Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perancangan Sistem Informasi Berorientasi Object

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perancangan Sistem Informasi Berorientasi Object"— Transcript presentasi:

1 Perancangan Sistem Informasi Berorientasi Object
Siti Mukaromah, S.Kom

2 Tujuan Memperkenalkan proses pengembangan perangkat lunak dengan pendekatan Berorientasi Obyek. Memberikan pengetahuan proses analisis dan perancangan pembangunan perangkat lunak Beorientasi Obyek Memberikan penguasaan penerapan analisis dan perancangan pembangunan perangkat lunak Beorientasi Obyek pada beberapa contoh kasus

3 Software UML Tool : Bahasa Pemrograman : Rational Rose Java .NET
≠ ASP,PHP dan Script yang lain

4 Apakah UML itu? Unified Modeling Language (UML) adalah keluarga notasi grafis yang didukung oleh meta-model tunggal, yang membantu pendeskripsian dan desain sistem perangkat lunak, khususnya sistem yang dibangun menggunakan pemrograman berorientasi objek (OO).

5 UML merupakan standar yang relatif terbuka yang dikontrol oleh Object Manajement Group (OMG), sebuah konsorsium terbuka yang terdiri dari banyak perusahaan. OMG dibentuk untuk membuat standar- standar yang mendukung interoperabilitas, khususnya interoperabilitas sistem berorientasi objek. OMG lebih dikenal dg standar ORBA (Common Object Request Broker Architecture)

6

7 Software Development Life Cycle
Planning Analysis Design Implementation System

8 Fase Pengembangan Software
Langkah-langkah Teknik Planning Mengenali nilai bisnis Analisa kelayakan Rencana kerja Penugasan Kontrol dan penunjukan System request Kelayakan teknis, ekonomis, resiko Tentukan task dan waktunya Rencana penugasan dan chart project Perbaiki perkiraan/penilaian, track task, koordinasi, atur scope, minimalkan resiko Analysis Mengumpulkan Informasi Pemodelan Use case Pemodelan Structural Pemodelan Perilaku Analisa Permasalahan,benchmarking, reengineering Interview, Kueisoner Use cases, Use case model CRC Card, Class diagram Sequence diagram, collaboration diagram, state diagram

9 Fase Pengembangan Software
Langkah-langkah Teknik Design Desain System Desain Arsitektur Jaringan Desain Interface Desain File dan Database Desain Object Custom development, package development, outsourcing Desain Hardware, desain jaringan Chart Struktur Interface, desain input , desain output Pemilihan format penyimpanan data, optimasi data storage Chart Struktur Program, Spesifikasi program Implementation Konstruksi Instalasi Support Pemrograman, pengujian Direct conversion, parallel conversion, phased conversion Support strategy, Post-Implementation, Review

10 OOAD Analisa : What Memahami permasalahan bisnis, tidak tergantung pada solusi teknologi. Lebih menekankan pada apa yang menjadi permasalahan Desain : How Memahami dan mendefinisikan solusi software yang merepresentasikan hasil analisa dan akan diimplementasikan dalam bentuk code Tergantung pada solusi teknologi OOAD : Pengembangan Software yang menggunakan pendekatan object/menekankan solusi yang berdasarkan object- object Memahami Permasalahan dan solusi logic dari sudut pandang object(benda, konsep, entitas)

11 Kenapa OOAD Karena : Memudahkan pemanfaatan ulang code dan arsitektur
Lebih mencerminkan dunia nyata (lebih tepat dalam menggambarkan entitas perusahaan, dekomposisi berdasarkan pembagian yang natural, lebih mudah untuk dipahami dan dirawat) Kestabilan (perubahan kecil dalam requirement tidak berarti perubahan yang signifikan dalam system yang sedang dikembangkan) Lebih mudah disesuaikan dengan perubahan

12 Diagram-Diagram UML Diagram Kegunaan Activity
Behavior prosedural dan paralel Class Class, fitur, dan hubungan-hubungan Communication Interaksi antar objek; penekanan pd jalur Component Struktur dan koneksi komponen Composite structure Dekomposisi runtime sebuah class Deployment Pemindahan artifak ke node Interaction overview Campuran sequence dan activity diagram Object Contoh konfigurasi dari contoh-contoh Package Struktur hirarki compile-time Sequence Interaksi antar objek; penekanan pd sequence State machine Bagaimana even mengubah objek selama aktif Timing Interaksi antar objek; penekanan pd timing Use case Bagaimana pengguna berinteraksi dg sistem

13

14

15

16 Object Orientation Concept

17 Konsep OO Object adalah:
Definisi Informal : sebuah object adalah representasi dari sebuah entitas, baik fisik, konseptual maupun software. Entitas fisik misalnya : orang, mobil dan lain-lain Entitas konseptual misalnya : proses kimia atau algoritma Entitas software misalnya : linked list

18 Konsep OO Object adalah:
Definisi Formal : sebuah object adalah sebuah entitas dengan boundary yang terdefinisi dengan baik dan identitas yang menengkapsulasi state dan behaviour. State : direpresentasikan oleh atribut dan relationship Behaviour : direpresentasikan oleh operasi, method dan state machine

19 Konsep OO State Behaviour
State dari sebuah object adalah kondisi yang mungkin dialami oleh object Secara normal, state object berubah setiap waktu Behaviour Behaviour menentukan bagaimana sebuah object beraksi dan bereaksi Behaviour yang tampak dari sebuah object dimodelkan oleh sekumpulan pesan(message) yang bisa direspon atau operasi-operasi yang bisa dijalankan oleh sebuah object

20 Representasi Object Dalam UML
Sebuah Object direpresentasikan sebagai kotak dengan nama yang bergaris bawah

21 Prinsip dasar OO

22 Abstraction Abstraction adalah karakteristik dasar dari sebuah entitas yang membedakan entitas tersebut dari entitas yang lain Abstraction mendefinisikan batasan dalam pandangan viewer Abstraction bukanlah pembuktian nyata,hanya menunjukkan intisari/pokok dari sesuatu

23

24

25 Encapsulation Encapsulation adalah menyembunyikan implementasi dari client, sehingga client hanya tergantung pada interface

26 Modularity Adalah pemecahan sesuatu yang kompleksmenjadi bagian-bagian yang mudah diatur Modularity membantu orang dalam memahami sesuatu yang kompleks

27 Contoh Modularity

28 Hierarchy

29 Class Class adalah : Sekumpulan object yang berbagi atribut umum dan behaviour secara umum. Sekumpulan object yang memiliki struktur data dan behaviour yang sama Blue print atau definisi sebuah object Instance adalah sebuah object yang dibuat oleh sebuah class Instantiation adalah pembuatan instance

30 Class Specialization adalah pendefinisian sebuah class sebagai pendetilan class yang lain Subclass adalah sebuah yang didefinisikan dalam rangka specialization superclass menggunakan inheritance Superclass adalah sebuah class yang bertugas menurunkan sifat(inheritance) dalam sebuah hirarki class Inheritance adalah penduplikasian atribut dan behaviour superclass ke subclassnya.

31 Representasi Class dalam UML
Sebuah class direprsentasikan dengan kotak dengan pembagi

32 Hubungan antara Class dengan Object
Sebuah Class merupakan definisi abstract dari sebuah object. Class mendefinisikan struktur dan behaviour dari masing-masing object di dalam sebuah class. Class bertugas sebagai template untuk pembuatan class. Object dikelompokkan dalam class

33 Contoh hubungan class dengan object

34 Atribut Adalah property class yang memiliki nama, dimana property itu menggambarkan range nilai Sebuah class bisa memiliki beberapa atribut atau tidak sama sekali

35 Operation Operation adalah implementasi dari sebuah service yang dapat direques dari object class untuk menghasilkan behaviour

36

37

38

39


Download ppt "Perancangan Sistem Informasi Berorientasi Object"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google