Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 TIP-TIP PERUNDINGAN TIP-TIP PERUNDINGAN PERJANJIAN KERJA BERSAMA (PKB) Pembekalan Perundingan PKB DPN APINDO Oleh: Drs. H. Hasanuddin Rachman, MIM Ketua.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 TIP-TIP PERUNDINGAN TIP-TIP PERUNDINGAN PERJANJIAN KERJA BERSAMA (PKB) Pembekalan Perundingan PKB DPN APINDO Oleh: Drs. H. Hasanuddin Rachman, MIM Ketua."— Transcript presentasi:

1 1 TIP-TIP PERUNDINGAN TIP-TIP PERUNDINGAN PERJANJIAN KERJA BERSAMA (PKB) Pembekalan Perundingan PKB DPN APINDO Oleh: Drs. H. Hasanuddin Rachman, MIM Ketua DPN APINDO Bidang Hubungan Industrial dan Advokasi Managing Partners HR-IR Consultant Jakarta, 29 Oktober 2008

2 2 Itikad Baik Dalam Perundingan  Transparan  Saling Percaya dan Menghormati  Jujur dan Terbuka  Tidak Curang  Tidak Menyesatkan  Jangan Menolak Berunding tanpa Alasan yang Logis  Jangan Meremehkan Perundingan  Mogok dan Lockout sebagai Pilihan Terakhir  Berbagi Informasi.

3 3 Yang Dilakukan Sebelum Perundingan Bersama Keinginan untuk memasuki tahap perundingan/ negosiasi; Ada wilayah-wilayah potensial yang dapat dijadikan konsesi; Kedua belah pihak mempunyai wewenang untuk menyesuaikan posisi mereka; Masing-masing pihak telah mempersiapkan secara cermat posisi negosiasinya.

4 4 Empat Tahapan Perundingan Bersama 1.Persiapan, mencakup penentuan sasaran dan prioritas, mengumpulkan informasi, dan menentukan strategi yang akan digunakan; 2.Diskusi, menandakan dimulainya proses perundingan bersama; 3.Perundingan (Tawar-Menawar), mencakup ajuan proposal atau usulan, penawaran konsesi dan mengarah pada suatu kesepakatan; 4.Penutup dan Kesepakatan, kedua belah pihak secara aktif mencari posisi menang-menang dan mencapai suatu kesepakatan yang dapat diterima bersama.

5 5 Kondisi dan Suasana Perundingan Kondisi dan suasana sebelum memulai perundingan; Kesiapan bahan awal; Suasana dan kenyamanan tempat; Dukungan sekretariat.

6 6 Persiapan Perundingan Yang Baik 1.Penentuan Tim Perunding. 2.Tata Tertib perundingan. 3.Strategi perundingan bersama. 4.Kiat-kiat untuk melancarkan perundingan. 5.Teknik komunikasi dalam perundingan bersama. 6.Masalah-masalah yang dihadapi dalam perundingan bersama. 7.Win-win solution.

7 7 Penentuan Tim Perunding Pengusaha dan SP/SB menunjuk Tim Perunding sesuai kebutuhan masing masing paling banyak 9 (sembilan) orang dengan kuasa penuh; SP/SB yang tidak terwakili dapat menyampaikan aspirasinya secara tertulis kepada Tim Perunding sebelum dimulai perundingan.

8 8 Tata Tertib Perundingan Tujuan pembuatan Tatib; Susunan Tim Perunding; Ketua Tim Perunding dan Juru Bicara; Lamanya masa perundingan; Materi perundingan; Tempat perundingan; Tata-cara perundingan; Cara penyelesaian apabila terjadi kebuntuan perundingan; Sahnya perundingan; Biaya perundingan.

9 9 Strategi Perundingan Bersama 1.Bicara fakta; 2.Melakukan kontrol diri; 3.Katakan kebenaran; 4.Meminta lebih dari yang diharapkan; 5.Usahakan penawaran akhir berhasil; 6.Bersikap tegas untuk persoalan khusus; 7.Tanyakan bukti; 8.Waktu bertindak secara hati-hati; 9.Mengambil keuntungan dari waktu istirahat.

10 10 Kiat-Kiat Untuk Melancarkan Perundingan Delapan strategi menarik perhatian komunikan : 1.Merumuskan sasaran komunikasi dan antisipasi prospek; 2.Mengenali komunikan; 3.Mengenali diri sebagai komunikator; 4.Menempatkan komunikasi dalam konteks pembicaraan; 5.Menumbuhkan keyakinan komunikan; 6.Menyenangkan komunikan; 7.Memilih tempat dan waktu yang tepat; 8.Mengantisipasi komunikan.

11 11 Kiat-Kiat Untuk Melancarkan Perundingan Delapan Strategi Mengatasi Perbedaan Pendapat : 1.Menahan diri dan emosi; 2.Mendengarkan komunikan; 3.Memberi rasa empati; 4.Berbicara secara lembut; 5.Membahas masalah bukan pribadi; 6.Membahas masa depan bukan mempermasalahkan masa lalu; 7.Memilah bagian yang disepakati; 8.Selalu membuka pintu untuk berdialog.

12 12 Jangan Mengadakan Perundingan Bersama Jika : Anda tidak memiliki kekuatan berunding; Anda tidak memiliki sesuatu untuk dirundingkan; Sasaran yang lebih luas dapat menjadi praduga yang salah; Anda tidak mempersiapkan dengan baik; Anda tidak mengetahui secara tepat apa yang anda inginkan.

13 13 Teknik Komunikasi Dalam Perundingan Bersama 1.Mengefektifkan komunikasi; 2.Memahami prinsip negosiasi. 3.Menarik perhatian komunikan/mitra berunding. 4.Mengatasi perbedaan pendapat. 5.Mencari win-win solution.

14 14 Prinsip Negosiasi Dalam Perundingan Bersama 1.Memisahkan masalah bisnis dari soal pribadi; 2.Negosiasi kepentingan, bukan posisi; 3.Kesepakatan untuk keuntungan bersama; 4.Menggunakan standar; 5.Menghitung untung rugi.

15 15 Masalah-Masalah Dalam Proses Perundingan Bersama  Kondisi dan sikap Pengusaha;  Kondisi dan sikap SP/SB;  Fasilitasi pemerintah;  Pengaruh lingkungan;  Kondisi dan suasana perundingan.

16 16 Sikap Pengusaha Masih terdapat Pengusaha/ Manajemen yang apriori atau mencurigai SP/SB. Terdapat Pengusaha/ Manajemen kurang memberi perhatian pada masalah ketenagakerjaan dan menyerahkan kepada Divisi/Direktorat Personalia/HRD. Manajemen yang juga pemilik modal/owner (bukan manajemen profesional), cenderung untuk memupuk keuntungan, sehingga selalu enggan untuk perbaikan kesejahteraan pekerja.

17 17 Kecenderungan Perunding Pengusaha Kurang memahami persepsi pekerja. Kurang memperhatikan kondisi pekerja. Tidak sabar mendengar. Tertutup/tidak transparan. Sikap defensif/membela diri. Cepat tersinggung. Sukar mengendalikan emosi. Arogansi kekuasaan.

18 18 Kondisi SP/SB Pekerja/Karyawan tingkat atas dan atau yang mendapatkan remunerasi diatas rata-rata pada umumnya enggan masuk SP/SB; Banyak pekerja/karyawan yang merasa tidak mempunyai cukup waktu masuk SP/SB; Banyak pekerja yang enggan masuk SP/SB karena : takut dimusuhi manajemen. dibayangi pengalaman masa lampau.

19 19 Ciri-Ciri Perunding SP/SB Pendidikan pada umumnya rendah; Persepsi dan wawasan sempit; Kemampuan dan diplomasi berunding terbatas; Pemimpin populer dan pemimpin berkualitas; Tuntutan jangka pendek; Sikap curiga atau apriori terhadap pengusaha; Perasaan inferior dan over kompensasi.

20 20 Fasilitasi Pemerintah Keterbatasan tenaga dan kemampuan memberi penjelasan; Keterbatasan buku-buku pedoman dan petunjuk; Kecenderungan menjadi beban pengusaha.

21 21 Waspadai Pengaruh Lingkungan Intervensi aparat keamanan; Intervensi LSM berbajukan membela buruh; Intervensi SP/SB luar negeri; Intervensi politik.

22 22 TARGET: WIN-WIN SOLUTION 1.Prinsip Golden Rule; 2.Memperluas alternatif pilihan; 3.Menguraikan manfaat untuk kedua belah pihak; 4.Memilah bagian yang disepakati; 5.Tetap membuka pintu dialog : “Tidak ada perundingan yang gagal, akan tetapi keputusan yang Tertunda”.

23 23 Terima Kasih Salam LKMD HHR Consultant - Plaza Great River, Lt. 15, Jl. HR. Rasuna Said Kav. I, X-2, Jakarta Telp : , Fax :


Download ppt "1 TIP-TIP PERUNDINGAN TIP-TIP PERUNDINGAN PERJANJIAN KERJA BERSAMA (PKB) Pembekalan Perundingan PKB DPN APINDO Oleh: Drs. H. Hasanuddin Rachman, MIM Ketua."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google