudah anda buat pada waktu instalasi.

79 Login terlebih dahulu sebagai user root dengan password yang sudah diset waktu instalasi. Pada pengisian password, sengaja tidak ada tanda ataupun tampilan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kerahasiaan dari setiap user ataupun root yang melakukan login. router login: root Password: router login: root Password:

80 MENGARAHKAN REPOSITORY nano /etc/apt/sources.list Kita akan menambahkan repository kambing.ui.ac.id Untuk mengupdate versi kernel dengan cara mengedit souces listnya tambahkan baris berikut pada akhir baris deb squeeze-backports main non-free contrib deb-src squeeze-backports main non-free contrib

81 Untuk menyimpan tekan Ctrl+o (F3) kemudian tekan Ctrl+x (F2)

82 Update Kernel apt-get update

83 apt-get -t squeeze-backports install linux-image bpo linux-headers bpo firmware-linux- free

84 ketik q untuk melanjutkan, apabila instalasi telah selesai restart komputer dengan memasukan perintah reboot

85 Mensetting IP Address, Netmask, Network, Broadcast dan sebagainya (eth0, eth1, eth2) pada file /etc/network/interfaces. # eth0 ke modem auto eth0 iface eth0 inet static address netmask network broadcast gateway # dns-* options are implemented by the resolvconf package, if installed dns-nameservers dns-search tkjsmkn1gs.net nano /etc/network/interfaces SETTING NIC (NETWORK INTERFACE CARD)

86 # eth1 ke server auto eth1 iface eth1 inet static address netmask network broadcast # eth2 ke APN auto eth2 iface eth2 inet static address netmask network broadcast Untuk menyimpan tekan Ctrl+o (F3) kemudian tekan Ctrl+x (F2)

87 allow-hotplug diganti dengan auto. Catatan untuk pc yg tidak terdeteksi NICnya, maka tetap menggunakan allow-hotplug

88 restart network interface /etc/init.d/networking restart

89 Mensetting Firewall iptables -F iptables -t nat -F iptables -t mangle -F iptables -X iptables -A input -i lo -j MASQUARADE echo 1 > /proc/sys/net/ipv4/ip_forward iptables -F iptables -t nat -F iptables -t mangle -F iptables -X iptables -A input -i lo -j MASQUARADE echo 1 > /proc/sys/net/ipv4/ip_forward Jalankan perintah berikut pada terminal

90 Simpan iptables iptables-save

91 Simpan iptables menjadi file iptables-save > /root/firewall.conf

92 Mengkonfigurasi RC local nano /etc/rc.local tambahkan kedua baris berikut sebelum exit 0 iptables-restore < /root/firewall.conf echo 1 > /proc/sys/net/ipv4/ip_forward

93 Untuk menyimpan tekan Ctrl+o (F3) kemudian tekan Ctrl+x (F2)

94 setting dns pada /etc/resolv.conf nano /etc/resolv.conf edit /etc/resolv.conf jadi seperti ini nameserver

95 DHCP SERVER apt-get install dhcp-server -y

96

97 Edit /etc/dhcp/dhcpd.conf nano /etc/dhcp/dhcpd.conf Hapus hastag (#) didepan authoritative; edit baris2 berikut # A slightly different configuration for an internal subnet. subnet netmask { range ; option domain-name-servers ; #( ip server------) option domain-name "tkjsmkn1gs.net"; option routers ; option broadcast-address ; default-lease-time 600; max-lease-time 7200; }

98

99 Untuk menyimpan tekan Ctrl+o (F3) kemudian tekan Ctrl+x (F2)

100 Restart dhcp server /etc/init.d/isc-dhcp-server restart

101 Catatan : (name server harus di rubah menjadi ipserver yang nanti akan dibuat misal ipserver maka nameserver harus mengikuti ipserver Menconfigurasi ulang resolv.conf nano /etc/resolv.conf

102 PROXY SERVER apt-get install squid -y

103 Mengedit Konfigurasi Squid (Squid.Conf) nano /etc/squid/squid.conf

104 cari keyword http_port 3128, tambahkan kata transparent dibelakangnya sehingga menjadi http_port 3128 transparent cari keyword http_port 3128, tambahkan kata transparent dibelakangnya sehingga menjadi http_port 3128 transparent Cara cepat bisa dengan menggunakan ctrl-w Kemudian masukan kata yang ingin dicari Cara cepat bisa dengan menggunakan ctrl-w Kemudian masukan kata yang ingin dicari

105

106 cari keyword acl connect dan tambahkan script berikut ini tepat dibawah tulisan acl CONNECT method CONNECT acl blok url_regex "/etc/squid/blokir.txt"

107 Cari keyword cache_mem, kemudian hilangkan tanda pagar “#” didepan tulisan tersebut dan ubah 8 MB menjadi 16 MB

108 cari keyword cache_mgr, kemudian hilangkan tanda pagar “#” didepan tulisan tersebut dan ubah webmaster menjadi (sesuaikan dengan user yang akan dibuat nanti pada saat setting squirrelmail)

109 cari keyword http_access deny all, kemudian hilangkan tanda pagar “#” didepan kata tersebut dan ganti kata all menjadi blok

110 cari keyword http_access deny all, kemudian hilangkan tanda pagar “#” didepan kata tersebut dan ganti kata deny menjadi allow Untuk menyimpan tekan Ctrl+o (F3) kemudian tekan Ctrl+x (F2)

111 Membuat daftar situs yang akan di filter nano /etc/squid/blokir.txt Isikan nama situs yang akan di filter : ex.

112 Untuk menyimpan tekan Ctrl+o (F3) kemudian tekan Ctrl+x (F2)

113 nano /etc/rc.local Mengkonfigurasi Ulang rc.local tambahkan dibawah iptables-restore < /root/firewall.conf iptables -t nat -A PREROUTING -i eth2 -p tcp --dport 80 -j REDIRECT --to-port 3128 sehingga tampilan rc.local akan menjadi seperti ini iptables-restore < /root/firewall.conf iptables -t nat -A PREROUTING -i eth2 -p tcp --dport 80 -j REDIRECT --to- port 3128 echo 1 > /proc/sys/net/ipv4/ip_forward

114 Untuk menyimpan tekan Ctrl+o (F3) kemudian tekan Ctrl+x (F2)

115 reebot Restart router untuk menjalankan router secara maksimal

116 Contoh situs yang berhasil di blok pada client

117


Download ppt "Konfigurasi Router Debian 6.07. INSTALASI LINUX DEBIAN 6.07 Mensetting booting komputer pada BIOS. Pastikan booting pertama adalah CD/DVD. Pastikan CD-ROM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google