Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 PERANCANGAN DATABASE. 2 PENYIMPANAN DATA MERUPAKAN SEBUAH KOMPONEN PENTING DI KEBANYAKAN SISTEM INFORMASI. DATA DISIMPAN DI DALAM FILE DAN DATABASE.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 PERANCANGAN DATABASE. 2 PENYIMPANAN DATA MERUPAKAN SEBUAH KOMPONEN PENTING DI KEBANYAKAN SISTEM INFORMASI. DATA DISIMPAN DI DALAM FILE DAN DATABASE."— Transcript presentasi:

1 1 PERANCANGAN DATABASE

2 2 PENYIMPANAN DATA MERUPAKAN SEBUAH KOMPONEN PENTING DI KEBANYAKAN SISTEM INFORMASI. DATA DISIMPAN DI DALAM FILE DAN DATABASE. FILE ADALAH KUMPULAN RECORD. CONTOH FILE PELANGGAN, FILE MAHASISWA. DATABASE ADALAH KUMPULAN FILE YANG SALING TERKAIT. CONTOH DATABASE SISTEM INFORMASI AKADEMIK.

3 3 BEBERAPA HAL YANG DIPERHATIKAN DALAM PERANCANGAN FILE : -KETERSEDIAAN DATA (DATA AVAIBILITY) -AKURAT DAN KONSISTENSI (DATA INTEGRITY) -PENGGUNAAN STORAGE YANG EFISIEN.

4 4 - KEMUDAHAN DALAM UPDATING - KEMUDAHAN DALAM REVIEWING DATA.

5 5 Jenis – Jenis File : 1. File Master Berisi Record Suatu Entitas Atribut (Field)-nya Boleh Diupdate. Jumlah Recordnya Relatif Permanen. Contoh : File Master Mahasiswa File Master Dosen

6 6 2. FILE TABLE MIRIP FILE MASTER, UMUMNYA HANYA READ ONLY. CONTOH : FILE TABEL BULAN FILE TABEL MATA KULIAH 3. FILE TRANSAKSI MEREKAM DATA TRANSAKSI MENGUPDATE FILE MASTER JUMLAH RECORD TERUS BERTAMBAH.

7 7 4.FILE DOKUMEN BERISI SALINAN TERSIMPAN DARI DATA HISTORIS UNTUK MEMUDAHKAN PEMANGGILAN DAN REVIEW ULANG TANPA MENGELUARKAN BIAYA TAMBAHAN UNTUK MENGHASILKAN DOKUMEN. 5. FILE ARCHIVAL BERISI RECORD- RECORD FILE MASTER DAN TRANSAKSI YANG TELAH DIHAPUS DARI PENYIMPANAN ONLINE. MAKSUDNYA RECORD HANYA DIPINDAH DARI ONLINE KE OFFLINE.

8 8 CONTOH : FILE TRANSKSI PENJUALAN. FILE TRANSAKSI RETUR PENJUALAN FILE TRANSAKSI TRANSAKSI PERKULIAHAN.

9 9 PERBEDAAN FILE DAN DATABASE PADA LINGKUNGAN FILE, DATA STORAGE DIBANGUN DI SEKITAR APLIKASI YANG AKAN MENGGUNAKAN FILE. PADA LINGKUNGAN DATABASE, APLIKASI AKAN DIBANGUN DI SEKITAR DATABASE YANG SUDAH DIINTEGRASIKAN. PADA AKHIRNYA, SEBUAH DATABASE DAPAT DIBUAT APLIKASI-APLIKASI BARU UNTUK BERBAGI PAKAI DATABASE TERSEBUT.

10 10

11 11 KEUNTUNGAN DAN KELEMAHAN FILE KONVESIONAL FILE-FILE KONVENSIONAL RELATIF MUDAH UNTUK DIDESAIN DAN DIIMPLEMENTASIKAN KARENA BIASANYA DIDESAIN UNTUK DIGUNAKAN DENGAN SEBUAH APLIKASI ATAU SISTEM INFORMASI TUNGGAL. DUPLIKASI ITEM-ITEM DATA PADA BERBAGAI FILE BIASANYA DIKUTIP SEBAGAI KELEMAHAN PRINSIP DARI SISTEM BERBASIS FILE.

12 12 KEUNTUNGAN DAN KELEMAHAN DATABASE KEMAMPUANYA UNTUK BERBAGI PAKAI DATA YANG SAMA DI BANYAK APLIKASI DAN SISTEM. TEKNOLOGI DATABASE MENAWARKAN KEUNTUNGAN PENYIMPANAN DATA DALAM FORMAT YANG FLEKSIBEL. HAL INI MEMUNGKINKAN KARENA DATABASE DIDEFINISIKAN SECARA TERPISAH DARI SISTEM INFORMASI DAN PROGRAM- PROGRAM APLIKASI YANG MENGGUNAKAN DATABASE.

13 13 TEKNOLOGI DATABASE MEMBUTUHKAN INVESTASI YANG CUKUP BESAR. BIAYA PENGEMBANGAN DATABASE LEBIH TINGGI KARENA ANALIS DAN PROGRAMMER HARUS MEMPELAJARI BAGAIMANA MENGGUNAKAN DATABASE. MASALAH LAIN, MENINGKATNYA VULNERABILITAS (MUDAH KENA SERANGAN) YANG MELEKAT PADA PENGGUNAAN DATA YANG BERBAGI-PAKAI. OLEH KARENA ITU PERLU BACKUP, KEAMANAN DAN PRIVACY (KERAHASIAAN) PADA DATABASE.

14 14 KONSEP DATABASE UNTUK ANALIS SISTEM FIELD ADALAH UNIT TERKECIL DARI DATA YANG BERARTI UNTUK DISIMPAN PADA SEBUAH FILE ATAU DATABASE. PRIMARY KEY: FIELD YANG SECARA UNIK MENGIDENTIFIKASI RECORD PADA FILE. FOREIGN KEY: FIELD YANG MENUNJUK KEPADA RECORD PADA FILE LAIN PADA SEBUAH DATABASE.

15 15 RECORD ADALAH KUMPULAN FIELD YANG DISUSUN DALAM FORMAT YANG TELAH DITETAPKAN SEBELUMNYA. FILE ADALAH KUMPULAN SEMUA KEJADIAN DARI STRUKTUR RECORD YANG DITENTUKAN.

16 16 DATABASE DATA ADALAH SEBUAH SUMBER YANG HARUS DIKONTROL DAN DIKELOLA. ARSITEKTUR DATA ADALAH -DEFINISI BAGAIMANA FILE DAN DATABASE DIKEMBANGKAN. -TEKNOLOGI FILE DAN DATABASE UNTUK DIGUNAKAN -SETUP STRUKTUR ADMINISTRATIF UNTUK MENGELOLA SUMBER DATA.

17 17 OPERATIONAL DATABASE ADALAH DATABASE YANG MENDUKUNG OPERASI DAN TRANSAKSI DAY-TO-DAY PADA SEBUAH SISTEM INFORMASI. DISEBUT JUGA TRANSACTIONAL DATABASE. DATA WAREHOUSE MENYIMPAN DATA YANG DIEKSTRAK DARI DATABASE OPERASIONAL. ALAT-ALAT QUERY DAN ALAT-ALAT PENDUKUNG KEPUTUSAN YANG KEMUDIAN DIGUNAKAN UNTUK MENGHASILKAN LAPORAN DAN ANALISIS TERHADAP DATA WAREHOUSE. DATA WAREHOUSE KADANG- KADANG DISEBUT DATA MINING. 9/4

18 18 ARSITEKTUR DATA MODERN

19 19 ADMINISTRATOR DATA ADMINISTRATOR, SEORANG SPESIALIS DATABASE YANG BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP PERENCANAAN, DEFINISI, ARSITEKTUR, DAN MANAJEMEN DATA DATABASE ADMINISTRATOR, SPESIALIS YANG BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP TEKNOLOGI, DESAIN, BANGUNAN, KEAMANAN, BACKUP DAN RECOVERY DAN TUNING PERFORMA.

20 20 DATABASE ARCHITECTURE, TEKNOLOGI DATABASE YANG DIGUNAKAN UNTUK MENDUKUNG ARSITEKTUR DATA. DATABASE MANAGEMENT SYSTEM (DBMS), ADALAH PERANGKAT LUNAK KHUSUS YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMBUAT, MENGONTROL, DAN MENGELOLA SEBUAH DATABASE.

21 21 INTI DARI DBMS SERING DISEBUT DATABASE ENGINE. DDL: SEBUAH BAHASA YANG DIGUNAKAN OLEH DBMS UNTUK MENENTUKAN SEBUAH DATABASE ATAU MELIHAT/VIEW DATABASE. DML: BAHASA DBMS YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMBUAT, MEMBACA, MEMPERBAHARUI, DAN MENGHAPUS RECORD-RECORD.

22 22 ARSITEKTUR SISTEM MANAJEMEN DATABASE

23 23 RELATIONAL DATABASE: DATABASE YANG MENGIMPLEMENTASIKAN DATA SEBAGAI SERANGKAIAN TABEL DUA DIMENSI YANG DIHUBUNGKAN MELALUI FOREIGN KEY. CONTOH:

24 24 MODEL DATA LOGIKA (SEDERHANA)

25 25 SKEMA DATABASE FISIK (SEDERHANA)

26 26 ANTARMUKA PENGGUNA DBMS RELASIONAL

27 27 SKEMA DATABASE SEBUAH MODEL ATAU CETAK BIRU YANG MENGGAMBARKAN IMPLEMENTASI TEKNIS PADA SEBUAH DATABASE. SYSTEM ARCHITECT 2001 MENYEBUTNYA MODEL DATA FISIK. CONTOH:

28 28

29 29 TIPE DATA FISIK KHUSUS UNTUK TEKNOLOGI DATABASE. Logical Data Type to be stored in field) Physical Data Type MS Access Physical Data Type MS SQL Server Physical Data Type Oracle Fixed length character data (use for fields with relatively fixed length character data) TEXT CHAR (size) or character (size) CHAR (size) Variable length character data (use for fields that require character data but for which size varies greatly--such as ADDRESS) TEXT VARCHAR (max size) or character varying (max size) VARCHAR (max size) Very long character data (use for long descriptions and notes- -usually no more than one such field per record) MEMOTEXT LONG VARCHAR or LONG VARCHAR2

30 30 Logical Data Type to be stored in field) Physical Data Type MS Access Physical Data Type MS SQL Server Physical Data Type Oracle Integer number NUMBER INT (size) or integer or smallinteger or tinuinteger INTEGER (size) or NUMBER (size) Decimal numberNUMBER DECIMAL (size, decimal places) or NUMERIC (size, decimal places) DECIMAL (size, decimal places) or NUMERIC (size, decimal places) or NUMBER Financial NumberCURRENCYMONEY see decimal number Date (with time) DATE/TIME DATETIME or SMALLDATETIME Depending on precision needed DATE Current time (use to store the data and time from the computer’s system clock) not supported TIMESTAMP not supported

31 31 Logical Data Type to be stored in field) Physical Data Type MS Access Physical Data Type MS SQL Server Physical Data Type Oracle Yes or No; or True or False YES/NOBIT use CHAR(1) and set a yes or no domain ImageOLE OBJECT IMAGELONGRAW HyperlinkHYPERLINK VARBINARYRAW Can designer define new data types? NO YES

32 32 DATA DAN INTEGRITAS REFERENSIAL INTEGRITAS DATA ADALAH SOAL KEPERCAYAAN. DAPATKAH BISNIS DAN PARA PENGGUNANYA MEMPERCAYAI DATA YANG TERSIMPAN PADA SEBUAH DATABASE? PALING SEDIKIT ADA 3 TIPE INTEGRITAS DATA YANG HARUS DIDESAIN PADA SEMUA DATABASE.

33 33 1.KEY INTEGRITY, SETIAP TABEL HARUS MEMILIKI SEBUAH PRIMARY KEY. PRIMARY KEY HARUS DIKONTROL SUPAYA TIDAK ADA DUA RECORD PADA TABEL YG PUNYA NILAI PRIMARY KEY YANG SAMA. PRIMARY KEY TIDAK BOLEH NULL. 2.DOMAIN INTEGRITY, KONTROL-KONTROL YANG TEPAT UNTUK MEMASTIKAN TIDAK ADA FIELD PADA SEBUAH NILAI DILUAR RANGE NILAI LEGAL. CONTOH NILAI 0.00 – 4.00, DIUSAHAKAN NILAI TIDAK ADA YG KELUAR DARI NILAI TERSEBUT.

34 34 3. INTEGRITAS REFERENSIAL, ARSITEKTUR DATABASE RELASIONAL MENGIMPLEMENTASIKAN HUBUNGAN ANTARA RECORD PADA TABEL MELALUI FOREIGN KEY.

35 35 PROTOTYPE DATASE SEBAGIAN BESAR DBMS MODERN MEMASUKAN GENERATOR DATABASE MENU DRIVEN YANG POWERFULL YANG SECARA OTOMATIS MEMBUAT SEBUAH DDL DAN MEMBANGKITKAN DATABASE PROTOTYPE DARI DDL TERSEBUT.

36 36 PERENCANAAN KAPASITAS DATABASE PERENCANAAN DATABASE DAPAT DILAKUKAN DENGAN ARITMATIKA BERIKUT: 1.UNTUK SETIAP TABEL, HITUNG UKURAN- UKURAN FIELD. 2.PADA SETIAP TABEL, KALIKAN UKURAN RECORD DENGAN ENTITI, HASILNYA UKURAN TABEL 3.JUMLAHKAN UKURAN-UKURAN TABEL, HASLNYA MERUPAKAN UKURAN DATABASE 4.OPSIONAL, TAMBAHKAN BUFFER SLACK CAPACITY (UTK PERHITUNGAN FAKTOR- FAKTOR YANG TIDAK TERANTISIPASI.

37 37 MEMBUAT STRUKTUR DATABASE ALAT-ALAT DATABASE SERING MAMPU MEMBANGKITKAN KODE SQL PADA SEBUAH DATABASE. CONTOH : SQL, ORACLE, SYBASE

38 38 ADA PERTANYAAN ?


Download ppt "1 PERANCANGAN DATABASE. 2 PENYIMPANAN DATA MERUPAKAN SEBUAH KOMPONEN PENTING DI KEBANYAKAN SISTEM INFORMASI. DATA DISIMPAN DI DALAM FILE DAN DATABASE."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google