Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

I GEDE SUDIRGAYASA PENDIDIKAN IPA PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA 2012.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "I GEDE SUDIRGAYASA PENDIDIKAN IPA PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA 2012."— Transcript presentasi:

1 I GEDE SUDIRGAYASA PENDIDIKAN IPA PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA 2012

2 FUNGSI OTAK ENERGI MATAHARI

3

4 PADA SKALA SUBATOMIK, SEMUANYA TERKUANTISASI. SETIAP PENGUKURAN PADA SKALA YANG SIGNIFIKAN MENGUBAH OBYEK YANG DIUKUR

5 DUNIA YANG SANGAT KECIL MEKANIKA KUANTUM: TEORI UNTUK MENGGAMBARKAN OBJEK PADA SKALA YANG SANGAT KECIL, SKALA ATOM. QUANTUM: KATA LATIN UNTUK 'BUNDEL‘ DALAM DUNIA SUB-MIKROSKOPIS KECIL, SEMUANYA DATANG DALAM BUNDEL( DISKRET = KUANTA) TERKUANTISASI (En = n hf )

6 PENGUKURAN & OBSERVASI DI DUNIA QUANTUM PENGUKURAN OBYEK MELIBATKAN INTERAKSI DENGAN OBYEK. DALAM DUNIA KUANTUM, MENGUBAH STATUS DARI OBJEK. KOMPONEN PENGUKURAN: SAMPLE SUMBER ENERGI DETEKTOR CONTOH: SEBUAH ANTENA RADAR MENGIRIMKAN GELOMBANG MIKRO YANG BERINTERAKSI DENGAN PESAWAT TERBANG. INTERAKSI DENGAN BENDA-BENDA DALAM PENGUKURAN DAPAT DIABAIKAN DALAM PENGUKURAN MAKROSKOPIK TAPI TIDAK BISA DI DUNIA KUANTUM.

7 PRINSIP KETIDAKPASTIAN HEISENBERG PADA TAHUN 1927, WERNER HEISENBERG MENEMPATKAN IDE KE DALAM BENTUK MATEMATIKA YANG TEPAT. PRINSIP KETIDAKPASTIAN : PADA SKALA KUANTUM, PENGUKURAN APAPUN SECARA SIGNIFIKAN MENGUBAH OBYEK YANG DIUKUR TIDAK DAPAT MENGETAHUI BAIK POSISI DAN KECEPATAN DARI SUATU OBYEK DENGAN AKURASI YANG TAK TERBATAS PADA WAKTU YANG SAMA. PERSAMAAN: h : KONSTANTA PLANCK, JOULE-DETIK

8 PARTIKEL KLASIKQUANTUM PARTICLE PARTIKEL DI SINI KEMUNGKINAN PARTIKEL DI SEKITAR AREA INI POSISI = x Wavefunction =  (x) PROBABILITAS

9 DUALITAS GELOMBANG-PARTIKEL DOUBLE-SLIT TEST: UNTUK MENENTUKAN APAKAH SESUATU ADALAH PARTIKEL ATAU GELOMBANG

10 KETIKA ELEKTRON ATAU FOTON MELEWATI CELAH DUA-DARI WAKTU KE WAKTU

11 DUALITAS GELOMBANG-PARTIKEL & ATOM BOHR DUALITAS GELOMBANG-PARTIKEL ELEKTRON 'MEMBANTU MENJELASKAN MENGAPA HANYA ORBIT TERTENTU YANG DIPERBOLEHKAN DALAM ATOM (BOHR MODEL). ORBIT HANYA DIPERBOLEHKAN DALAM ATOM ADALAH MEREKA YANG MEMENUHI KEDUANYA.

12

13 EFEK FOTOLISTRIK KETIKA RADIASI FOTON (PARTIKEL CAHAYA) DENGAN ENERGI YANG CUKUP MENGENAI SUATU OBJEK, ELEKTRON DAPAT KELUAR DARI OBJEK TERSEBUT.

14 CAT SCAN

15 X- RAY

16

17

18 KEANEHAN KUANTUM KETERIKATAN KUANTUM FOTON DIPANCARKAN PADA SAAT YANG SAMA MESKIPUN JARAK JAUH, MASIH TERJERAT KUANTUM TELEPORTASI

19 KUANTUM TELEPORTASI ???

20 KESADARAN & MEKANIKA KUANTUM

21

22 REAKSI NUKLIR

23

24 SIMPULAN

25


Download ppt "I GEDE SUDIRGAYASA PENDIDIKAN IPA PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA 2012."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google