Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OPERASI FILE Membuka dan Menutup File Di dalam bahasa C++, membuka file harus dihubungkan dengan sebuah stream; yang berarti sebelum membuka file harus.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OPERASI FILE Membuka dan Menutup File Di dalam bahasa C++, membuka file harus dihubungkan dengan sebuah stream; yang berarti sebelum membuka file harus."— Transcript presentasi:

1 OPERASI FILE Membuka dan Menutup File Di dalam bahasa C++, membuka file harus dihubungkan dengan sebuah stream; yang berarti sebelum membuka file harus mendapatkan stream terlebih dahulu. Terdapat 3 macam stream : Stream untuk proses input (ifstream) Stream untuk proses output (ofstream) Stream untuk proses input/output (fstream)

2 Jika kita ingin membuat variabel stream untuk proses input, maka harus kita deklarasikan dengan tipe ifstream. Contoh : Ifstream input; //variabel stream untuk proses input Ofstream output;//variabel stream untuk proses output Fstream inout;//variabel stream untuk proses input/output

3 Setelah mendeklarasikan variabel stream tersebut, maka langkah selanjutnya adalah menghubungkannya ke file yaitu dengan cara memanggil fungsi open(). Fungsi ini merupakan anggota dari masing –masing stream diatas. Void ifstrem::open(const char* filename,ios::openmode mode = ios ::in); Void ofstrem::open(const char* filename,ios::openmode mode = ios ::out | ios::trunc); Void fstrem::open(const char* filename,ios::openmode mode = ios ::in | ios :: out);

4 Keterangan : Paramater filename adalah nama file yang akan dibuka, termasuk lokasinya (path-nya) Mode adalah menandakan bagaimana file tersebut akan dibuka ( dapat juga dilakukan kombinasi dari mode dengan melakukan operasi OR menggunakan operator | ) Nilai-Nilai Mode: Ios::app, yang akan menyebabkan output dari file tersbut menjadi ditambahkan (append) pada bagian akhir baris. Ios::ate, akan menyebabkan pencarian ke akhir file ketika file tersebut dibuka. Ios::in menandakan file tersebut mempunyai kapabilitas untuk input. Sedangkan ios::out adalah untuk output Ios::binary akan menyebabkan file yang akan dibuka tersebut dalam mode biner. Namun secara default, file yang akan dibuka berada dalam mode teks Ios::trunc akan menyebabkan isi file dengan nama yang sama dengan file dengan file yang telah dibuka, akan dipotong atau dibuang sehingga lebarnya menjadi nol.


Download ppt "OPERASI FILE Membuka dan Menutup File Di dalam bahasa C++, membuka file harus dihubungkan dengan sebuah stream; yang berarti sebelum membuka file harus."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google