Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 KONSTRUKSI DAN IMPLEMENTASI SISTEM. 2 FASE KONSTRUKSI DAN IMPLEMENTASI MEMPELAJARI -MEMBUAT -MENGUJI -MENGINSTAL -MENGIRIMKAN SISTEM FINAL KE DALAM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 KONSTRUKSI DAN IMPLEMENTASI SISTEM. 2 FASE KONSTRUKSI DAN IMPLEMENTASI MEMPELAJARI -MEMBUAT -MENGUJI -MENGINSTAL -MENGIRIMKAN SISTEM FINAL KE DALAM."— Transcript presentasi:

1 1 KONSTRUKSI DAN IMPLEMENTASI SISTEM

2 2 FASE KONSTRUKSI DAN IMPLEMENTASI MEMPELAJARI -MEMBUAT -MENGUJI -MENGINSTAL -MENGIRIMKAN SISTEM FINAL KE DALAM SISTEM OPERASI

3 3 KONSTRUKSI SISTEM ADALAH PENGEMBANGAN, INSTALASI, DAN PENGUJIAN TERHADAP KOMPONEN SISTEM. IMPLEMENTASI SISTEM ADALAH INSTALASI DAN PENGIRIMAN SISTEM KESELURUHAN KE PRODUKSI (BERARTI OPERASI SEHARI- HARI).

4 4 TUJUAN FASE KONSTRUKSI ADALAH MEMBANGUN DAN MENGUJI SEBUAH SISTEM FUNGSIONAL YANG MEMENUHI PERSYARATAN BISNIS DAN DESAIN DAN UNTUK MENGIMPLEMENTASI ANTARMUKA ANTARA SISTEM BARU DAN SISTEM PRODUKSI YANG TELAH ADA. PEMROGRAMAN BIASANYA DIKENAL SEBAGAI ASPEK UTAMA DARI FASE KONSTRUKSI.

5 5 BEBERAPA TUGAS YANG TERCAKUP DALAM FASE KONSTRUKSI DARI SEBUAH PROYEK PENGEMBANGAN SISTEM : 1.MEMBANGUN DAN MENGETES JARINGAN (BILA PERLU) 2.MEMBANGUN DAN MENGETES DATABASE 3.MENGINSTAL DAN MENGETES PAKET PERANGKAT LUNAK 4.MENULIS DAN MENGETES PROGRAM BARU

6 6 TUGAS KONSTRUKSI SISTEM

7 7 STUB TEST ADALAH PENGUJIAN YANG DILAKUKAN PADA SATU SUBSET DARI SEBUAH PROGRAM UNIT ATAU PROGRAM TEST ADALAH PENGUJIAN YANG DILAKUKAN PADA SUATU PROGRAM KESELURUHAN. SYSTEM TEST ADALAH PENGUJIAN YANG DILAKUKAN PADA SISTEM KESELURUHAN.

8 8 FASE IMPLEMENTASI ANALIS SISTEM HARUS MELAKUKAN TRANSISI YANG HALUS DARI SISTEM LAMA KE SISTEM BARU DAN MEMBANTU PENGGUNA UNTUK MENGATASI MASALAH START-UP YANG UMUM TERJADI.

9 9 FASE IMPLEMENTASI BEBERAPA TUGAS YANG TERLIBAT DALAM FASE IMPLEMENTASI UNTUK PROYEK PENGEMBANGAN SISTEM. I. MENGUJI SISTEM II. MENYIAPKAN RENCANA KONVERSI A. ABRUPT COVER (PADA TGL TERTENTU SISTEM LAMA BERAKHIR SISTEM BARU DITERAPKAN) B. PARALLEL CONVERSION (SISTEM LAMA DAN BARU DIOPERASIKAN UTK BEBERAPA PERIODE)

10 10 C.LOCATION CONVERSION (SISTEM DIGUNAKAN PADA LOKASI TERTENTU DAHULU, SEBELUM SEMUA LOKASI MENGGUNAKANNYA) D.STAGED CONVERSION (DIDASARKAN PADA KONSEP VERSI YG TELAH ADA DAN AKAN DIKEMBANGKAN) RENCANA KONVERSI UMUMNYA MELIBATKAN TIGA LEVEL PENGUJIAN: 1.VERIFIKASI 2.VALIDASI 3.AUDIT

11 11 1.VERIFIKASI TESTING MENJALANKAN SISTEM PADA LINGKUNGAN TERSIMULASI DENGAN MENGGUNAKAN DATA TERSIMULASI, KADANG DISEBUT ALPHA TESTING. 2.VALIDATION TESTING MENJALANKAN SISTEM PADA LINGKUNGAN YANG AKTIF DENGAN MENGGUNAKAN DATA RIIL, SERING DISEBUT BETA TESTING. ADA SEJUMLAH ITEM YANG DIUJIKAN: A. SYSTEM PERFORMANCE (APAKAH WAKTU RESPON UTK PEMROSESAN SDH SESUAI DGN BEBAN KERJA?)

12 12 B. PEAK WORKLOAD PROCESSING PERFORMANCE. APAKAH SISTEM DAPAT MENGATASI BEBAN KERJA SELAMA PERIODE PEMROSESAN PUNCAK? C. HUMAN ENGINEERING TEST. APAKAH SISTEM MUDAH UNTUK DIPELAJARI ATAU DIGUNAKAN SEPERTI YG TELAH DIANTISIPASI SEBELUMNYA. D. METHODS DAN PROCEDURES TEST, METODE DAN PROSEDUR SISTEM BARU AKAN MENGALAMI PENGUJIAN. E. BACKUP DAN RECOVERY TESTING, SELURUH PROSEDUR BACKUP DAN RECOVERY HARUS DIUJI.

13 13 3. AUDIT TESTING MENYATAKAN BAHWA SISTEM BEBAS DARI KESALAHAN DAN SIAP UNTUK UNTUK DITEMPATKAN PADA OPERASI. III. MENGINSTAL DATABASE IV. MELATIH PARA PENGGUNA

14 14 OUTLINE MANUAL PELATIHAN PENGGUNA AKHIR IPENDAHULUAN IIMANUAL A.MANUAL SISTEM (PENJELASAN DETAIL MENGENAI TUGAS/KERJA SESEORANG DAN PROSEDUR PENGOPERASIAN STANDAR UNTUK SISTEM BARU) B.SISTEM KOMPUTER 1. FAMILERISASI 2. FIRST-TIME PENGGUNA AKHIR A. MEMULAI B. PELAJARAN C. MANUAL REFERENSI (UNTUK NONPEMULA) IILAMPIRAN A. PESAN KESALAHAN

15 15 V. BERALIH KE SISTEM BARU KONVERSI KE SISTEM BARU DARI SISTEM LAMA ADALAH KEJADIAN YANG SANGAT PENTING. SETELAH KONVERSI, KEPEMILIKAN SISTEM SECARA RESMI BERPINDAH DARI ANALIS DAN PROGRAMER KEPADA PENGGUNA AKHIR.

16 16 ADA PERTANYAAN ?


Download ppt "1 KONSTRUKSI DAN IMPLEMENTASI SISTEM. 2 FASE KONSTRUKSI DAN IMPLEMENTASI MEMPELAJARI -MEMBUAT -MENGUJI -MENGINSTAL -MENGIRIMKAN SISTEM FINAL KE DALAM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google