Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PRESENTASI ELEMEN MESIN II POKOK BAHASAN SILENT CHAIN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PRESENTASI ELEMEN MESIN II POKOK BAHASAN SILENT CHAIN."— Transcript presentasi:

1

2 PRESENTASI ELEMEN MESIN II POKOK BAHASAN SILENT CHAIN

3 Nama Anggota: Asqe Wendri V (27932) Arditya Raharja (28946) Dimas Prabowo R (28840) Eka Sastrawan (28128) Erikson J Panjaitan (28638) Fernandez (28562) Micko Lekmarli (28010) Nanang P (25755) Rudi Kurniawan (28812) Wahyu W (28950)

4 SILENT CHAIN Pengertian Disebut silent chain karena suara dan getaran yang ditimbulkan bila dibandingkan dengan tipe-tipe rantai lainnya lebih kecil, tergantung dari kecepatan, beban, pelumasan, besar sproket dan perangkat tambahan. Hal ini disebabkan dari keunggulan dalam desain sambungan dan jalur dari silent chain itu sendiri. Desain jalurnya menyebabkan gigi sproket menderita lebih sedikit impact dan desain sambungannya yang menyebabkan rantai bekerja dengan gesekan yang minimum serta keausan yang sama saat pemakaian. Silent chain bertujuan untuk meneruskan daya dari sambungan sebelumnya yang didesain untuk mengangkut bahan-bahan material dan dioperasikan dengan getaran yang minimum.

5 KEUNTUNGAN Tidak berisik Getaran kecil Tumbukan impact saat akan berputar kecil Tahan lama Tenaga yang diteruskan lebih besar Memiliki efisiensi yang tinggi Mudah dalam pemasangan

6 Keuntungan Silent Chain dibandingkan dengan Roller Chain Bisa beroperasi dalam kecepatan yang lebih tinggi dan kapasitas tenaga yang lebih besar Suara yang dihasilkan silent chain lebih halus Getaran yang dihasilkan lebih kecil Beban impact yang terjadi lebih kecil selama pemasangan sprocket Efisiensinya lebih tinggi mendekati 99% Umur sprocket lebih tahan lama

7 Keuntungan Silent Chain dibandingkan dengan Sabuk Dapat beroperasi dengan kecepatan lebih tinggi dengan kapasitas tenaga lebih besar Efisiensi lebih besar Tidak terjadi slip Dapat menahan beban yang lebih besar Sedikit terpengaruh oleh temperatur dan kelembaban Beban bearing lebih kecil Lebih mudah dalam pemasangan

8 Hal–hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain silent chain Tipe sumber power Diameter poros dan ukuran pasak Jarak pusat poros Tenaga yang akan diteruskan Kecepatan putaran poros

9 Glass Conveyor Chain Glass conveyor chain ini biasa digunakan untuk memindahkan dan menangani benda-benda yang terbuat dari kaca. Biasanya ditemukan pada industri kaca. Glass conveyor chain ini biasa digunakan untuk memindahkan dan menangani benda-benda yang terbuat dari kaca. Biasanya ditemukan pada industri kaca.

10 Power Transmission Silent Chain digunakan sebagai power transmission pada motor-motor besar untuk mengurangi tingkat kebisingan suara yang dihasilkan. Silent Chain digunakan sebagai power transmission pada motor-motor besar untuk mengurangi tingkat kebisingan suara yang dihasilkan.

11 Non glass conveyor Non glass conveyor biasanya digunakan untuk memindahkan dan menangani benda-benda industri lain. Non glass conveyor biasanya digunakan untuk memindahkan dan menangani benda-benda industri lain.

12 Cara Perawatan Rantai Pengawasan : Pengawasan dan pengaturan secara periodik sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan umur dan mengurangi biaya perawatan. Pensejajaran : Kelurusan sproket harus selalu dipelihara untuk performa putaran dan umur yang lebih optimum. Sproket juga harus diperhatikan apakah sudah terpasang/ terkunci dengan aman, jika posisi sproket bergeser selama pemasangan, maka kita harus kembali ke prosedur pensejajaran untuk penyesuaian lagi.

13 Pengencangan dan Pemanjangan : Setelah beroperasi untuk waktu tertentu, pitch pada sproket akan mengalami peregangan/ pertambahan panjang yang akan berakibat dengan bertambah besarnya lingkaran pitch pada rantai. Solusi untuk permasalahan ini adalah dengan mengencangkan rantainya jika peregangan tidak terlalu besar untuk pereganga yang berlebihan dapat mengakibatkan rusaknya sproket atau pun slip antara sproket dan rantai. Untuk itu, rantainya harus diganti untuk menghindari kerusakan yang lebih fatal.

14 PERUMUSAN

15 SEKIAN dan TERIMA KASIH


Download ppt "PRESENTASI ELEMEN MESIN II POKOK BAHASAN SILENT CHAIN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google