Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mata Kuliah Sistem Operasi Lanjut KERNEL Minggu ke 2.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mata Kuliah Sistem Operasi Lanjut KERNEL Minggu ke 2."— Transcript presentasi:

1 Mata Kuliah Sistem Operasi Lanjut KERNEL Minggu ke 2

2 Mata Kuliah Sistem Operasi Lanjut KERNEL Kernel merupakan core dari Linux yang mengatur segala sumber daya dari sistem operasi UNIX: kernel diciptakan sebagai biner yang tunggal dan monolitis Kernel Linux membentuk inti dari sistem operasi Linux. Kernel mengimplementasi semua fitur yang diperlukan supaya dapat bekerja sebagai sistem operasi.

3 Mata Kuliah Sistem Operasi Lanjut KOMPONEN LINUX

4 Mata Kuliah Sistem Operasi Lanjut MODUL KERNEL Modul kernel Linux adalah bagian dari kernel Linux yang dapat dikompilasi, dipanggil dan dihapus secara terpisah dari bagian kernel lainnya saat dibutuhkan. Modul kernel dapat menambah fungsionalitas kernel tanpa perlu me- reboot sistem.

5 Mata Kuliah Sistem Operasi Lanjut MODUL KERNEL (cont.) Kernel modul dapat mengimplementasikan antara lain device driver, sistem berkas, protokol jaringan. Memungkinkan sistem berjalan pada kernel standar yang minimal.

6 Mata Kuliah Sistem Operasi Lanjut TIGA KOMPONEN MODUL KERNEL LINUX Manajemen modul, system harus memastikan diri bahwa symbol–symbol dalam kernel mempunyai reference yang tepat. Driver registration, menggunakan tabel yang berisi info mengenai driver yang ada dan menyediakan suatu fungsi agar dapat menambahkan driver baru. Tabel tsb berisi:  Device driver,  File system,  Network protocols,  Binary format.

7 Mata Kuliah Sistem Operasi Lanjut TIGA KOMPONEN MODUL KERNEL LINUX (cont.) Conflict resolution mechanism, tujuan:  Mencegah modul berebut akses terhadap suatu perangkat keras,  Mencegah autoprobes mengusik keberadaan driver yang telah ada,  Menyelesaikan konflik di antara sejumlah driver yang berusaha mengakses perangkat keras yang sama.

8 Mata Kuliah Sistem Operasi Lanjut KATEGORI KERNEL Monolithic kernel. Kernel yang menyediakan abstraksi perangkat keras yang kaya dan tangguh. Microkernel. Kernel yang menyediakan hanya sekumpulan kecil abstraksi perangkat keras sederhana, dan menggunakan aplikasi-aplikasi yang disebut sebagai server untuk menyediakan fungsi-fungsi lainnya.server Hybrid (modifikasi dari microkernel). Kernel yang mirip microkernel, tetapi ia juga memasukkan beberapa kode tambahan di kernel agar ia menjadi lebih cepat Exokernel. Kernel yang tidak menyediakan sama sekali abstraksi hardware, tapi ia menyediakan sekumpulan library yang menyediakan fungsi-fungsi akses ke perangkat keras secara langsung atau hampir-hampir langsung.library

9 Mata Kuliah Sistem Operasi Lanjut KONFIGURASI KERNEL config (text-based) menuconfig (text-based menu) xconfig (under X )

10 Mata Kuliah Sistem Operasi Lanjut Hubungan sub kernel dengan Linux


Download ppt "Mata Kuliah Sistem Operasi Lanjut KERNEL Minggu ke 2."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google