Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perulangan Ari Pambudi. LOOP sering disebut dengan istilah iterasi adalah instruksi prorgam yang memerintahkan suatu tugas diulang-ulang berdasarkan kondisi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perulangan Ari Pambudi. LOOP sering disebut dengan istilah iterasi adalah instruksi prorgam yang memerintahkan suatu tugas diulang-ulang berdasarkan kondisi."— Transcript presentasi:

1 Perulangan Ari Pambudi

2 LOOP sering disebut dengan istilah iterasi adalah instruksi prorgam yang memerintahkan suatu tugas diulang-ulang berdasarkan kondisi tertentu. Pengulangan ini dapat dikendalikan jumlahnya oleh aplikasi, tergantung pada kondisi yang diinginkan. Loop akan terus dilakukan selama kondisi yang dibandingkan oleh loop tersebut memenuhi syarat (bernilai true). Dan akan berhenti jika tdk lagi memenuhi syarat (bernilai false).

3 Do While adalah loop yang akan melakukan perulangan terus menerus selama (while) suatu kondisi memenuhi syarat (bernilai true). Loop ini akan terus- menerus dijalankan sampai kondisinya tdk lagi memenuhi syarat (false), baru akan berhenti

4 Bentuk Umum Do While (kondisi) …ekspresi … Loop Keterangan : - Kondisi : kondisi yang dibandingkan kebenarannya - Ekspresi : kode-kode program yang akan dijalankan jika kondisi memenuhi syarat (bernilai true)

5 Contoh : intNilai = 1 Do While ( intNilai < 5) intNilai = intNilai + 1 Loop Keterangan : intNilai = 1 Variabel intNilai diberi nilai awal 1. Do While intNilai < 5) Memeriksa kondisi apakah isi variabel intNilai kurang dari 5. jika benar, pernyataan didalam loop Do While akan dijalankan intNilai = intNilai + 1 Variabel intNilai yang baru diisi dengan variabel intNilai yang lama ditambah 1. Pernyataan ini terus diulangi hingga nilai variabel intNilai tidak lebih kecil dari 5. lalu loop akan dihentikan.

6 Alur eksekusi Do While Do While Loop Ekspresi

7 Contoh Program Membuat sebuah aplikasi yang meminta user memasukan input nama sebanyak lima kali. Nama-nama ini akan disimpan pada variabel array strNama. Langkahnya : 1. Buatlah proyek baru pada Visual Basic 2. Buatlah kontrol-kontrol dan aturlah posisi dan ukurannya hingga seperti berikut :

8 Contoh Form 1 Label1 List1 Ubahlah properti setiap kontrol di atas menjadi sbb :

9 Contoh KontrolPropertiNilai Form1CaptionContoh Do While Label1CaptionNama-nama yang dinput

10 Coding Dim strNama(5) As String Dim intCounter As Integer Private Sub Form_Load() intCounter = 1 Do While (intCounter <=5) strNama(intCounter) = InputBox(“Ketikan nama ke-” +_ Str(intCounter), “Menginput Nama 5 Kali”) List1.Additem strNama (intCounter) intCounter = intCounter + 1 Loop End Sub Jalankan aplikasi ini dengan menekan tombol F5

11 Do Until Merupakan kebalikan dari loop Do While. Loop ini akan terus-menerus dijalankan sampai (unti) kondisinya memenuhi syarat (True), baru setelah itu akan berhenti. Loop ini diawali dengan kata Do Until dan diakhiri dengan kata Loop.

12 Bentuk Umum Do Until (kondisi) …ekspresi … Loop Keterangan : - Kondisi : kondisi yang dibandingkan kebenarannya - Ekspresi : kode-kode program yanng akan dijalankan jika kondisi tidak memenuhi syarat (bernilai False)

13 Contoh : intNilai = 1 Do Until (intNilai > 5) intNilai = intNilai + 1 Loop Keterangan : intNilai = 1 Variabel intNilai diberi nilai awal 1 Do Until (intNilai > 5) Memeriksa kondisi apakah isi variabel intNilai besar dari 5, Jika salah, pernyataan, pernyataan didalam loop Do Until akan dijalankan. intNilai = intNilai + 1 Variabel intNilai yang baru diisi dengan variabel intNilai yang lama ditambah 1. Pernyatan ini terus diulangi hingga isi variabel intNilai lebih besar dari 5, lalu loop dihentikan.

14 Alur eksekusi Do While Do Until Loop Ekspresi

15 Coding Dim strNama (5) As String Dim intCounter As Integer Private Sub Form_Load() intCounter = 1 Do Until (inCounter > 5) strNama(intCounter) = InputBox(“Ketikkan nama ke-”+ _ Str(intCounter), “Mengikuti Nama 5 kali”) List1.Additem strNama (intCounter) intCounter = intCounter +1 Loop End Sub

16 For Next Loop For Next digunakan untuk mengulani suatu perintah dalam jumlah yang ditentukan. Dengan loop ini bisa menentukan hingga berapa kali loop akan berulang serta besar kenaikannya. Loop ini diawali dengan kata For dan diakhiri dengan kata Next.

17 Bentuk Umum For counter = nilaiawal ti nilaiakhir [step kenaikan] … ekspresi … Next counter Keterangan -counter variabel integer yang digunakan untuk melakukan pengulangan - nilaiawal nilai awal variabel untuk memulai pengulangan -nilaiakhir nilai akhir variabel untuk menghentikan pengulangan. -kenaikan besarnya kenaikan yang diinginkan dalam pengulangan -ekspresi instruksi-2 yang akan dilakukan jika kondisi memenuhi syarat

18 Contoh (Menjumlah nilai dari 1 sampai 10) intJumlah = 0 For intAngka = 1 To 10 intJumlah = intJumlah + intAngka Next intAngka (Menjumlahkan nilai dari 1 sampai 100 dalam kelipatan 5) intJumlah=0 For intAngka = 1 To 100 Step 5 intJumlah = intJumlah + intAngka Next intAngka

19 Contoh Membuat sebuah form yang berfungsi menghitung jumlah semua angka dari nilai yang dimasukkan. Langkahnya : 1. Buatlah proyek baru pada Visual Basic 2. Buatlah kontrol-kontrol dan aturlah posisi dan ukurannya hingga seperti pada gambar dibawah ini:

20 Contoh Form1 Label1 Label2 Label4 Text1 Text3 Label3Text2 Command1 Command2 Ubalah properti setiap kontrol menjadi sbb :

21 Contoh KontrolPropertiNilai Form1CaptionMenghitung nilai bilangan Label1CaptionMenghitung Jumlah Bilangan Label2CaptionAwal Label3CaptionAkhir Label4CaptionJumlah Bilangan Text1TextKosongkan Text2Text Kosongkan Text3TextKosongkan Command1Caption&Hitung Command2Caption&Exit

22 Coding Dim intJumlah, intAngka As Integer Dim intAwal, intAkhir As Integer Private Sub Command1_Click() intJumlah = 0 intAwal = Text1.Text intAkhir = Text2.Text For intAngka = intAwal To intAkhir intJumlah= intJumlah + intAngka Next intAngka Text3.Text = intJumlah End Sub Private Sub Command2_Click() Unload Me End End Sub

23 Contoh Jalankan aplikasi dengan menekan F5. pada teks awal ketikkan nilai terkecil yang diinginkan. Pada teks akhir ketikkan nilai terbesar, klik tombol hitung untuk mulai menghitung jumlah semua angka tersebut.

24 Keluar dari Loop Perintah untuk menghentikan atau keluar LOOP ada 2 macam : 1. Exit Do ; untuk loop Do While dan Do Until 2. Exit For ; untuk loop For Next

25 Contoh For intCounter = 1 To 10 ‘--- Kode-kode VB lain ---’ If (txtPenjualan.Text = 0) Then Exit For End If ‘--- Kode-kode VB lain --- Next intCounter


Download ppt "Perulangan Ari Pambudi. LOOP sering disebut dengan istilah iterasi adalah instruksi prorgam yang memerintahkan suatu tugas diulang-ulang berdasarkan kondisi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google