Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FUNGSI-FUNGSI DALAM PERUSAHAAN Oleh: Yuyun Isbanah, S.E., M.SM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FUNGSI-FUNGSI DALAM PERUSAHAAN Oleh: Yuyun Isbanah, S.E., M.SM."— Transcript presentasi:

1 FUNGSI-FUNGSI DALAM PERUSAHAAN Oleh: Yuyun Isbanah, S.E., M.SM.

2 FUNGSI PEMASARAN

3 PENGERTIAN PEMASARAN Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).

4 KONSEP PEMASARAN Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978). konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan berorientasi kepada kebutuhan konsumen. Hal ini secara asasi berbeda dengan falsafah bisnis terdahulu yang berorientasi pada produk, dan penjualan. Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978). konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan berorientasi kepada kebutuhan konsumen. Hal ini secara asasi berbeda dengan falsafah bisnis terdahulu yang berorientasi pada produk, dan penjualan.

5 Unsur Konsep Pemasaran Orientasi pada konsumen Penyusunan kegiatan pemasaran secara integral Kepuasan konsumen

6 Tujuan pemasaran 1. Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan. 2. Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. 3. Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya. 4. Meningkatkan penjualan produk 5. Meningkatkan laba/ keuntungan 6. Memperoleh konsumen baru 1. Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan. 2. Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. 3. Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya. 4. Meningkatkan penjualan produk 5. Meningkatkan laba/ keuntungan 6. Memperoleh konsumen baru

7 STP (Segmenting, Targeting, Positioning) (1) segmentasi pasar (2) penetapan pasar sasaran (3) penetapan posisi pasar

8

9

10 SEGMENTASI Proses membagi sebuah pasar ke segmen- segmen atau kelopok-kelompok yang bermakna, relative sama dan dapat diidentifikasikan. Tujuan segmentasi pasar adalah membuat para pemasar mampu menyelesaikan bauran pemasaran untuk memenuhi kebutuhan satu atau lebih segmen pasar tertentu. Proses membagi sebuah pasar ke segmen- segmen atau kelopok-kelompok yang bermakna, relative sama dan dapat diidentifikasikan. Tujuan segmentasi pasar adalah membuat para pemasar mampu menyelesaikan bauran pemasaran untuk memenuhi kebutuhan satu atau lebih segmen pasar tertentu.

11 Peran Segmentasi Pasar 1. Segmentasi memungkinkan perusahaan untuk lebih fokus dalam mengalokasikan sumber daya 2. Segmentasi merupakan dasar untuk menentukan komponen-komponen strategi. 3. Segmentasi merupakan faktor kunci untuk mengalahkan pesaing, dengan memandang pasar dari sudut yang unik dan cara yang berbeda dari yang dilakukan pesaing

12 Dasar Segmentasi Segmentasi geografis Demo grafi Psichog raphic

13 Pola Segmentasi Pasar 1. Homogeneus preference (preferensi homogen) 2. Diffused preference (preferensi yang menyebar) 3. Clustered preference (preferensi yang mengelompok)

14 TARGETING Targeting merupakan sebuah sasaran, siapa yang dituju. Kreteria yg harus dipenuhi untuk menentukan target pasar: – perusahaan harus memastikan bahwa segmen pasar yang dibidik itu cukup besar dan akan cukup menguntungkan bagi perusahaan – strategi targeting harus didasarkan pada keunggulan kompetitif perusahaan yang bersangkutan – segmen pasar yang dibidik harus didasarkan pada situasi persaingan

15 Pola Menentukan Target Market Single Segment Concentration. Selective Specialization. Product Specialization Market Specialization Full Market Coverage

16 POSITIONING Positioning adalah image atau citra yang terbentuk di benak seorang konsumen dari sebuah nama perusahaan atau produk. positioning adalah suatu strategi dalam kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk menciptakan perbedaan (differents), keuntungan (advantages), manfaat (benefit) yang membuat konsumen selalu ingat dengan suatu produk.

17 Tahap Positioning Menetapkan keunggulan kompetitif produk — bisa dinikmati sebagai sesuatu yang beda Merumuskan point of differentiation — Mengapa konsumen memilih perusahaan Menentukan frame of reference pelanggan (siapa diri) Identifikasi target,

18 Faktor-Faktor dalam mengkomunikasikan Positioning Be creative Simplicity Consistent yet flexible Own, dominate, protect User their language

19 STRATEGI MARKETING MIX Bauran pemasaran (marketing mix) merupakan strategi pemasaran yang mencakup berbagai komponen dalam pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai target pasar yang sudah ditentukan dalam rencana pemasaran.

20 Pengertian Marketing Mix Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya. (Merupakan alat yang sesuai untuk sebuah bisnis guna mendapatkan reaksi dari target pasar dalam kaitannya dengan tujuan pemasaran). Bauran pemasaran adalah sejumlah alat-alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk menyakinkan obyek pemasaran atau target pasar yang dituju.

21 Pengertian Marketing Mix (lanjutan)  Bauran pemasaran adalah kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran. (Marketing Management,1997)  Bauran pemasaran adalah unsur atau elemen internal penting yang membentuk program pemasaran sebuah organisasi. Bauran pemasaran merupakan salah satu konsep universal yang telah dikembangkan dalam pemasaran. (Ad. Payne, 1995:31)

22 Marketing Mix 8P: 1.Price, 2.Product, 3.Promotion, 4.Place, 5.People, 6.Process, 7.Physical Environment/Evid ent 8.Productivity and Quality 4P: 1.Price, 2.Product, 3.Promotion, 4.Place

23 Marketing Mix ProductPrice Promotio n PlacePeopleProsess Physical Envidenc e Productivi ty & Quality

24 The Marketing Mix Dikatakan marketing mix, karena: – Marketing objectives (tujuan pemasaran) – Type of product (jenis produk) – Target market (target pasar) – Market structure (struktur pasar) – Rivals’ behaviour (perilaku pesaing) – Global issues – culture/religion (isu global, misalnya: budaya/agama) – Marketing position (posisi pasar) – Product portfolio (portofolio produk)

25 Product Marketing Mix ProductPricePromotionPlacePeopleProsess Physical Envidence Product Product: 1.Desaign (desain) 2.Technology (teknologi) 3.Usefulness (kemanfaatan) 4.Convenience (kenyamanan) 5.Value (nilai) 6.Quality (kualitas) 7.Packaging (kemasan) 8.Branding (merek) 9.Acceccories (asesori) 10.Warrantie (garansi)

26 Product Metode yang digunakan untuk memperbaiki/ membedakan produk dan meningkatkan target penjualan yang lebih efektif untuk mendapatkan keunggulan kompetitif, misalnya: – strategi perluasan – versi khusus – edisi baru – perbaikan-nyata atau yang lainnya – perubahan kemasan – Technology Image copyright:

27 Price Marketing Mix ProductPricePromotionPlacePeopleProsess Physical Envidence Price Price: 1.Skimming (peluncuran) 2.Penetration (penetrasi) 3.Psychologycal (psikologikal) 4.Cost-plus (beaya tambahan) 5.Lost leader (kehilangan arah)

28 Price Pricing Strategy Penting untuk: – memahami pasar – elastisitas – menaruh perhatian terhadap kompetitor Image copyright:

29 Promotion Marketing Mix ProductPricePromotionPlacePeopleProsess Physical Envidence Promotion Promotion: 1.Penawaran khusus 2.Iklan 3.ujicoba 4.surat langsung 5.Leaflet/posters 6.Free gifts (hadiah) 7.Competitions 8.Joint ventures

30 Promotion Strategi untuk membuat konsumen sadar akan keberadaan produk atau jasa Tidak sekedar promosi

31 Place Marketing Mix ProductPricePromotionPlacePeopleProsess Physical Envidence Place Place: 1.Retail (eceran) 2.Wholesale (besar-besaran) 3.Mail order (pesanan lewat surat) 4.Internet 5.Direct sales (penjualan langsung) 6.Peer to peer (orang ke orang) 7.Multi channel (berbagai saluran)

32 Place Merupakan sarana di mana produk dan jasa dari produsen sampai ke konsumen, atau di mana produk dan jasa tersebut dapat diakses oleh konsumen Semakin banyak tempat yang mudah untuk mendapatkan atau membeli produk/jasa, semakin baik bagi bisnis

33 People Marketing Mix ProductPricePromotionPlacePeopleProsess Physical Envidence People People: 1.Employees (karyawan) 2.Management (manajemen) 3.Culture (kultur) 4.Customer service (layanan pelanggan) People: 1.Employees (karyawan) 2.Management (manajemen) 3.Culture (kultur) 4.Customer service (layanan pelanggan)

34 People orang mewakili bisnis  image yang diberikan produsen akan menjadi penting  kontak pertama tentang gambaran apa yang harus diberikan oleh produsen kepada konsumen?  penambahan training dan pengetahuan tetang produk/layanan yang relevan  pernyataan misi, seberapa relevan?  apakah staf mewakili budaya bisnis? orang mewakili bisnis  image yang diberikan produsen akan menjadi penting  kontak pertama tentang gambaran apa yang harus diberikan oleh produsen kepada konsumen?  penambahan training dan pengetahuan tetang produk/layanan yang relevan  pernyataan misi, seberapa relevan?  apakah staf mewakili budaya bisnis?

35 Process Marketing Mix ProductPricePromotionPlacePeopleProsess Physical Envidence Process Process: 1.relevan dengan industri jasa 2.Bagaimana melayani pelanggan Process: 1.relevan dengan industri jasa 2.Bagaimana melayani pelanggan

36 Process Bagaimana orang menikmati layanan? Bagaimana proses untuk mendapatkan layanan? Di mana mereka mendapatkan layanan? – Contact (mengontak) – Reminders (mengingatkan) – Registration (mendaftar) – Subscription (melanggan) – Form filling (mengisi isian) – Degree of technology (tingkatan teknologi) Bagaimana orang menikmati layanan? Bagaimana proses untuk mendapatkan layanan? Di mana mereka mendapatkan layanan? – Contact (mengontak) – Reminders (mengingatkan) – Registration (mendaftar) – Subscription (melanggan) – Form filling (mengisi isian) – Degree of technology (tingkatan teknologi)

37 Physical Evidence Marketing Mix ProductPricePromotionPlacePeopleProsess Physical Envidence Physical Evidence Physical evidence: 1.Smart (cerdas) 2.Run-down (lesu) 3.Interface (antar muka) 4.Comfort (nyaman) 5.Facilities (fasilitas) Physical evidence: 1.Smart (cerdas) 2.Run-down (lesu) 3.Interface (antar muka) 4.Comfort (nyaman) 5.Facilities (fasilitas)

38 Physical Environment Kondisi suasana: suasana hati, suasana lingkungan – Trendy/retro/modern/old fashioned? (trendi/moderen/kuno?) – Light/dark/bright/subdued? (terang/gelap?) – Romantic/chic/loud? (romantis/kasar?) – Clean/dirty/unkempt/neat? (bersih/kotor/tidak terawat?) – Music? (musik/) – Smell? (berbau?) Kondisi suasana: suasana hati, suasana lingkungan – Trendy/retro/modern/old fashioned? (trendi/moderen/kuno?) – Light/dark/bright/subdued? (terang/gelap?) – Romantic/chic/loud? (romantis/kasar?) – Clean/dirty/unkempt/neat? (bersih/kotor/tidak terawat?) – Music? (musik/) – Smell? (berbau?)


Download ppt "FUNGSI-FUNGSI DALAM PERUSAHAAN Oleh: Yuyun Isbanah, S.E., M.SM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google