Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. 2 3  SQL adalah sekumpulan sintaks-sintaks atau statement untuk mengakses data dalam database, tetapi SQL sendiri juga bisa digunakan untuk melakukan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. 2 3  SQL adalah sekumpulan sintaks-sintaks atau statement untuk mengakses data dalam database, tetapi SQL sendiri juga bisa digunakan untuk melakukan."— Transcript presentasi:

1 1

2 2

3 3  SQL adalah sekumpulan sintaks-sintaks atau statement untuk mengakses data dalam database, tetapi SQL sendiri juga bisa digunakan untuk melakukan insert, update atau delete ke dalam suatu database. SQLDDLDMLDCL Data Manipulation Language (DML)

4 4 INSERT  Pernyataan ini digunakan untuk menambahkan data ke dalam suatu tabel dalam database.  Sintaks SQl : INSERT [INTO] Nama Tsbel [Daftar_Kolom]Value Daftar_Nilai Dimana : INSERT: klausa ini menspesifikasikan nama tabel dimana data bisa ditambahkan. VALUE: klausa ini menspesifikasikan nilai data yang akan disisipkan ke dalam kolom pada suatu tabel. Daftar_Kolom: merupakan daftar kolom yang akan dipisahkan oleh tanda koma menyatakan kolom-kolom yang akan diisi data. Daftar Nilai: daftar nilai untuk kolom tabel yang akan disisipkan sebagai sebuah baris data dalam tabel.

5 5 Contoh 1 : INSERT INTO tblpengarang VALUES (1, ‘Asnadi’, ‘Jl.Kakatua 23’, ‘Yogyakarta’,’P’) (perintah ini merupakan pernyataan untuk menambah data dalam 1 (satu) baris) INSERT INTO tblpengarang (Kd_pengarang, Nama_pengarang) VALUES (11, ‘Handy’) Contoh 2 :

6 6 UPDATE  Pernyataan ini digunakan untuk mengubah data dalam suatu tabel dalam database. Contoh : UPDATE tblpengarang SET Nama_pengarang=‘Handy’ WHERE Kd_pengarang=11 Pernyataan di atas : SET, untuk menentukan kolom yanga akan diubah dan nilai penggantinya. WHERE, untuk menentukan kondisi dari baris-baris yang akan diganti.

7 7 SELECT  Pernyataan ini digunakan untuk memilih sebuah baris dan kolom pada tabel.  Sintaks SQL : Dimana : *: memilih semua kolom Nama_Tabel: tabel yang akan diambil datanya SELECT * FROM Nama_Tabel

8 8 Contoh 1 : (perintah ini merupakan pernyataan untuk menampilkan kolom kode pengarang dan nama pengarang yang terdapat pada tabel pengarang) SELECT Kd_pengarang, Nama_pengarang FROM tblpengarang Sedangkan untuk menampilkan semua kolom yang terdapat pada tabel pengarang dapat menggunakan simbol (*) yang berarti semua kolom. Hasil pernyataan di atas adalah :

9 9 Contoh 2 : SELECT * FROM tblpengarang Hasil pernyataan di atas adalah :

10 10 Contoh 3 : SELECT Nama_pengarang, Kota FROM tblpengarang WHERE Kota=‘Yogyakarta’ SELECT juga memungkinkan untuk menampilkan baris tertentu saja, tergantung apa baris dan kolom yang diinginkan. Misalnya : untuk menampilkan nama pengarang yang tinggal di Yogyakarta dan ingin menampilkan nama pengarang yang mempunyai kode pengarang 5. Hasil pernyataan di atas adalah :

11 11 Contoh 4 : SELECT Kd_pengarang, Nama_pengarang FROM tblpengarang WHERE Kd_pengarang= 5 Hasil pernyataan di atas adalah :

12 12 DELETE  Pernyataan ini digunakan untuk menghapus sebuah baris pada tabel. Contoh 1 : DELETE FROM tblpengarang WHERE Kd_pengarang = 11 (perintah ini merupakan pernyataan untuk menghapus baris yang mempunyai kode pengarang = 11 yang terdapat pada tabel pengarang) Contoh 2 : DELETE FROM tblpengarang (perintah ini merupakan pernyataan untuk menghapus semua baris yang terdapat pada tabel pengarang)

13 13 ORDER BY  Pernyataan ini digunakan untuk mengurutkan hasil berdasarkan satu atau beberapa kolom. Contoh 1 : SELECT Kd_pengarang, Nama_pengarang FROM tblpengarang ORDER BY Nama_pengarang (perintah ini merupakan pernyataan untuk menghasilkan isi kolom Kd_pengarang yang diurutkan menurut nama (sesuai abjad).

14 14 Hasil pernyataan di atas adalah :

15 15 GROUP BY  Pernyataan ini digunakan untuk mengelompokkan data berdasarkan SELECT, contoh data pata tabel tblpengarang dapat dikelompokkan menurut Kota. Contoh : SELECT Kota FROM tblpengarang GROUP BY Kota Hasil pernyataan di atas adalah :

16 16 HAVING  Pernyataan ini disediakan untuk mendukung GROUP BY, gunanya untuk menentukan kondisi GROUP BY. Kelompok yang memenuhi HAVING saja yang akan dihasilkan. Contoh : SELECT Kota FROM tblpengarang GROUP BY Kota HAVING COUNT (Kota) > 1 Hasil pernyataan di atas adalah : (pernyataan di atas, hanya menghasilkan baris untuk kota yang jumlah pengarangnya lebih dari satu).

17 17  DCL adalah kelompok perintah yang berisi fungsi untuk mengendalikan pengaksesan data DCL digunakan untuk menangani masalah keamanan dalam database server.  Perintah-perintah yang termasuk DCL antara lain : GRANT dan REVOKE SQLDDLDMLDCL Data Control Language (DCL)

18 18 GRANT  Pernyataan ini digunakan untuk memberikan ijin seorang user untuk mengakses tabel dalam database tertentu.  Sintaks : GRANT hak ON tabel_atau_hak TO pengguna  Hak dapat berupa INSERT, DELETE, UPDATE, dan SELECT. Dalam hal ini hak dapat lebih dari satu macam.

19 19 Contoh 1 : GRANT INSERT, DELETE ON tblpengarang, tblgaji TO Anida (pernyataan diatas merupakan pernyataan untuk memberikan hak INSERT dan DELETE terhadap tblpengarang dan tblgaji kepada pengguna bernama Anida. Contoh 2 : GRANT UPDATE ON tblgaji(gaji) TO Eni (pernyataan diatas merupakan pernyataan bahwa pengguna Eni diberi hak UPDATE terhadap kolom gaji pada tblgaji.

20 20 Contoh 3 : GRANT SELECT ON tblpengarang TO Santi, Wawan (pernyataan diatas menyatakan bahwa pengguna bernama Santi dan Wawan diberi hak SELECT terhadap tblpengarang.

21 21 REVOKE  Pernyataan ini digunakan untuk mencabut suatu hak akses dalam database tertentu. Contoh 1 : REVOKE SELECT ON tblpengarang FROM Santi (pernyataan diatas menyatakan bahwa Santi tidak mempunyai hak SELECT lagi terhadap tblpengarang.

22 22


Download ppt "1. 2 3  SQL adalah sekumpulan sintaks-sintaks atau statement untuk mengakses data dalam database, tetapi SQL sendiri juga bisa digunakan untuk melakukan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google