Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Proposal Penelitian Usulan penelitian yang diajukan oleh seseorang/instansi/organisasi untuk menghasilkan “output” tertentu Jenis proposal (pembiayaan)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Proposal Penelitian Usulan penelitian yang diajukan oleh seseorang/instansi/organisasi untuk menghasilkan “output” tertentu Jenis proposal (pembiayaan)"— Transcript presentasi:

1 Proposal Penelitian Usulan penelitian yang diajukan oleh seseorang/instansi/organisasi untuk menghasilkan “output” tertentu Jenis proposal (pembiayaan) 1. inisiatif dan kepentingan peneliti sendiri 2. Kepentingan pihak lain ( pesanan dari instansi-instansi )

2 SKRIPSI Karya tulis akademik hasil studi atau penelitian yang disusun secara sistematis berdasarkan metode ilmiah, baik melalui penelitian induktif maupun deduktif, yang dilakukan oleh mahasiswa di bawah pengawasan pembimbingnya. Menilai kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan selama menempuh program pendidikan. Berupaya mengungkapkan secara jelas dan tepat mengenai masalah yang dikaji, kerangka pemikiran untuk mendekati pemecahan masalah, tujuan dan cara pelaksanaan studi untuk memecahkan masalah, serta pembahasan hasil dan implikasinya.

3 Proposal penelitian 1. Preliminary Proposal 2. Technical Proposal

4 Preliminary Proposal proposal pendahuluan, disusun secara ringkas. Isinya meliputi : Identifikasi dan perumusan masalah. Perumusan hipotesis/dugaan dasar. Penetuan kerangaka konseptual dan metode untuk memecahkan masalah. Penetapan tujuan penelitian. Penetapan luas jangkauan (Scope) penelitian. Waktu, tenaga, alat dan bahan yang diperlukan. Perkiraan besarnya biaya yang diperlukan.

5 Technical Proposal Isi meliputi : 1. Judul (Title) penelitian. 2. Latar belakang masalah penelitian. 3. Identifikasi dan perumusan masalah. 4. Landasan teori (Teoritical Fram Work). 5. Batasan-batasan/definisi-definisi. 6. Perumusan hipotesis/dugaan dasar. 7. Penetapan tujuan penelitian. 8. Ruang lingkup (Scokep) penelitian. 9. Perkiraan manfaat (Value), hasil penelitian. 10. Strategi dan metode penelitian 11. Penentuan jumlah waktu dan tenaga. 12. Alat dan bahan yang diperlukan. 13. Perhitungan jumlah biaya penelitian. 14. Pengumpulan dan pengolahan serta analisa data. 15. Penyusunan/penulisan laporan penelitian.

6 Strategi dan metode penelitian : Penetapan jenis metode penelitian yang digunakan. Penentuan populasi dan sample (Contoh). Penetapan (Definisi Operational) variable-variabel. Penentuan alat ukur (Incl.validitas & Reliabilitasnya). Penentuan jenis dan jumlah data yang akan dikumpulkan. Penentuan struktur organisasi pelaksana peneliti beserta tugasnya. Membuat struktur hari kerja (Work Breakdown Struktur) Penyusunan jadwal pelaksanaan penelitian

7 Pendahuluan biasanya memuat latar belakang yang dengan singkat mengulas alasan mengapa penelitian dilakukan, tujuan, dan hipotesisnya jika ada. Berikan alas an yang kuat, termasuk kasus yang dipilih dan alas an meamilih kasus tersebut, perumusan atau pendekatan masalah, metode yang akan digunakan, dan manfaat hasil penelitian.

8 Latar belakang menggambarkan pandangan menyeluruh yang berhubungan atau ada kaitannya dengan masalah penelitian. diarahkan kepada masalah dan pentingnya pemecahan masalah tersebut.

9 RUMUSAN MASALAH Merupakan bagian penting (pintu) Menjelaskan pokok masalah Runtut, fokus, ringkas

10 TUJUAN PENELIIAN Hasil yang diharapkan Rencana yang akan dilakukan penelitian Pertanyaan penelitian

11 Ruang Lingkup Penelitian Agar tidak terjebak pada penelitian yang melebar, hingga banyak sekali macam data yang harus dikumpulkan, Caranya dengan memfokuskan pada segi apa saja dari masalah tersebut yang akan dijadikan pusat perhatian

12 Landasan Teori Untuk mendukung pemecahan masalah, perlu studi pustaka. Tujuan dari studi pustaka : 1. Untuk memperoleh ide adari masalah yanga kan dirumuskan. 2. Untuk menggali teori, metode dan teknik penelitian. 3. Untuk memperoleh oreintasi yang lebih luas dalam permasalahan yang dipilih.


Download ppt "Proposal Penelitian Usulan penelitian yang diajukan oleh seseorang/instansi/organisasi untuk menghasilkan “output” tertentu Jenis proposal (pembiayaan)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google