Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SRI UCI RATNAWATI, 4250404030 Pendugaaan Kedudukan Akuifer dengan Aplikasi Geolistrik Metode Tahanan Jenis Konfigurasi Schlumberger (Studi Kasus Desa Banioro.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SRI UCI RATNAWATI, 4250404030 Pendugaaan Kedudukan Akuifer dengan Aplikasi Geolistrik Metode Tahanan Jenis Konfigurasi Schlumberger (Studi Kasus Desa Banioro."— Transcript presentasi:

1 SRI UCI RATNAWATI, Pendugaaan Kedudukan Akuifer dengan Aplikasi Geolistrik Metode Tahanan Jenis Konfigurasi Schlumberger (Studi Kasus Desa Banioro dan Sekitarnya, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen Jawa Tengah)

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : SRI UCI RATNAWATI - NIM : PRODI : Fisika - JURUSAN : Fisika - FAKULTAS : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - noc_qi pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Drs. M. Aryono Adhi, M.Si - PEMBIMBING 2 : Arief Mustofa Nur, S.T. - TGL UJIAN :

3 Judul Pendugaaan Kedudukan Akuifer dengan Aplikasi Geolistrik Metode Tahanan Jenis Konfigurasi Schlumberger (Studi Kasus Desa Banioro dan Sekitarnya, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen Jawa Tengah)

4 Abstrak Keberadaan air tanah belum tentu dengan mudah dapat diakses. Seperti halnya di desa Banioro dan sekitarnya, pada musim kering seringkali penduduk kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Untuk itu guna melayani kebutuhan air bersih bagi masyarakat Banioro dan sekitarnya, perlu adanya pengaturan dan perlindungan sumber air yang ada demi kelestariannya. Mengingat kondisi hidrogeologi yang berbeda pada masing-masing daerah, tidak semua daerah mudah untuk mendapatkan air bersih. Data penelitian terdiri dari dua data yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara pengukuran langsung di tempat penelitian dengan menggunakan alat geolistrik. Data sekunder diperoleh dari kajian pustaka yang terkait dengan penelitian. Hasil penelitian geolistrik menunjukkan bahwa akuifer di desa Banioro dan sekitarnya Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen Jawa Tengah, memiliki resistivitas yang bervariasi. Pada titik 11 dan 5 diduga sebagai tandon air terbesar dengan titik 11 mempunyai kedalaman >12,78 m dan titik 5 dengan kedalaman >6,24 m. Saran yang diusulkan dalam penelitian ini adalah perlu adanya eksplorasi di titik 11 dan 5, karena diprediksikan di titik tersebut terdapat akuifer.

5 Kata Kunci Geolistrik, metode tahanan jenis, akuifer, air tanah, Banioro

6 Referensi Adhi, M.A Modul Praktikum Geolistrik. Semarang: Unnes. Asikin, S.,A.H Harsolumakso, H. Busona dan S. Gaofer Geologi Lembar Kebumen, Jawa. Bandung: Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi. Asikin, S Evolusi geologi Jawa Tengah ditinjau dari segi teori tektonik dunia yang baru. Bandung : ITB (disertasi doctor ITB Bandung). Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional Peta RBI Lembar Karangsambung. Balai Informasi dan Konservasi Kebumian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Karangsambung Peta Administrasi Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen. BAPPEDA Kota Semarang Peta Administrasi Provinsi Jawa Tengah. http//Semarang.go.id/cms/image/peta-admin.html (diunduh pada tanggal 15 Oktober 2008 pukul WIB). Bowles, Joseph E. dan Heinim, Johan K Sifat-Sifat Fisis dan Geoteknis Tanah (Mekanika Tanah). Jakarta: Penerbit Erlangga. Kodoatie, Pengantar Hidrogeologi. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta. Lembaga Riset dan Pengembangan untuk Lingkungan dan Pembangunan Hidrologi http: //www.lablink.or.id/Hidro/BawahTanah/air-bwhtanah.htm (diunduh pada tanggal 15 Oktober 2008 pukul WIB). Santoso, Djoko Pengantar Teknik Geofisika. Bandung: Departemen Teknik Geofisika ITB. Soemarto C.D, Hidrologi Teknik. Jakarta: Penerbit Erlangga. Susilo, Mekanika Tanah. Jakarta: Penerbit Erlanga. Telford, W.M., L.P. Geldart, R.E. Sheriff, dan D.A Keys Applied Geophysic. London: Cambridge University Press. Wuryantoro Skripsi (AplikasiI Metode Geolistrik Tahanan Jenis Untuk Menentukan Letak Dan Kedalaman Aquifer Air Tanah (Studi Kasus di Desa Temperak Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang Jawa Tengah). Semarang: Unnes. ( tidak dipublikasikan )

7 Terima Kasih


Download ppt "SRI UCI RATNAWATI, 4250404030 Pendugaaan Kedudukan Akuifer dengan Aplikasi Geolistrik Metode Tahanan Jenis Konfigurasi Schlumberger (Studi Kasus Desa Banioro."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google